Bos Manchester United Ungkap Target Juara Liga Inggris, Bukan Musim Ini

Direktur utama Manchester United Omar Berrada dikabarkan telah menyampaikan kepada jajaran staf klub terkait target juara Liga Inggris. Dia meminta seluruh personel membantu klub menduduki takhta Inggris pada 2028.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 28 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 06:00 WIB
Profil Omar Berrada, CEO Baru Manchester United dari City yang Gantikan Sir James Ratcliffe
Profil Omar Berrada, CEO Baru Manchester United dari City yang Gantikan Sir James Ratcliffe (doc: PA)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Manchester United Omar Berrada dikabarkan telah menyampaikan kepada jajaran staf klub terkait target juara Liga Inggris. Dia meminta seluruh personel membantu klub menduduki takhta Inggris pada 2028.

Berrada punya alasan menetapkan harapan tersebut. Musim 2027/2028 akan bertepatan dengan perayaan 125 tahun sejak klub menggunakan identitas Manchester United setelah sebelumnya memakai nama Newton Heath.

Dalam perjalanan sejarahnya, Setah Merah telah mengukir rekor 20 gelar liga Inggris. Namun, sejak era kepelatihan Sir Alex Ferguson berakhir pada 2013, MU belum pernah lagi mengecap gelar juara Inggris. Enam pelatih telah silih berganti mencoba, namun gagal membawa klub kembali ke puncak kejayaan.

Saat ini, Erik ten Hag menjadi sosok yang dipercaya untuk mengakhiri paceklik gelar tersebut. Akan tetapi, pelatih asal Belanda itu baru mampu menghadirkan trofi dari ajang piala domestik.

Menurut laporan The Athletic, Berrada menggelar pertemuan staf pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, ia menggarisbawahi ambisi klub untuk mengakhiri penantian gelar Liga Premier.

Target yang ditetapkan Berrada hanya memberikan waktu empat musim bagi klub untuk mencapai tenggat waktu tersebut. Sementara itu, prospek mereka musim ini tampak kurang menjanjikan, dengan posisi klub yang masih terpuruk di papan tengah klasemen setelah lima pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pencarian Sosok untuk Mengembalikan Kejayaan MU

Foto: Tundukkan MU via Drama Adu Penalti, Man City Sabet Trofi Community Shield 2024
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag memberi instruksi kepada pemainnya saat menghadapi Manchester City pada laga Community Shield 2024 di Wembley Stadium, London, Sabtu (10/8/2024). (AP Photo/David Cliff)

Ten Hag menjadi pelatih keenam yang mengemban tugas sejak Ferguson mengundurkan diri, dan saat ini klub tampak semakin jauh dari potensi meraih gelar juara, setelah hanya mampu finis di posisi kedelapan pada musim lalu.

David Moyes hanya bertahan kurang dari satu musim setelah ditunjuk sebagai penerus Ferguson pada tahun 2013. Sementara itu, Louis van Gaal berhasil mempersembahkan trofi Piala FA, namun hanya mampu membawa klub finis di posisi keempat dan kelima selama dua tahun masa kepemimpinannya.

Jose Mourinho mungkin kurang beruntung karena harus bersaing dengan Manchester City yang meraih 100 poin. Meski demikian, ia berhasil membawa United mengumpulkan 81 poin pada musim 2017/2018, pencapaian terbaik sejak era Ferguson berakhir. Ole Gunnar Solskjaer juga sempat membawa klub finis sebagai runner-up pada musim 2020/2021.

Musim yang penuh gejolak terjadi ketika Ralf Rangnick ditunjuk untuk menggantikan Solskjaer. Ten Hag sempat menunjukkan tanda-tanda positif dengan membawa klub finis di posisi ketiga pada musim debutnya. Namun, performa tim mengalami kemerosotan signifikan pada musim berikutnya.


Era Baru di Tangan Jim Ratcliffe

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Berrada merupakan sosok anyar di Theatre of Dreams, bergabung pada bursa transfer musim panas seiring dengan perombakan skuad yang diinisiasi oleh investor minoritas baru Sir Jim Ratcliffe.

Dan Ashworth juga direkrut dengan harapan mampu mendongkrak performa tim di lapangan hijau, namun Setan Merah kembali menghadapi masa-masa sulit.

Spekulasi kuat beredar bahwa Erik ten Hag akan didepak pada penghujung musim lalu, tetapi seusai meraih trofi Piala FA dengan mengalahkan rival sekota Manchester City, ia mendapat kesempatan kedua.

MU kini terpuruk di peringkat ke-11 klasemen, dan mengawali petualangan di Liga Europa dengan kurang meyakinkan pada Rabu lalu, hanya mampu bermain imbang 1-1 di kandang sendiri melawan FC Twente.

Pelatih asal Belanda tersebut baru mengoleksi tiga kemenangan dari tujuh laga yang telah dilakoni musim ini, salah satunya melawan klub League One, Barnsley.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya