Hasil Euro 2024 Slovenia vs Denmark: Sempat Unggul, Tim Dinamit Harus Puas Raih 1 Poin Saja

Sempat unggul lewat gol Christian Eriksen, Denmark harus puas ditahan imbang 1-1 Slovenia pada laga grup C Euro 2024 yang berlangsung di stadion MPH Arena, Stuttgart.

oleh Defri Saefullah diperbarui 17 Jun 2024, 00:57 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2024, 00:51 WIB
Christian Eriksen Euro 2024
Christian Eriksen mencetak gol untuk Denmark saat melawan Slovenia di laga grup C Euro 2024 di stadion MHP Arena, Stuttgart(AP)

Liputan6.com, Jakarta Denmark harus puas hanya meraih 1 poin usai imbang 1-1 melawan Slovenia ada laga grup C Euro 2024 di stadion MPH Arena, Stuttgart, Minggu (16/6/2024). Gelandang Manchester United Christian Eriksen sempat membuat Denmark unggul terlebih dahulu, tapi Erik Janza samakan skor.

Hasil ini membuat Denmark gagal unggul di klasemen grup C. Mereka untuk sementara ada di puncak klasemen grup C Euro 2024 hanya dengan 1 poin sebelum duel Inggris vs Serbia digelar.

Babak pertama dimulai dengan Denmark ambil inisiatif serangan. Beberapa kali masuk kotak penalty, tapi belum ada peluang yang sangat bagus tercipta hingga menit ke-3.

Denmark punya peluang untuk mencetak gol di menit ke-9. Namun umpan Alexander Bah masih bisa dihalau pertahanan Slovenia sehingga satu peluang pun mentah.

Denmark juga mendapatkan peluang saat Christian Eriksen eksekusi tendangan bebas. Namun sundulan Christensen masih melambung di atas gawang pada menit ke-11.

Slovenia juga membuka peluang lewat Benjamin Sesko. Namun tendangan Jarak jauhnya di menit ke-16 melebar dari gawang Denmark. Skor tetap bertahan 0-0.

Denmark langsung bereaksi dengan peluang Slovenia itu. Lewat serangan balik cepat, Christian Eriksen mengubah skor jadi 1-0 usai manfaatkan umpan tumit Jonas Wind.

Tertinggal satu gol, Slovenia mulai agresif menyerang. Tercatat ada dua peluang yang diciptakan Slovenia tapi gagal berbuah gol hingga menit ke-25.

Tembakan Eriksen bikin Slovenia dag dig dug karena mengenai J Mlakar. Bola memantul ke arah gawang, untung saja peluang di menit ke-18 tidak jadi gol.

Slovenia mendapatkan peluang lewat Erik Janza tapi tembakan kaki kirinya masih bisa diblok. Peluang hasil umpan dari Jaka Bijol di menit ke-21 ini gagal berbuah gol.

Pertarungan berjalan alot. Slovenia dan Denmark sama-sama saling menyerang tapi tak ada tambahan gol hingga menit ke-40. Eriksen beberapa kali dapatkan peluang termasuk tembakan di menit ke-43 yang masih diblok pertahanan Slovenia.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Denmark masih bisa bertahan. Apakah Slovenia bisa membalas di babak kedua?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Slovenia vs Denmark di Euro 2024

Denmark Euro 2024
Pemain Denmark merayakan gol ke gawang Slovenia pada laga grup C Euro 2024 yang berlangsung di Hamburg (AP)

Babak dua berlangsung dalam tempo tinggi lagi. Denmark dan Slovenia berusaha untuk mencetak gol tapi gagal dilakukan hingga menit ke-50.

Lemparan kedalam oleh Janza nyaris saja menciptakan peluang. Namun pertahanan Denmark masih bisa menghalau umpan di menit ke-51 itu.

Menit ke-65, Denmark mendapatkan beberapa peluang. Salah satunya dari Rasmus Hojlund yang gagal mencetak gol karena tendangannya hasil umpan Kristiansen masih bisa ditepis.

Sedangkan Slovenia mendapatkan peluang emas lewat Cerin di menit ke-66. Manfaatkan umpan Benjamin Sesko, sundulannya melebar tipis di sisi kiri gawang Denmark.

Slovenia membuat khawatir Denmark di menit ke-74. Untung saja, Sporar malah membelokkan tendangan hasil umpan dari Cerin lewat tendangan bebas.

Slovenia lagi-lagi mendapatkan peluang lewat Benjamin Sesko. Namun tendangan kerasnya mengenai tiang. Sungguh tak beruntung, Slovenia gagal cetak gol penyeimbang di menit ke-76.

Namun gol Slovenia akhirnya datang usai Erik Janza mencetak gol di menit ke-77 usai manfaatkan umpan tendangan sudut. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti mengenai pemain Denmark dan berbelok ke arah gawang sehingga membuat skor berubah 1-1.

Menit ke-83, Denmark menurunkan 3 pemain baru yaitu Christian Norgaard, Kasper Dolberg dan Yussuf Pulsen. Jonas Wind, Rasmus Hojlund dan Pierre Emile Hojbjerg ditarik keluar.

Karmicnik mencoba peruntungan lewat tendangan jauh di menit ke-90+1. Namun tendangan bek kanan Slovenia itu melambung sehingga skor tetap 1-1.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 antara Denmark melawan Slovenia tetap bertahan. Ini menjadi hasil imbang pertama di Euro 2024.


Susunan Pemain Slovenia vs Denmark

Adam Cerin Euro 2024
Gelandang serang Slovenia Adam Cerin berusaha lepas dari pengawalan pemain Denmark pada laga grup C Euro 2024 (AP)

Slovenia (4-4-2): 1-Jan Oblak; 2- Karmicnik, 21 Drkusic, 6-J Bijol, 13- E Janza; 20- P Stojanovic, 22-A Cerin, 10- T Eisnik, 17-J Mlakar; 9- A Sporar, 11-Benjamin Sesko

Denmark (3-4-1-2): 1-Kasper Scmeichel;2-J Andersen,6-A Christensen,3-J Vestergaard;18- A Bah, 21- M Hjulmand, 23-P Hojbjerg,17-V Kristiansen; 10-Eriksen; 19-J Wind,9- R Hojlund

Banner Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A, B, C, D, E, F
Banner Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A, B, C, D, E, F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya