Seleksi Wakil Indonesia ke Gothia Cup 2025 akan Digelar di 6 Kota, Papua Dapat Keistimewaan

Gothia Cup 2025 akan semakin banyak diikuti wakil Indonesia. Seleksi akan digelar di enam kota ditambah jalur khusus untuk Papua.

oleh Thomas diperbarui 09 Okt 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 18:30 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir menghadiri peluncuran Meet the World With SKF
Ketum PSSI Erick Thohir menghadiri peluncuran Meet the World With SKF, sebuah ajang untuk mencari wakil Indonesia ke Gothia Cup 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Wakil Indonesia yang ikut ke festival sepak bola usia muda terbesar dunia, Gothia Cup 2025 di Swedia akan semakin banyak. Salah satunya lewat seleksi yang digelar di enam kota bertajuk Meet the World With SKF.

Turnamen Meet the World With SKF akan dibagi dalam dua babak, yaitu Regional Tournament dan Grand Finale. Dua kota pertama yang akan memulai rangkaian Turnamen Meet the World With SKF adalah Jakarta dan Bandung pada 2-3 November 2024.

Menyusul kemudian pada 9-10 Oktober 2024 menyambangi Surabaya dan Solo. Setelah itu giliran Makassar pada 15-16 November 2024. Yang terakhir di Pekanbaru pada 16-17 November 2024.

Setiap kotanya pesertanya ada 20 sampai 32 tim kategori U-12. Mereka akan bersaing untuk lolos ke Grand Finale yang akan digelar di Jakarta pada 23 dan 24 November 2024.

Di babak Grand Finale nantinya hanya akan ada 20 tim terbaik yang ikut serta. Tim yang menjadi juara di Grand Finale nantinya bakal di kirim ke Gothia Cup 2024 di Swedia.

Meet the World With SKF total akan menggirim dua tim ke Gothia Cup 2024. Satu tim lain yang akan diberangkatkan adalah melalui seleksi yang akan digelar di Papua dan bekerja sama dengan Papua Football Academy (PFA) by Freeport.

Alasan Jalur Khusus Papua

Ada alasan sendiri kenapa Papua dikasih tiket emas. SKF yang ingin memfasilitasi para pemain berbakat dari daerah yang kurang mendapatkan akses untuk bisa menunjukkan kualitas mereka," demikian pernyataan resmi SKF.

Papua Football Academy by Freeport sendiri diketahui merupakan wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola dan pendidikan formal yang mempersiapkan siswanya menjadi individu kompetitif, kreatif dan berdaya saing, yang berdiri sejak 2021. Untuk seleksi yang dilakukanbersama Papua Football Academy bakal digelar di Timika, Papua, 28 - 30 November, 2024.

“Sepak bola Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Timnas Indonesia pun mulai menjadi perbincangan di level internasional berkat prestasinya. Kami dari SKF ingin mendukung terussepak bola Indonesia agar bisa terus mencetak para pemain berkualitas, yang nantinya bisa diandalkan Timnas Indonesia pada masa depan," ujar Satheswaran Mayachandran, President Director SKF.

PSSI Sambut Baik Program ke Gothia Cup

Sebelum digelarnya National Tournament, juga akan diselenggarakan terlebih dahulu SKF Girl School Challenge di Jakarta pada 19-20 Oktober 2024.

Ketua umum PSSI Erick Thohir menyambut baik adanya event untuk mencari tim yang mewakili Indonesia di Gothia Cup 2025. Erick berharap sepak bola usia dini Indonesia semakin membaik.

“Untuk itu, saya hadir di acara Gothia sore ini karena ini dalam rangka membangun dari grassroots terkait pembibitan sepakbola usia muda,” ujar Erick Thohir.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya