Pimpinan Wasit Inggris Bicara soal Aksi `Diving` Ramires

Pimpinan Wasit Inggris Mike Riley berkomentar soal keputusan wasit yang memberikan penalti terkait tuduhan 'aksi diving' Ramirez.

oleh Liputan6 diperbarui 20 Nov 2013, 17:48 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2013, 17:48 WIB
ramirez-2-131119c.jpg

Laga Chelsea versus West Bromwich Albion di Stamford Bridge, Sabtu 9 November lalu rupanya masih belum tuntas. Ada satu sisi frame yang rupanya terus dibahas para wasit. Sebuah insiden yang berujung pada pemberian sanksi penalti bagi The Blues. Akibat penalti itu, skor Chelsea West Brom menjadi 2-2. 

Insiden itu bermula ketika Ramires terjatuh saat berduel dengan Steven Reid area kotak penalti West Brom di menit ke-90+6. Wasit yang memimpin laga itu Andre Marriner langsung menunjuk titik putih memberikan sanksi penalti bagi The Blues. Andre menganggap Ramires jatuh setelah dihajar Steven Reid. 

Impian West Brom untuk mencuri poin di kandang Chelsea akhirnya pupus. Gawang Boaz Myhill berhasil dijebol Eden Hazard yang bertindak sebagai eksekutor. Padahal sebelumnya West Brom sudah unggul 2-1 hingga menjelang peluit panjang berbunyi.

Usai pertandingan, insiden jatuhnya Ramirez menjadi bahan pembicaraan hangat. Gelandang serang asal Brasil itu dituduh telah melakukan aksi diving. Hingga akhirnya keputusan wasit memberikan sanksi penalti dianggap kontroversial.

Ramires pun sempat membela diri. Pemain asal Brasil itu mengaku tidak pernah melakukan diving untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, keputusan wasit adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, walau pada saat itu Ramires melakukan diving, tetap saja keputusan bulat telah dibuat dan Chelsea pun terhindar dari kekalahan.

Insiden ini pun membuat Pimpinan Wasit Inggris Mike Riley ikut angkat bicara. Riley mencoba untuk membela Marriner yang juga mendapat kritik tajam ketika memimpin laga Fulham kontra Swansea.

"Saya mengerti kenapa Andre memberi penalti itu," ujar Riley kepada Daily Standart Rabu (20/11/2013).

"Dia pikir, dia melihat Reid melanggar Ramires, menjegal kaki Ramires, membuatnya hilang keseimbangan, dan tidak menyentuh bola, oleh sebab itu dia menghadiahkan penalti," ujar Riley menegaskan.

"Hanya Ramires yang tahu kenyataannya," kata Riley menanggapi kemungkinan Ramires melakukan diving.

Riley pun memberi kritik terhadap moral pemain Inggris menyangkut aksi diving. Mantan wasit berusia 48 tahun itu pun berharap akan ada keputusan yang tegas dengan aksi diving yang dilakukan para pemain. (Vin)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya