Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Terbentur Tembok China, Indonesia Gagal Perbaiki Posisi

Timnas Indonesia kalah 1-2 dari China pada persaingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan China 1-2 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 15 Okt 2024, 21:14 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 21:14 WIB
Ivar Jenner - Timnas China Vs Timnas Indoenesia
Gelandang Timnas Indonesia, Iver Jenner dalam laga melawan Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024). (Instagram/Timnas Indonesia()

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kalah 1-2 dari China pada persaingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan China 1-2 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Behram Abduweli dan Zhang Yuning memanfaatkan kesalahan lini belakang Timnas Indonesia untuk membawa China unggul dua gol di babak pertama. Indonesia sempat memperkecil ketertinggalan melalui Thom Haye, tapi gagal menyamakan kedudukan.

Ini adalah kekalahan pertama Indonesia. Di sisi lain, China memetik hasil positif pertama. Dengan sama-sama mengoleksi tiga angka, kedua tim menempati dua posisi terbawah klasemen.

Jepang masih mantap di puncak usai bermain imbang 1-1 melawan Australia. Di luar itu, posisi tabel masih bisa berubah karena duel Arab Saudi vs Bahrain baru berlangsung Rabu (16/10/2024) dini hari WIB.

 

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

 Peringkat  Negara   Main  Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin
 1.  Jepang  4  3  1  0  15-1  10
 2.   Australia  4  1  2  1  4-3  5
 3.   Arab Saudi  3  1  1  1  3-4  4
 4.   Bahrain   3  1  1  1  3-7  4
 5.   Indonesia   4  0  3  1  4-5  3
 6.   China  4  1  0  3  4-13  3

Jalan Pertandingan China vs Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - China Vs Timnas Indonesia
Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - China Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Pertandingan dimulai. Indonesia kembali mengenakan seragam putih, dengan China mengenakan jersey utama merah. Omar Al Ali dari Uni Emirat Arab bertindak sebagai wasit.

Sepuluh menit pertandingan berjalan, Timnas Indonesia menguasai bola dan mengambil inisiatif serangan. Percobaan pertama datang di menit ke-11 dari Ragnar Oratmangoen.

Setelah melewati beberapa pemain lawan, dia melepas tendangan dari jarak jauh. Sayang usahanya masih melambung.

China mendapat kesempatan melalui dua situasi bola mati secara beruntun. Namun, percobaan mengarah ke tiang dekat gawang Maarten Paes belum membuahkan hasil.

Tuan rumah lalu memimpin di menit ke-21. Kegagalan Shayne Pattynama membuang bola dimaksimalkan Behram Abduweli untuk merobek gawang Indonesia.

Gol ini menambah kepercayaan diri pemain China. Sementara timnas Indonesia mulai ceroboh saat menguasai bola. Sapuan Calvin Verdonk dipotong Xie Wenneng yang kemudian melepas tendangan. Beruntung eksekusinya tepat ke arah Maarten Paes.

Indonesia tetap bermain sabar meski juga kesulitan menembus pertahanan China. Percobaan Ivar Jenner dari luar masih lemah.

Tendangan Calvin Verdonk lalu memaksa kiper Wang Dalei bekerja. Sayang Indonesia gagal melanjutkan tekanan. Bola direbut dengan China melancarkan serangan balik. Ivar Jenner menghentikan lawan dan diganjar kartu kuning. Dari situasi bola mati, China kembali mendapat kesempatan lewat Jiang Shenglong.

Tidak lama berselang, Zhang Yuning dalam posisi bebas di lini belakang Indonesia. Dia langsung menghadapi Maarten Paes dan tidak membuang peluang. Eksekusinya menggandakan keunggulan China di menit ke-44.

Indonesia coba merespon. Tandukan Jay Idzes mengenai tiang gawang. Tapi, kalaupun gol akan dianulir karena dalam posisi offside. Tidak ada gol tambahan di sisa waktu babak pertama.

Babak Kedua China vs Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2026 - China Vs Timnas Indonesia - Duel Kapten: Dalei Wang Vs Jay Idzes
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - China Vs Timnas Indonesia - Duel Kapten: Dalei Wang Vs Jay Idzes (Bola.com/Adreanus Titus)

Dalam posisi terdesak, Indonesia melakukan tiga pergantian pada jeda. Thom Haye, Marselino Gerdinan, dan Rizky Ridho masuk. Mereka menggantikan Shayne Pattynama, Witan Sulaeman, dan Mees Hilgers.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, kehadiran tiga pemain baru tidak mengubah pendekatan Indonesia. Garuda tetap menguasai bola dan mencoba membangun serangan. Namun, beberapa kali momentum hilang agar kiper Wang Dalei mendapat perawatan.

Indonesia kerepotan menembus pertahanan China. Di sisi lain, pemain tuan rumah mulai bereaksi berlebihan begitu terlibat benturan fisik dengan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Dalam satu situasi bola mati, Rizky Ridho bebas dari penjagaan untuk menanduk bola. Sayang usahanya melambung.

Laga menyisakan 10 menit. Tensi duel sempat memanas menyusul insiden yang melibatkan Nathan Tjoe-A-On. Di sisi lain, pemain China mulai melakukan manajemen pertandingan dengan memperlambat tempo dan membuang waktu sebisa mungkin.

Indonesia lalu mendapat tendangan bebas di area berbahaya. Namun eksekusi Thom Haye masih membentur tembok.

Tidak lama berselang, lemparan ke dalam Pratama Arhan yang baru masuk menciptakan situasi berbahaya. Bola jatuh di kaki Thom Haye yang sukses memperkecil kedudukan di menit ke-86.

Injury time menghadirkan sembilan menit. Sayang Indonesia gagal menyamakan kedudukan meski tambahan waktu banyak.

Susunan Pemain China vs Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2026 - China Vs Timnas Indonesia - Wu Lei Vs Marselino Ferdinan
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - China Vs Timnas Indonesia - Wu Lei Vs Marselino Ferdinan (Bola.com/Adreanus Titus)

China: Wang Dalei, Jiang Guangtai, Gao Zhunyi, Li Lei, Jiang Shenglong, Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Xie Wenneng, Behram Abuduwaili, Wei Shihai, Zhng Yuning 

Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Asnawi Mangkualam, Nathan Thoe-A-On, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya