Tata Cara dan Doa Lengkap untuk Salat Malam Tahajud Paling Khusuk

Salat tahajud sebaiknya dikerjakan pada sepertiga malam.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 14 Feb 2019, 12:35 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2019, 12:35 WIB
Tata Cara dan Doa Lengkap untuk Salat Malam Tahajud
(sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Salat sunnah merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan agar dapat memperoleh kemuliaan dari Allah SWT. Salat sunnah akan menutupi kekurangan pada salat wajib.

Ada beberapa macam salat sunnah seperti salat wudhu, salat tahiyatul masjid, salat dhuha, salat rawatib, salat tahajud, salat istikharah, salat hajat, salat mutlaq, salat taubat, salat tasbih, salat tarawih, salat witir, salat hari raya, salat khusuf, dan salat istisqa.

Salah satu salat sunnah yang dapat dilakukan sehari-hari adalah salat sunnah tahajud. Salat tahajud merupakan salat yang dikerjakan pada malam hari. Salat ini dilakukan dalam kurun waktu setelah Isya dan sebelum masuk Subuh. Salat ini juga biasa disebut qiyamulail.

Salat tahajud merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Sayangnya, kebanyakan orang kurang melirik salat tahajud ini karena waktu pelaksanaannya di saat waktu beristirahat yaitu malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tata Cara Salat Tahajud

Dikutip dari Merdeka oleh Liputan6.com, Kamis (14/2/2019). Mengenai tata cara salat tahajud, salat sunnah ini dikerjakan 2 rakaat, 2 rakaat dengan jumlah rakaat tak terbatas.

Walaupun begitu menurut hadits HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan salat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat dengan witir). Jadi tak ada salahnya jika kita mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW.

Berikut tata cara salat tahajud dan bacaannya:

Setelah berwudhu, Sebelum mengerjakan salat tahajud, bacalah niat seperti berikut ini:

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa.

Artinya:

"Aku niat salat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."

Mengenai cara salat tahajud, tidak berbeda jauh dengan salat sunnah pada umumnya

Setelah salam, disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa salat tahajud.

 


Doa Usai Tahajud

Dalam riwayat Bukhari, Muslim, dan Abu Daud, ada doa yang biasanya kerap dilantunkan di bagian akhir. Doa itu berisi permintaan mendapat keselamatan dan kepasrahan.

Berikut doanya:

"Allahuma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta qayyimussamaawaati wal ardli wa man fihinna. Walakal hamdu Anta rabbussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta malikussamaawaati wal ardli. Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa'dukal haqqu, wa qaulukal haqqu, wa liqaa ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaru haqqun. Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa 'atu aqqun. Allahuma laka aslamtu. Wa 'alaika tawakkaltu, wabika aamantu, wa ilaika aanabtu, wabia khaashamtu. wa ilaika haakamtu. Faghfirlii maa qaddamu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu antal muqaddimu wa antal mu akhkhiru, laa ilaa ha illaa anta ilaihi laa ilaaha illa anta."

Artinya:

"Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya, bagi-mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu sehala puny, Engkau Tuha yang menguasai langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-Nya, bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (daru-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali, dengan pertolongan-Mu aku berdebat (dengan orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau."


Salat Witir Usai Tahajud

Jika Anda sudah selesai menjalankan salat sunnah tahajud dan tidak bermaksud mengerjakan salat sunnah lainnya, disarankan untuk mengerjakan salat witir.

Salat witir lazimnya dikerjakan dengan 3 rakaat. Namun jika kondisi fisik tidak memungkinkan, silakan jalankan salat witir 1 rakaat.

Niat salat witir 1 rakaat salam

Bagi Anda yang ingin mengerjakan salat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat salat yang bisa Anda hafalkan.

"Ushallii sunnatal witri rok 'atan (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa"

Artinya:

"Saya niat salat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa"

 

Niat salat witir 3 rakaat 1 kali salam

Berikut ini bacaan niat salat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa"

Artinya:

"Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa".

Setelah itu Anda dapat melaksanakan salat witir seperi salat pada umumnya sesuai degan jumlah rakaat yang diniatkan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya