Pemerintah Imbau Masyarakat Waspadai Situs dan Aplikasi Palsu Mengatasnamakan PeduliLindungi

Situs yang dimaksud beralamat di pedulilindungia.com. Situs tersebut memuat tampilan yang sama persis dengan situs asli yang beralamat di pedulilindungi.id.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 10 Sep 2021, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2021, 10:00 WIB
mal
Pengunjung ataupun pegawai Mal Summarecon Serpong wajib scan barcode Pedulilindungi sebagai syarat masuk ke dalam mal di tiap pintu masuk. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau masyarakat mewaspadai website dan aplikasi palsu mengatasnamakan PeduliLindungi. Pasalnya belakangan ini muncul website palsu menyerupai website PeduliLindungi yang berpotensi mencuri data masyarakat.

Situs yang dimaksud beralamat di pedulilindungia.com. Situs tersebut memuat tampilan yang sama persis dengan situs asli yang beralamat di pedulilindungi.id.

Terdapat lama untuk memasukkan data pengguna dan informasi lain terkait vaksinasi covid-19. Namun di situs palsu masyarakat diminta mentrasfer uang ke nomor rekening pribadi tertentu agar bisa mendapatkan vaksin.

Kominfo saat ini sudah memutus akses pada situs pedulilindungia.com. Mereka juga menjelaskan seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan covid-19 dalam bentuk apapun.

Kominfo juga meminta masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya