Hoaks Terkini Seputar Pertamina, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks seputar Pertamina.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 09 Agu 2023, 14:29 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023, 09:00 WIB
Gedung Pertamina. Dok Pertamina
Gedung Pertamina. Dok Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu perusahaan BUMN yang kerap dijadikan bahan hoaks, kondisi ini harus diwaspadai sebab dapat merugikan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks seputar Pertamina, mulai dari besaran gaji komisaris hingga pembagian subsidi.

Berikut kumpulan hoaks seputar Pertamina.

Gaji Komisaris Pertamina Capai 8 Miliar

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim gaji komisaris Pertamina mencapai 8 miliar, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 3 Agustus 2023.

Unggahan klaim gaji komisaris Pertamina mencapai 8 miliar berupa tangkapan layar yang isinya tulisan sebagai berikut.

"Gaji Presiden: 30jt

Gaji Menteri: 20jt

Gaji Komisaris Pertamina : 8 M"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rupanya kita selama ini di bodohi ??

Komisaris Pertamina tak perlu kampanye, tak perlu debat di depan publik, usahanya jelas bakal dibeli orang dan pasti untung, tahu-tahu dapat gaji 8 milyar perbulan....???

Kira-kira mungkin ga orang pilih jadi menteri daripada jadi komisaris kalau gajinya jomplang begitu ?

Atau jangan-jangan penghasilan presiden dan menteri sebenarnya perbulan lebih dari jadi komisaris Pertamina ?"

Benarkah klaim gaji komisaris Pertamina mencapai 8 miliar? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


 Foto Ini Kebakaran Kilang Pertamina Dumai

Penelusuran klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.

Unggahan klaim foto kilang Pertamina Dumai kebakaran tersebut menampilkan kobaran api di sertai kepulan asap di antara pepohonan dan tiang listrik dan siluet seorang yang sedang mengangkat satu tangannya. Foto tersebut diambil dalam kondisi perncahayaan yang minim.

Selain foto, akun Facebook tersebut juga mengunggah tiga video.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sahabat Bang AS( Ashari )Turut berduka cita atas peristiwa di kilang pertamina RU II kota dumai, , smg menjadi pelajaran bagi RU & bagi pekerja di manapun berada untuk Tetap Safety, turut berduka cita kpd korban, kpd masyarakat yang dampak secara materi, dan yang terdampak Trauma, smg jadi peristiwa yg terakhir, berkah selalu kota bertuah.. 😇"

Benarkah klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini....


Pertamina Bagikan Subsidi BBM Rp 5 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Pertamina (Persero) membagikan subsidi bahan bakar minyak atau BBM sebesar Rp 5 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"fancarving.top/pertaminabxv2/tb.php?gr=jy1674976127081"

Jika tautan klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta tersebut diklik maka masuk pada halaman situs yang berisi narasi sebagai berikut.

"🎉Pertamina National Fuel Subsidy🎊29 January, 2023

Congratulations!

Pertamina National Fuel Subsidy

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah ."

Benarkah klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini..

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya