5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan di pagi hari yang ternyata berbahaya bagi kesehatan

oleh Sulung Lahitani diperbarui 26 Okt 2015, 07:18 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2015, 07:18 WIB
Mengapa Mengulet Perlu Dilakukan Saat Bangun Tidur?
Pemanasan Foto ilustrasi: bellamahayacarter.com

Citizen6, Jakarta Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas yang menyenangkan. Udara pagi yang sejuk dan menyegarkan membuat orang bersemangat dalam menjalani harinya. Mulai dari bekerja, olahraga, atau sekedar membersihkan rumah. Sebelum melakukan aktivitas tersebut, biasanya mereka akan terlebih dahulu melakukan kebiasaan-kebiasaan agar menambah mood dalam menghadapi hari.

Namun ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang justru tidak baik untuk kesehatan jika dilakukan pada pagi hari. Bahkan kebiasaan buruk tersebut justru dilakukan di dalam rumah baik setelah bangun tidur, setelah makan dan waktu lainnya. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui dampak buruk dari kebiasaan yang sering dilakukan. Lalu apa saja kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Mengecek Email Dan Online Messenger Segera Setelah Bangun

Gadget adalah benda elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari manusia pada saat ini. Bahkan ketika baru bangun tidur pun hal pertama yang dicari adalah gadget. Setelah bangun mereka akan memeriksa email dan online messenger yang masuk ke dalam ponselnya. Namun sebenarnya kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan kepanikan.

Terlebih lagi jika email yang masuk itu adalah tuntutan pekerjaan yang datang dari luar jam kerja, maka itu akan membuat mood rusak seharian. Orang tersebut akan mengawali harinya dengan perasaan negatif. Tidak hanya itu, masalah akan timbul ketika membalasnya dalam keadaan mengantuk karena berpotensi membuat kesalahan.

Ada baiknya ketika ingin membukan email atau layanan pesan lainnya, usahakanlah di waktu yang benar-benar membuat kita sadar sepenuhnya. Jangan memilih untuk membukanya ketika baru bangun tidur. Pilihlah waktu yang tepat, karena memiliki resiko stres yang lebih kecil dari pada harus membuka email dan pesan-pesan lainnya disembarang waktu.

2. Menunda Sesi Olahraga

Kebiasaan kedua yang sering dilakukan pada pagi hari adalah menunda sesi olahraga. Banyak orang yang ingin berolahraga, namun terus mengulur-ulur waktu pelaksanaannya. Hal ini tentu saja tidak baik, karena olahraga adalah salah satu cara membuat tubuh tampak bugar pada pagi hari. Jika memang enggan melakukan olahraga, ada baiknya mencari cari lain untuk tetap bergerak. Seperti berjalan kaki menuju halte bus.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya