Manchester United Terpuruk, Semua Berawal Kesalahan Fatal Manajemen Klub di Musim Panas 2024

Manchester United melakukan kesalahan dalam kebijakan melepas pemain di bursa transfer musim panas 2024.

oleh Thomas diperbarui 12 Okt 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 19:00 WIB
Foto: Ekspresi Pemain MU Setelah Mengalahkan Liverpool, Puas Tumbangkan Musuh Bebuyutan di Piala FA
Pemain Manchester United, Andre Onana dan Scott McTominay merayakan kemenangan atas Liverpool pada babak perempat final Piala FA 2023/2024 di Old Trafford, Minggu (17/03/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United mengalami masa suram di awal musim 2024/2025. MU tak berdaya baik di arena Liga Inggris maupun Liga Europa meski sudah menghabiskan dana begitu besar di bursa transfer musim panas 2024.

MU harus puas menempati urutan 14 di klasemen sementara Liga Inggris. Sedangkan pada Liga Europa terbenam di urutan 21. MU tak pernah meraih kemenangan di lima laga terakhirnya beruntun dengan rincian sekali kalah dan empat kali imbang.

Perekrutan lima pemain baru di musim panas yang menyedot lebih dari 200 juta euro yakni Leny Yoro, Matthijs de Ligt, Noussair Mazraoui, Joshua Zirkzee hingga Manuel Ugarte tidak banyak membantu mengangkat prestasi tim.

Keterpurukan MU menarik perhatian legenda Liga Inggris Paolo Di Canio. Eks pemain West Ham United itu menyalahkan manajemen klub atas kekacauan yang terjadi di musim 2024/2025. Di Canio melihat kehancuran MU terjadi karena blunder di bursa transfer musim panas 2024.

Di Canio menyesalkan langkah gegabah MU dalam melepas gelandang Scott McTominay ke Napoli. Pemain asal Skotlandia itu malah tampil menawan di bawah asuhan Antonio Conte. Justru Ugarte yang menggantikannya belum berkontribusi besar untuk Setan Merah.

"Saya akan pergi ke Manchester United untuk menangkap semua direktur – bagaimana Anda bisa menyerahkan McTominay?" kata Di Canio kepada Il Mattino.

McTominay Berperan di MU Musim Lalu

Pemain Napoli, Scott McTominay bersinar usai meninggalkan Manchester United
Pemain Napoli, Scott McTominay bersinar usai meninggalkan Manchester United (AP Photo/LaPresse/Alessandro Galofaro)

McTominay memang tampil sangat baik bersama MU musim lalu. Meski kerap mau dibuang, McTominay mampu berkontribusi maksimal di musim 2023/2024. Dia membuat total 10 gol dari 43 penampilan bersama tim asuhan Erik ten Hag.

Ten Hag juga sebenarnya berat untuk melepas McTominay. Namun keadaan dan keinginan memiliki Ugarte membuat Ten Hag harus merelakan McTominay pindah ke Napoli. MU butuh dana penjualan McTominay untuk bisa menyelesaikan transfer Ugarte dari PSG.

Ten Hag Terpaksa Merela McTominay

"Ini sedikit campur aduk, saya sangat senang untuknya tetapi ini campur aduk karena saya tidak ingin kehilangan dia. Dia adalah Manchester United dalam segala hal, dia sangat penting bagi Manchester United. Dia ada di sini selama lebih dari 22 tahun tetapi sayangnya itu adalah aturan," kata Ten Hag saat McTominay dilepas ke Napoli.

"Pemain lokal membawa nilai lebih dan itu bukanlah hal yang benar untuk dilakukan tetapi untuk semua orang, untuk semua bagian, ini adalah kesepakatan yang bagus. Scott senang dengan itu, dan Napoli dan kami," imbuh Ten Hag.

Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya