Dilatih Hector Souto, Timnas Futsal Indonesia Ditargetkan Lolos Final Piala AFF 2024

Hector Souto ditargetkan bisa membawa timnas futsal Indonesia lolos sampai final Piala AFF Futsal 2024 pada November mendatang.

oleh Thomas diperbarui 08 Sep 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 09:00 WIB
Hector Souto Diresmikan sebagai Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia
Hector Souto Diresmikan sebagai Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Futsal Indonesia resmi memperkenalkan pelatih barunya yakni Hector Souto. Pria Spanyol itu dipatok target jangka pendek membawa timnas futsal Indonesia setidaknya lolos ke final Piala AFF Futsal 2024 yang akan berlangsung 4 sampai 10 November 2024.

Hector Souto sebenarnya sudah dipastikan menangani timnas futsal Indonesia sejak pertengahan Agustus 2024. Namun Souto baru tiba di Indonesia pada Sabtu 7 September 2024. Dia langsung diperkenalkan oleh Sekjen Federasi Futsal Indonesia, Michael Victor Sianipar.

Souto dikontrak selama setahun terlebih dulu. Sebelum menginjakkan kaki di Jakarta, Souto sudah memantau perkembangan pemain lewat tayangan langsung pertandingan. Dia rela begadang menyaksikan pertandingan di Indonesia dari negaranya Spanyol.

“Saya sangat bersemangat untuk memulai perjalanan ini bersama timnas futsal Indonesia. Kami akan bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan, yaitu meningkatkan peringkat tim dan meraih prestasi di berbagai kompetisi,” ungkap Hector Souto.

“Kami akan membangun tim yang memiliki kerja sama solid, kekuatan individu yang luar biasa, serta tekad yang tak tergoyahkan untuk meraih kemenangan.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Target untuk Souto

Hector Souto Diresmikan sebagai Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia
Hector Souto Diresmikan sebagai Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia

Target besar dipatok FFI untuk Souto. FFI ingin Souto bisa mengulangi prestasi sebelumnya dengan masuk final Piala AFF Futsal 2024. Bila sudah lolos ke final, Indonesia akan mengintip peluang untuk mengalahkan Thailand. Pada Piala AFF Futsal edisi sebelumnya, timnas Indonesia nyaris menang di final melawan Thailand sebelum kalah dramatis.

"Target jangka pendek kita dengan Souto,k ita berharap bisa masuk final. Ada lawan kuat di level ASEAN ini. Dengan persiapan yang baik kita harap bisa juara. Tapi yang penting ke final dulu. Target menengah ada rencana di 2026 diharapkan bisa jadi tuan rumah Piala Asia yang sedang di bahas dengan PSSI dan Kemenpora," tutur Michael.


Kiprah Souto di Indonesia

FFI sendiri punya berbagai pertimbangan memilih Souto sebagai pelatih baru timnas futsal Indonesia. Proses penunjukkan pria 42 tahun tersebut juga dilakukan melalui proses yang panjang dan berliku.

"Proses penunjukkan Souto panjang selama dua bulan. Kami konsultasi dengan atlet, mantan pelatih dan mantan pemain. Kemudian mengerucut ke empat nama. Kita lihat CV Souto kuat dan pernah melatih di klub Indonesia. Kontraknya setahun kita akan lihat perkembangannya. Tapi kami yakin akan berprestasi. Kami akan mendukung penuh apapun yang ingin dilakukan Souto untuk kesuksesan timnas," sambung Michael.

Souto mencuri perhatian setelah mampu membawa klub Bintang Timur Surabaya keluar sebagai juara Liga Futsal Profesional dua kali berturut-turut dan Juara AFF Futsal Club 2022

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya