Hasil Sepak Bola Olimpiade 2024: Fermin Lopez Gemilang, Spanyol Tekuk Maroko 2-1 untuk Tiket Final

Spanyol berhasil melaju ke final sepak bola Olimpiade 2024 usai menang 2-1 atas Maroko. Meski tertinggal lebih dahulu, permainan gemilang Fermin Lopez menjadi inspirasi kebangkitan La Roja muda.

oleh Defri Saefullah diperbarui 06 Agu 2024, 01:07 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 01:07 WIB
Achraf Hakimi
Bek Maroko Achraf Hakimi tampak bersitegang dengan kiper Spanyol Arnau Tenas sebelum eksekusi penalti pada duel semifinal sepak bola Olimpiade 2024(AP)

Liputan6.com, Jakarta Spanyol berhasil melaju ke final sepak bola Olimpiade 2024 usai menang 2-1 atas Maroko pada laga semifinal yang berlangsung di stadion Orange Velodrome, Selasa (6/8/2024). Dua gol Spanyol dicetak oleh Fermin Lopez dan Juanlu Sanchez.

Sedangkan Maroko sempat unggul lebih dahulu lewat Soufiane Rahimi, tapi malah dibalas dua gol. Spanyol akan menghadapi pemenang antara Prancis lawan Mesir di laga final sepak bola Olimpiade 2024 nanti.

Jalannya Pertandingan Maroko vs Spanyol

Maroko mengejar emas pertama di Olimpiade 2024. Prestasi di tahun ini terbaik bagi negara asal Afrika Utara, sedangkan Spanyol ingin akhiri penantian sejak terakhir kali rebut emas di Olimpiade Barcelona 1992.

Fermin Lopez mengancam gawang Maroko di menit ke-21. Tembakan kaki kirinya masih bisa ditepis dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Fermin Lopez lagi-lagi membahayakan. Mendapatkan umpan terobosan dari Alex Baena di menit ke-30, tendangan kaki kannanya masih melebar.

Maroko juga membuka peluang lewat Ben Seghir di menit ke-32. Tembakannya masih bisa diblok dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Malapetaka bagi Spanyol karena Pablo Barios melanggar Amir Richardson di kotak penalti pada menit ke-33. Soufiane Rahimi berhasil membuat skor jadi 1-0 untuk Maroko usai berhasil mengeksekusi penalti dengan baik di menit ke-37.

Spanyol mendapatkan peluang emas lewat Aimar Oroz di menit ke-45+3. Dapatkan umpan dari Juan Miranda, dia langsung melepas tembakan yang mengarah tepat ke pelukan kiper Maroko.

Menit ke-45+9, giliran Alex Baena membuka peluang bagi Spanyol. Lagi-lagi tembakannya masih menyamping. Ada pemandangan unik karena segerombol burung merpati juga ikut ada di lapangan dan terbang saat bola mendekat.

Hingga babak pertama berakhir dengan tambahan 12 menit, Maroko masih unggul 1-0 atas Spanyol. Bisakah Spanyol membalas di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Maroko vs Spanyol

Maroko vs Spanyol
Penyerang Maroko Akomach berebut bola dengan pemain Spanyol pada laga semifinal sepak bola Olimpiade 2024 (AP)

Pablo Barrios membuka peluang Spanyol lewat tendangan keras dari titik tengah di menit ke-54. Tendangan kerasnya masih bisa ditepis El Kajouli.

Maroko pun membalas lewat tendangan keras Ilias Akomach dari luar kotak penalti. Tendangannya di menit ke-58 belum berbuah gol karena melambung.

Fermin Lopez akhirnya berhasil membuat skor 1-1 usai mencetak gol di menit ke-66. Manfaatkan bola muntah usai tusukan Adrian Bernabe, Fermin Lopez sukses melepas tembakan kaki kiri yang sulit dijangkau El Kajouli.

Maroko langsung bergerak menyerang usai kebobolan Spanyol. Amir Richardson melepas tendangan kaki kiri tapi masih melebar di menit ke-71.

Ben Seghir juga punya peluang emas untuk cetak gol bagi Maroko di menit ke-77. Usai menggocek pemain Spanyol di luar kotak penalti, tembakan kaki kirinya masih melebar.

Spanyol akhirnya membuat skor menjadi 2-1 usai Juanlu Sanchez mencetak gol di menit ke-85. Tendangan kaki kanan manfaatkan umpan Fermin Lopez menyusur lewati kiper Maroko.

 Fermin Lopez menjadi pemain paling gemilang di laga ini. Dia mencetak 1 gol dan juga 1 assist yang membuat Spanyol kini di ambang mengoleksi emas kedua mereka.

Kejelian pelatih Spanyol Santi Denia menjadi kunci keberhasilan La Roja muda. Masuknya dua pemain pengganti Adrian Bernabe dan Juanlu Sanchez di menit ke-62 mengubah ritme permainan Spanyol.

Hingga pertandingan berakhir, Spanyol berhasil jaga keunggulan 2-1 atas Maroko. Kekalahan ini di sisi lain membuat Maroko hanya berpeluang rebut perunggu melawan tim yang kalah di laga Prancis vs Mesir.


Susunan Pemain Maroko vs Spanyol

Achraf Hakimi
Achraf Hakimi dari Maroko bersaing dengan pemain Spanyol pada laga semifinal sepak bola Olimpiade 2024 (AP)

Maroko (4-2-3-1): 1 M Mohamedi; 2 Achraf Hakimi, 17 El Azozouzi, 4 M Boukamir, 11 El Ouandi; 18 A Richardson, 14 O Targhalline; 10 I Akhomach, 7 Ben Seghir, 16 Ezzalzouli; 9 S Rahmi

Spanyol (4-2-3-1): 1 Arnau Ternas; 2 Marc Pubill, 4 Eric Garcia, 5 Pau Cubarsi, 3 Juan Miranda; 6 Pablo Barrios, 10 alex Baena; 14 Aimar Oroz, 11 Fermin Lopez, 17 Sergio Gomez; 9 Abel Ruiz

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya