Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Sebut Uztaz Zacky Mirza Meninggal Dunia

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai terkait ustaz Zacky Mirza meninggal dunia.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 20 Apr 2021, 11:26 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2021, 11:26 WIB
Cek Fakta uztaz Zacky Mirza
Cek Fakta uztaz Zacky Mirza

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai terkait ustaz Zacky Mirza meninggal dunia. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak Senin (19/4/2021) malam.

Dalam pesan berantai tersebut berisi narasi sebagai berikut:

"Innalillahi Wainna Ilaihi Ra'jun.. Barusan TV one menyiarkan telah berpulang kerahmatullah Ustadz Zacky Mirza."

Lalu benarkah pesan berantai yang berisi informasi ustaz Zacky Mirza meninggal dunia?

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun Instagram Zacky Mirza, @zackymirza_ yang bercentang biru atau terverifikasi. Di sana uztaz Zacky Mirza mengunggah postingan video terkait kondisi dirinya:

Berikut penjelasan dalam videonya:

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Zacky Mirza. Ayahanda ibunda, saudara-saudaraku semuanya, keluarga, para jemaah. Alhamdulillah malam hari ini, Senin 19 April 2021, saya dalam keadaan yang lebih baik setelah semalam di keadaan yang belum sadar, sudah membaik Alhamdulillah.

"Adapun terkait dengan berita yang tersebar, saya meninggal dunia dan lain sebagainya, itu semua berita hoaks. Saya dalam keadaan sehat walafiat. (Mohon) doanya dari semua mudah-mudahan dakwah saya tetap dilancarkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Disehatkan walafiat kita semua. Terima kasih."

Selain itu dalam postingan juga terdapat narasi: "Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulilah malam ini (Senin, 19 April 2021) kondisi saya sudah membaik."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Achmad Zacky Mirza (@zackymirza_)

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi akun Instagram istri uztaz Zacky Mirza, Shinta Tanjung, @chintatanjung yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat unggahan video yang diposting 19 April 2021.

Berikut isi postingannya:

"alhamdulillah abi @zackymirza_ masa pemulihan. Alhamdulillah terimakasih perhatian dn doanya. Saat ini ustadz @zackymirza Udh sehat ya lg masa pemulihan.Berita diluar tentang kabar duka itu tidak benar ya. Maaf blm bisa bales satu persatu dm dn chat yg masuk in syaa Allah nnt sy bales ya. Jazzakumullah khayran atas perhatian & kasih syngnya buat kami. Smoga Allah berikan sehat, ta'at dn sll dlm lindungan Allah SWT buat qt smua. Ustadz masih dirawat di salah satu rs di Kerinci riau. Dna dlm kondisi lebih baik yaDelete soon"

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Shintatanjung (@chintatanjung)

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CN2k-12D_cy/

https://www.instagram.com/p/CN2YZGYlp_N/


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Pesan berantai yang berisi informasi ustaz Zacky Mirza meninggal dunia adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya