[Arti Pemilu] Memilih Pemimpin yang inspiratif

Pemilu digunakan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengaspirasikan hak suaranya untuk memilih seorang pemimpin.

oleh Maria Flora diperbarui 02 Apr 2014, 16:26 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2014, 16:26 WIB
kpu pemilu 2
(Antara Foto/M Agung Rajasa)

Citizen6, Bangkalan Life is Choice, begitu juga dengan kepemimpin. Ketika seorang pemimpin telah dimisioner di akhir jabatannya, maka tugas rakyatnya adalah memilih.
 
Di Indonesia, pemilu digunakan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengaspirasikan hak suaranya untuk memilih seorang pemimpin. Namun apakah masyarakat benar-benar menggunakan hak suaranya untuk memlih pemimpin yang ideal atau hanya asal "memilih yang berduit"?

Apapun pilihan masyarakat, apapun yang dikatakan masyarakat itu merupakan hak mereka, karena negara kita merupakan negara demokrasi. Masyarakat bebas berekspresi memilih pilihannya masing-masing, namun pada hakikatnya memilih seorang pemimpin tidak bisa hanya dilihat dari seberapa tebal dompetnya, seberapa banyak assetnya, seberapa banyak sahamnya. Karena hal yang paling utama adalah seberapa besar tanggungjawabnya.

Bulan April ini masyarakat yang memenuhi hak suaranya akan melangsungkan pemilu untuk memilih pemimpin barunya. Di situlah masyarakat harus memenuhi asas-asas dalam pemilu yaitu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil).

Masyarakat juga tidak perlu ragu terhadap Pemilu, karena faktor utama dan terpenting di negara ini adalah harus bisa memilih pemimpin yang bertanggung jawab, ikhlas, dan rela berkorban untuk negaranya,  tidak membawa unsur kepentingan pribadi dalam jabatannya, pemimpin yang menginspirasi rakyatnya, dan pemimpin yang totalitas dalam mengemban amanah.

Untuk itu, mari kita sukseskan pemilu 2014 ini dengan memilih calon pemimpin yang berkualitas. Laksanakan hak pilihmu dalam Pemilu untuk negaramu. "Setiap orang di antaramu adalah pemimpin dan setiap pemimpin bertanggungjawab atas kepemimpinannya". (mar)

Penulis
Laila Fitriani
Twitter: @L_FiVIPer
Bangkalan, laila.fitrianxxx@gmail.com

Baca juga:
[Arti Pemilu] `Kaum Muda` Agen of Change Indonesia dalam Pemilu
[Arti Pemilu] Akankah Membawa Perubahan Bagi Bangsa Ini?
Menulis Bertopik ke-11 : Apa Arti Pemilu Bagimu?


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya