3 Pemain yang Bisa Susul Kevin Diks Jalani Naturalisasi dan Gabung Timnas Indonesia

Kevin Diks segera bisa menjadi amunisi tambahan buat Timnas Indonesia. Dia dikonfirmasi bakal memulai naturalisasi setelah bersalaman dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 17 Okt 2024, 00:01 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 00:01 WIB
Foto: Sepak Terjang 3 Pesepak Bola Keturunan Indonesia di Liga Champions 2023/2024, Dua Nama Sukses Bawa Klubnya ke Babak 16 Besar
Kevin Diks, bek tengah FC Copenhagen berusia 27 tahun ini merupakan pesepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia, tepatnya dari Ambon. Saat ini ia tengah memperkuat FC Copenhagen dan belum lama berjabat tangan dengan Ketum PSSI Erick Thohir yang menandai bakal dimulainya proses naturalisasi sang pemain. (AFP/Ritzau Scanpix/Liselotte Sabroe)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia tak berhenti menambah amunisi baru dalam misinya tampil makin kuat di panggung dunia. Usai memanggil perdana Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain dan China, skuad Garuda kembali ketambahan senjata baru berkat hadirnya Kevin Diks.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa penggawa FC Copenhagen itu segera bergabung dengan Timnas Indonesia.

Dia sudah bersalaman secara simbolis dengan Erick Thohir dan akan lebih dulu menjalani proses naturalisasi hingga perpindahan federasi sebelum bisa mengenakan seragam Merah Putih.

"Makan siang bersama pemain FC Copenhagen yang memiliki darah Indonesia. Tak lupa, kami salaman,” ungkap Erick Thohir melalui akun Instagramnya, @erickthohir, Sabtu (12/10/2024).

"Selamat bergabung di Timnas Indonesia, Kevin Diks,” sambung pria yang juga merangkap sebagai Menteri BUMN tersebut.

Dengan hadirnya Kevin Diks, publik pun kembali menantikan gebrakan baru PSSI terkait kedatangan pemain keturunan lain. Sejauh ini ada 3 nama yang santer dihubung-hubungkan dengan Timnas Indonesia dan diyakini berpeluang menyusul Diks untuk menjalani proses naturalisasi. Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut.

1. Mauro Zijlstra

Mauro Zijlstra
Penyerang keturunan Indonesia Mauro Zijlstra, saat tampil bersama klubnya, FC Volendam. (Dok. Instagram Mauro Zijlstra)

Mauro Zijlstra merupakan pemain depan yang tengah memperkuat tim U-21 FC Volendam. Usianya baru menginjak 19 tahun dan sejauh ini dia mampu mengoleksi 2 gol dan 1 assists dari total 2 penampilan untuk klubnya.

Kehadiran Mauro Zijlstra pun tak ayal bisa menjadi solusi buat lini serang skuad Garuda. Pasalnya, sudah bukan rahasia bahwa Timnas Indonesia masih cukup sulit menemukan pencetak gol andal di panggung internasional.

Ada kabar yang menyebut Zijlstra sudah menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan untuk naturalisasinya. Namun, ketika ditanyai soal kepastian kedatangan sang pemain pada akhir September lalu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir belum bisa memberi banyak informasi sebab dia belum bersalaman dengan Mauro Zijlstra.

"(Soal Mauro) saya belum salaman, jadi saya tidak bisa bilang pemain yang bergabung itu dengan nama yang tepat kalau kita belum ada administrasinya," ucap Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (21/9/2024).

2. Ole Romeny

Ole Romeny (FC Utrecht)
Ole Romeny bermain untuk FC Utrecht (Dok. Instagram/oleromeny)

Layaknya Mauro Zijlstra, Ole Romeny juga merupakan pemain keturunan Indonesia yang berposisi sebagai penyerang.

Pesepak bola berusia 24 tahun saat ini memperkuat FC Utrecht dan tercatat selalu diturunkan sebagai starter dalam 7 pertandingan Eredivisie untuk timnya, dengan kontribusi 2 gol pada awal musim 2024/2025.

Namanya pun turut digadang-gadang sebagai salah satu yang berpotensi menyusul Kevin Diks untuk menjalani naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kabar ini berembus makin kencang setelah peman Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen meninggalkan komentar berbunyi "Him" di salah satu unggahan Instagram Romeny pada 6 Oktober lalu, yang langsung dibanjiri komentar dari penggemar skuad Garuda.

3. Emil Audero

FOTO: 3 Pemain Keturunan Indonesia yang Bermain di Liga Top Eropa - Emil Audero
Pemilik nama lengkap Emil Audero Mulyadi mulai dikenal ketika dirinya menjadi kiper ketiga Juventus sebelum musim 2018/2019. Emil mendapatkan darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (AFP/Adrian Dennis)

Nama Emil Audero sejatinya sudah lama dikatikan dengan Timnas Indonesia. Dia memang masuk radar pelatih Shin Tae-yong sejak dulu dan PSSI pun sempat coba menggaet sang pemain ke Tanah Air.

Akan tetapi, kiper kelahiran Mataram yang pernah dipinjamkan ke Inter Milan itu disebut belum terbuka bergabung dengan skuad Garuda. Kini dia sudah menginjak usia 27 tahun dan baru saja bergabung dengan Como lewat bursa transfer musim panas 2024.

Belum ada tanda-tanda jelas yang menunjukkan Audero sekarang berbalik ingin membela Timnas Indonesia. Walau begitu, namanya tetap saja mencuat di tengah gencarnya program naturalisasi PSSI.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya