Gol Telat Zaha Selamatkan Muka MU di Jepang

MU sempat tertinggal dua kali atas Osaka. Namun gol telat Zaha di menit akhir pertandingan menyelamatkan muka MU dari kekalahan ketiga.

oleh jeffrey diperbarui 26 Jul 2013, 19:20 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2013, 19:20 WIB
man-u-2-130726c.jpg

Manchester United nyaris menderita kekalahan ketiga dalam laga pramusim mereka tahun ini. Setelah Setan Merah takluk dari Yokohama F Marinos 2-3 dan Singha All Stars di Bangkok dengan skor 1-0.

Gol telat Wilfried Zaha membuat MU terhindar dari kekalahan dan pertandingan berakhir imbang menjadi 2-2. Dua gol Osaka dicetak oleh Sugimoto dan Minamino, sedangkan gol MU dicetak oleh Shinji Kagawa dan Zaha.

Bertanding di KINCHO Stadium pada Jumat, 27 Juli 2013 MU bermain dengan mayoritas skuat terbaiknya mulai dari Robin van Persie, Shinji Kagawa, Rio Ferdinand, dan Danny Welbeck. Tapi MU gagal memanfaatkan peluang yang tercipta untuk menjadi gol. Pada menit pertama, van Persie sudah mengancam gawang dari Cerezo Osaka namun kegemilangan kiper Jin Hyeon mampu menggagalkan peluang pertama MU dalam pertandingan tersebut.

Sepuluh menit kemudian kembali van Persie mendapatkan peluang untuk mencetak gol, namun kembali Jin Hyeon tampil apik dengan mematahkan peluang mantan kapten Arsenal itu.

Pada menit ke-34, gawang MU justru kebobolan lebih dulu. Peluang yang berakhir dengan bobolnya gawang MU berawal dari kesalahan pemain belakang MU, Chris Smailling yang salah mengantisipasi bola. Kenyu Sugimoto yang mendapatkan bola, langsung menendang ke gawang yang dijaga Andres Lindegaard. Sepakan itu langsung mengoyak jala Lindegaard. Papan skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Osaka hingga turun minum.

Pada babak kedua, MU terus menekan lini pertahanan Osaka, hasilnya di menit ke-52, skuat asuhan David Moyes mendapatkan hadiah penalti setelah Ashley Young dijatuhkan di kotak terlarang. Kagawa yang maju jadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Skor masih tetap belum berubah, 1-0 untuk keunggulan Osaka.

Pada menit ke-54, Kagawa berhasil membayar kesalahan penaltinya setelah berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan setelah mendapatkan umpan dari Ryan Giggs, skor pun menjadi imbang 1-1.

Akan tetapi, Osaka langsung membalas gol tersebut lewat sepakan indah dari pemain muda Osaka yang baru berusia 18 tahun, Minamino di menit ke-63. Osaka pun kembali memimpin 2-1.

Setelah gol tersebut, MU semakin meningkatkan intensitas serangan akan tetapi peluang emas melalui Zaha dan Lingard masih terbuang percuma.

Hasilnya ketika pertandingan sepertinya akan usai, Zaha berhasil mencetak gol penyeimbang setelah berhasil menceploskan bola ke gawang yang kosong lewat umpan Lingard. Skor 2-2 berakhir hingga laga usai. Sejauh ini, MU hanya satu kali kemenangan ketika berada di Australia ketika menang atas A-League All Stars 5-1. (*)

Inilah para pemain kedua skuat:

Cerezo Osaka: Jin Hyeon, Sakemoto, Fujimoto, Yama, Maruhashi, Yokoyama, Kusukami, Fabio, Sugimoto, Minamino, Edno
Subs: Takeda, Tada, Moniwa, Araiba, Bando, Yoshino, Edamura, Kurogi, Akiyama, Kogure, Mukuhara
Goal: Sugimoto 34, Minamino 63

Man United: Lindegaard; Rafael (Fabio 79), Smalling, Ferdinand, Buttner (Evra 79); Young (Cleverley 79), Giggs (Lingard 79), Jones (Anderson 46), Kagawa (Zaha 58), Welbeck, Van Persie (Januzaj 69)
Subs: De Gea, Amos, Keane
Goal: Kagawa 54, Zaha 90+1

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya