Gandum dan Peradaban Dunia

Dari sejak memasuki era bercocok tanam, gandum menjadi makanan penting bagi peradaban-peradaban besar, dari Mesopotamia, Mesir hingga Romawi

oleh Mulyono Sri Hutomo diperbarui 26 Des 2015, 13:59 WIB
Diterbitkan 26 Des 2015, 13:59 WIB
Gandum dan Peradaban Dunia
Sejak manusia memasuki era bercocok tanam, gandum menjadi makanan penting bagi peradaban-peradaban besar. Dari Mesopotamia, Mesir hingga Romawi.

Citizen6, Jakarta Popularitas gandum meroket pada tahun terakhir ini. Beragam olahahan bahan makanan berbahan dasar gandum mulai dari mie instan sampai roti dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi, tak banyak yang tahu bahwa gandum memiliki sejarah puluhan ribu tahun dan menjadi salah satu kunci perkembangan sebuah peradaban manusia.

"Tanaman gandum muncul di kalangan para petani pertama dunia 10.000 tahun yang lalu," tulis Dr. Keneth F. Kiple dan Kriemhild Conee Oneals dalam buku The Cambridge World History of Food (2001). Cerita sesungguhnya tentang asal muasal tanaman itu telah hilang dan hanya menyisakan kisah-kisah tentang petani yang menerimanya dari para dewa atau roh-roh.

Simak bahasan tentang gandum selanjutnya disini.

(mh)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya