Perhatikan Ini Agar Tak Termakan Hoaks di Media Sosial

Media sosial kerap menjadi media yang mudah digunakan untuk menyebarkan hoaks atau berita bohong.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Mar 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial kerap menjadi media yang mudah digunakan untuk menyebarkan hoaks atau berita bohong. Pasalnya, media sosial kerap dapat digunakan oleh siapapun, dimanapun dengan hanya tersambung di intenet.

Oleh karena itu tidak sedikit dari sesama pengguna media sosial yang menjadi korban hoaks atau berita bohong. Namun, dengan sedikit ketelitian dan skeptis, pembaca dapat menghindari terpapar hoaks atau berita bohong.

Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan dan dilakukan agar tidak mudah percaya terhadap informasi hoaks yang tersebar di media sosial:

1. Cek sumber informasi jika ada

Beberapa unggahan di media sosial ada yang menggunakan beberapa lembaga tertentu atau tangkapan layar berita dari media online tertentu.

Hal ini perlu diperhatikan kembali, karena beberapa orang hanya membaca judul dari berita tersebut tanpa membaca keseluruhan isi berita. Oleh karena itu dapat diperiksa kembali kebenaran dari isi berita secara keseluruhan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Selanjutnya

2. Periksa kebenaran suatu konten melalui internet

Saat ini, banyak informasi yang dapat dicari di mesin pencarian, seperti Google. Oleh karena itu kebenaran suatu unggahan atau konten dapat dipastikan dengan mencari informasi terkait di mesin pencarian seperti Google. Dengan ini pembaca dapat lebih teliti memercayai suatu informasi berupa unggahan di media sosial.

3. Periksa konten tersebut di media online

Konten atau unggahan berupa informasi resmi juga banyak ditemukan di media sosial maupun aplikasi chatting. Informasi ini dapat berupa himbauan atau bantuan sosial yang diadakan oleh lembaga atau pihak tertentu.

Jika kesulitan mencari informasi terkait dengan unggahan atau broadcast message di mesin pencarian seperti Google, media online terverifikasi biasanya telah mengunggahnya sebagai informasi lanjutan. Oleh karena itu, unggahan tersebut dapat diperiksa di media online terverifikasi terkait kebenarannya.

(MG/Jihan Fairuz)


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya