Antisipasi Hoaks Pilkada 2024, Koalisi Multisektoral Dibentuk di Aceh

Jelang Pilkada 2024, sejumlah organisasi dan lembaga di Aceh membentuk Koalisi Kawai Haba Demokrasi Aceh.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 05 Agu 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Pilkada 2024, sejumlah organisasi dan lembaga di Aceh membentuk Koalisi Kawai Haba Demokrasi Aceh. Koalisi ini merupakan usaha untuk melawan gangguan informasi selama proses Pilkada tersebut.

Adapun koalisi ini terdiri atas Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, PWNU Aceh, PW Muhammadiyah Aceh, The Leader, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Aceh, Aceh Institute, Mafindo Aceh, Hakka Aceh, dan Koalisi Anak Muda Democracy Resilience.

Selain itu ada juga Katahati Institute, MaTA,Koalisi NGO HAM, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), LBH Aceh,Youth ID, Flower Aceh, Solidaritas Perempuan (SP) Aceh, dan Koalisi NGO HAM Aceh.

"Pilkada 2024 di Aceh berpotensi dibayang-bayangi informasi hoaks yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dan memicu perpecahan. Sehingga kolaborasi multisektoral ini penting dalam menghalau penyebaran hoaks serta memfasilitasi untuk klarifikasi informasi terkait pelaksanaan pesta demokrasi," ujar Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh Reza Munawir dilansir Antara.

"Kami berharap masyarakat Aceh bisa memperoleh informasi yang kredibel dan tidak terjebak kesimpangsiuran informasi sesat," katanya menambahkan.

Di sisi lain KIP Aceh Saiful menyambut baik serta mendukung penuh hadirnya koalisi ini untuk mencegah hoaks yang berpotensi meningkat menjelang pilkada.

"Belajar dari pengalaman Pilkada sebelumnya hoaks menghadirkan kegaduhan, perpecahan, pertengkaran, bahkan permusuhan di dalam masyarakat. Maka, penting untuk mengantisipasi isu-isu hoaks dalam masyarakat melalui aktivitas cek fakta," ujar Saiful.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya