Indonesian Card Artists, Komunitasnya Seni Card Flourish

Komunitas ini memposisikan diri sebagai wadah untuk orang yang tertarik belajar atau sekedar ingin tahu tentang card flourish.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Mar 2015, 15:32 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2015, 15:32 WIB
Indonesian Card Artists, Komunitasnya Seni Card Flourish
Komunitas ini memposisikan diri sebagai wadah untuk orang yang tertarik belajar atau sekedar ingin tahu tentang card flourish.

Citizen6, Jakarta Kreatif, menyenangkan, dan kekeluargaan adalah tiga kata yang dipilih oleh Alex Rudianto untuk menggambarkan komunitas Indonesian Card Artists (ICA). Komunitas ini bukanlah komunitas pemain kartu atau sulap, melainkan komunitas bagi penggemar card flourish – seni memainkan kartu secara visual dengan menggunakan keahlian tangan.

ICA merupakan komunitas card flourish pertama di Indonesia yang terbentuk pada 1 Februari 2009 oleh tujuh orang flourisher asal Jakarta. Komunitas ini memposisikan diri sebagai wadah untuk orang yang tertarik belajar atau sekedar ingin tahu tentang card flourish.

Tidak hanya memperkenalkan seni card flourish, komunitas ini memiliki visi untuk menghilangkan paradigma negatif dari kartu. Untuk mewujudkan visinya, ICA mengadakan beberapa agenda rutin seperti Gathering Regional, Online Video Contest, dan Live Perfomance Competition.

Diakui oleh Alex, saat ini pandangan orang-orang mulai berubah mengenai paradigma negatif dari kartu. Saat melihat komunitas ini berkumpul, sudah banyak yang mengenali bahwa kegiatan yang sedang mereka lakukan dengan kartu merupakan seni card flourish.

Di tahun keenam ICA sedang berfokus untuk membuat kegiatan sendiri seperti memperbaharui website ICA, membuat kompetisi lokal, dan aktif memperkenalkan komunitas ke masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar ICA semakin berkembang menjadi  komunitas yang professional. Selain itu, ICA tidak lupa untuk menjadikan komunitas ini sebagai wadah kekeluargaan dalam menyalurkan hobi dan kreativitas.

Melalui komunitas ini, Alex juga mendapatkan banyak pengalaman baru di luar card flourish. Seperti pengalaman berkolaborasi dengan komunitas-komunitas lainnya. Sehingga memperluas koneksi dengan komunitas unik lainnya.

Tidak sekedar berkumpul untuk berbagi teknik memainkan kartu, komunitas ini ternyata memiliki anggota yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Prestasi – prestasi tersebut antara lain Juara Cardistry Death Match 2011-2012, Pemenang D&D Trailer Video Contest 2011 & 2012, dan Toys City Skill Toys Competition 2011.

Website: http://indocardist.com
Facebook: Indonesian Card Artists

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya