Hasil Euro 2024: Gol Xavi Simons Dianulir, Belanda Gigit Jari Ditahan Imbang Prancis Tanpa Kylian Mbappe

Belanda harus puas bermain imbang 0-0 melawan Prancis pada laga kedua grup D Euro 2024. Satu gol dari Xavi Simons dianulir karena Denzel Dumfries offside.

oleh Defri Saefullah diperbarui 22 Jun 2024, 03:54 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2024, 03:54 WIB
Xavi Simons Euro 2024
Gelandang serang Belanda Xavi Simons mendapatkan pengawalan ketat saat memasuki pertahanan Prancis di laga grup D Euro 2024 (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belanda harus puas imbang 0-0 melawan Prancis pada laga kedua grup D di stadion Red Bull Arena, Sabtu (22/6/2024). Belanda gigit jari karena gol Xavi Simons dianulir karena offside.

Hasil ini membuat persaingan di grup D Euro 2024 masih terbuka lebar. Belanda masih mempin klasemen dengan 4 poin sama dengan Prancis, Die Oranje tentukan nasib saat melawan Austria di laga terakhir. Sedangkan Prancis yang tak memainkan Kylian Mbappe lawan Belanda bakal menentukan posisi lawan Polandia.

Jalannya Pertandingan Belanda vs Prancis

Jeremie Frimpong langsung menguji pertahanan Prancis di menit ke-1. Berhasil menerobos lewat sayap kanan, dia melepas tembakan yang masih ditepis Maignan dan hanya hasilkan corner.

Giliran Prancis yang membuka peluang di menit ke-4 lewat Antoine Griezmann. Namun tendangan keras Griezmann masih bisa ditepis Verbruggen.

Prancis membuang peluang emas di menit ke-14. Sudah mendapatkan umpan dari Adrian Rabiot, tembakan Griezmann masih bisa diblok Stevan de Vrij.

Belanda sementara itu juga menghentak lewat Cody Gakpo. Dekati pertahanan Prancis, penyerang Liverpool itu melepas tendangan keras yang bisa ditepis Mike Maignan dengan baik.

Hingga menit ke-20, kekuatan Belanda dan Prancis begitu berimbang. Statistik menunjukkan kedua tim sama-sama menembak 2 kali, tapi tembakan Belanda lebih berbahaya karen membuat Maignan lakukan penyelamatan dua kali.

Marcus Thuram mendapatkan peluang emas di menit ke-28. Manfaatkan umpan Jules Kounde, putra Lilian Thuram itu gagal mengubah peluang jadi gol karena tendangannya masih menyamping.

Kokohnya lini tengah dan belakang Belanda maupun Prancis membuat kedua tim saling serang. Hingga menit ke-35, kedua Tim sulit menciptakan peluang emas.

Prancis mencoba semua cara seperti yang dicoba Adrien Rabiot yang melepas umpan silang ke Antoine Griezmann di menit ke-43. Sundulan Griezmann terlalu lemah sehingga dengan mudah dikuasai kiper Belanda.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Belanda melawan Prancis masih bertahan. Siapa yang bakal mencetak gol kemenangan? Apakah Kylian Mbappe ada di cadangan Prancis?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Belanda vs Prancis di Euro 2024

Antoine Griezmann Euro 2024
Striker Prancis Antoine Griezmann gagal selesaikan peluang emas di depan gawang Belanda pada laga kedua grup D Euro 2024 (AP)

Prancis memasuki babak kedua lebih agresif. Beberapa kali, Prancis mendapatkan peluang tapi tidak berbuah gol sampai menit ke-50.

Belanda juga buka peluang lewat umpan-umpan Panjang. Denzel Dumfries mencoba overlap hingga kotak penalti tapi susah melewati bek Prancis yang disiplin.

Ousmane Dembele coba bangun peluang di menit ke-57. Beri umpan akurat kepada Rabiot, tendangan gelandang Juventus itu melambung ke awan. Sulit!

Prancis juga membuka peluang lewat Marcus Thuram. Mendapatkan ruang tembak, dia melepas tembakan di menit ke-60 yang masih melebar.

Peluang Prancis juga menguap lagi saat sundulan Tchouameni hasil umpan tendangan bebas di menit ke-62 melambung tipis di atas gawang. Skor 0-0 masih belum berubah.

Jumlah tembakan Prancis meningkat drastic dari enam menjadi 12 hingga menit ke-67. Tiga diantaranya ke arah gawang termasuk peluang emas Griezmann.

Belanda yang banyak bertahan justru unggul lebih dahulu lewat Xavi Simmons di menit ke-69. Pemain Belanda sudah bersorak, tapi Denzel Dumfries divonis offside. Belanda tak beruntung!

Hingga menit ke-82, Prancis tak kunjung menurunkan Kylian Mbappe. Didier Deschamps padahal sebelumnya sebut Mbappe bakal gunakan pelindung wajah lawan Belanda. Prancis hanya menurunkan Kingsley Coman dan Olivier Giroud.

Skor 0-0 antara Belanda melawan Prancis bertahan hingga pertandingan berakhir. Ini menjadi skor kacamata pertama di perhelatan Euro 2024.


Susunan Pemain Belanda vs Prancis

Virgil van Dijk
Virgil van Dijk kokoh menggalang pertahanan Belanda dari serangan Prancis pada laga grup D Euro 2024 (AP)

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Jerdy Schouten, Tijani Reijnders; Jeremy Frimpong, Xavi Simons, Cody Gakpo

Prancis (4-3-3): Mike Maignan; Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernandez; Ngolo Kante, Tchouameni, Adrian Rabiot; Osmane Dembele, Antoine Griezmann, Marcus Thuram

Banner Grafis Euro 2024 Grup A : Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss
Banner Grafis Euro 2024 Grup A : Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya