Ada Pelatihan Menjahit Gratis di RUMAN Aceh

Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh kembali menjadi media berbagi dari dan untuk anak negeri.

oleh Karmin Winarta diperbarui 12 Mei 2014, 12:39 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2014, 12:39 WIB
Ada Pelatihan Menjahit Gratis di RUMAN Aceh
Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh kembali menjadi media berbagi dari dan untuk anak negeri.

Citizen6, Jakarta Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh kembali menjadi media berbagi dari dan untuk anak negeri. Kali ini bukan berbagi materi (uang, makanan dan semacamnya). Namun, berbagi informasi, pengalaman, ilmu dan keterampilan untuk penghidupan yang lebih baik di masa depan.

Adalah Rahmi Soraya, owner Rahmi Boutique & Designer yang membagikan   secara cuma-cuma alias gratis informasi, pengalaman, ilmu dan keterampilan menjahitnya kepada guru dan orang tua anak-anak binaan pustaka dan kelompok belajar gratis yang berlokasi di Desa Punge Blangcut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. Rahmi Boutique & Designer juga berada di Desa yang sama dengan Ruman Aceh, hanya berbeda Lingkungan saja.

Pelatihan itu dilaksanakan pada Sabtu (10/5) kemarin mulai pukul 16.00 hingga 18.00 WIB. Pada pertemuan perdana tersebut, selain 6 guru -yang mayoritas masih gadis dan sedang kuliah- dan 4 orang tua murid Ruman, seorang peserta datang dari Kecamatan lain menjadi pesertanya. Rencanya, setiap Sabtu, Rahmi Soraya akan meluangkan waktunya untuk berbagi keterampilan yang menjadi ciri khas kaum hawa itu.

Adapun materi yang diberikan pada pertemuan perdana ini seputar teori-teori dasar tentang cara mengukur pola busana wanita. Ada 13 variasi ukuran yang biasanya digunakan. Di antaranya adalah LB (lingkaran badan), LPPG (lingkaran pinggang), LPGL (lingkaran pinggul), PL (panjang lengan) dan LUL (lubang ujung lengan).

“Saya sangat bahagia bisa berbagi dengan kawan-kawan yang peduli dengan masa depan pendidikan anak-anak Aceh. Sejak kecil orang tua kami menanamkan sikap kepedulian kepada sesama. Dua hal itulah yang mendorong saya berbagi sedikit ilmu yang Allah anugerahkan dan menjadi sumber penghidupan selama ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masa depan kita”, ujar Rahmi saat memulai pelatihan ini.

Sementara itu, Riski Sopya, S.Pd, Kepala Divisi Anak Ruman Aceh yang menggawangi kegiatan bimbingan belajar (bimbel) gratis buat anak dhuafa dan yatim mengungkapkan bahwa Rahmi Soraya merupakan orang tua yang proaktif mengikuti perkembangan Ruman Aceh.

“Bu Rahmi telah menyertai khidmah kecil ini sejak awal. Anaknya yang juga ikut belajar bersama anak-anak dhuafa dan yatim disini juga mempunyai empati dan jiwa sosial yang tinggi seperti ibundanya”, ungkap Riski ketika mengenalkan owner Rahmi Boutique & Designer tersebut kepada para peserta.

Pengirim:

Ahmad Arif

Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya