Jangan Percaya, Pesawat Wings Air Jatuh di Perairan NTT Hari Ini Cuma Hoaks

Wings Air membantah adanya pesawat jatuh di Perairan Nagekeo, NTT, Senin (22/4/2024) pagi. Mereka menyebut informasi tersebut sebagai hoaks.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 23 Apr 2024, 10:15 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2024, 18:21 WIB
banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Wings Air membantah adanya pesawat jatuh di Perairan Nagekeo, NTT, Senin (22/4/2024) pagi. Mereka menyebut informasi tersebut sebagai hoaks.

Sebelumnya beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai dan video yang menyebut ada pesawat Wings Air yang jatuh, Senin (22/4/2024) pagi. Namun kabar tersebut langsung dibantah oleh pihak Wings Air.

Wings Air menjelaskan bahwa seluruh operasi penerbangan Wings Air, termasuk yang beroperasi di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur hari ini berjalan dengan normal, menurut standar operasional prosedur dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Kami memahami bahwa informasi yang tidak akurat dapat menciptakan kekhawatiran di tengah masyarakat. Oleh karena itu, Wings Air telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa informasi yang Wings Air sampaikan adalah akurat dan dapat dipercaya," ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro.

"Wings Air sedang mengupayakan langkah-langkah hukum yang diperlukan untuk menangani penyebaran informasi palsu yang telah menimbulkan kecemasan ini," Danang menambahkan.

Di sisi lain, BUMN pengelola pelayanan navigasi penerbangan, AirNav Indonesia juga membantah kabar pesawat jatuh tersebut.

"Merujuk hal tersebut, AirNav Indonesia sebagai BUMN pemandu pelayanan lalu lintas penerbangan dapat menyimpulkan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar atau hoaks," ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro menegaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya