5 Trik Mudah Hilangkan Rasa Pedas dalam Seketika

Bukan air es, ada beberapa cara ampuh yang bisa hilangkan rasa panas pada lidah usai makan pedas. Dikutip dari Fimela, berikut ulasannya.

oleh Camelia diperbarui 30 Jan 2020, 10:00 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2020, 10:00 WIB
Ilustrasi Makan Pedas
Ilustrasi makan pedas (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Menikmati makanan pedas menjadi hal yang digemari banyak orang. Makanan pedas diklaim bisa menggugah selera. Terlebih jika dihidangkan dalam keadaan hangat, banyak orang yang akan tergiur untuk menyantapnya.

Namun, tentunya lidahmu tak akan bisa terhindar dari rasa pedas dan sensasi terbakar usai menyantap makanan tersebut. Biasanya tak sedikit orang yang menyiasatinya dengan minum air dingin.

Tapi rupanya bukan air es, ada beberapa cara ampuh yang bisa hilangkan rasa panas pada lidah usai makan pedas. Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Susu

Air Susu Putih
Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)

Susu bisa menetralkan kandungan capsaicin pada cabai lantaran memiliki kandungan lemak dan protein yang disebut kasein. Kasein akan menghilangkan rasa pedas di lidah dan rongga mulut secara seketika yang diakibatkan oleh capsaicin.


2. Air Jeruk

Jus Jeruk Peras
Ilustrasi jus jeruk peras (Sumber: Pixabay)

Tahukah kamu bahwa kandungan vitamin C pada jeruk bisa meredakan rasa pedas. Jadi, setiap kali selesai makan makanan pedas, akan lebih baik minum jeruk hangat untuk meredakan rasa pedasnya.


3. Gula

Gula Pasir
Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)

Ambil sekiranya satu sendok makan gula dan hisaplah. Hisap gula hingga mencair sehingga rasa manisnya mengurangi rasa pedas dan terbakar di mulut akibat cabai.


4. Air Hangat

teh hangat
ilustrasi secangkir teh/Photo by Erfan Amiri on Unsplash

Memang lebih nikmat meminum air dingin saat sedang kepedasan. Namun, nyatanya air hangat mampu meredakan rasa pedas di lidah dengan lebih cepat. Terlebih lagi jika kamu minum air hangat yang manis, maka akan lebih cepat mempercepat menetralkan pedas.


5. Nasi

Nasi Putih
Ilustrasi Foto Nasi Putih (iStockphoto)

Cara terakhir, kamu bisa memanfaatkan sisa nasi di piring dan memakannya. Kandungan glukosa pada nasi bisa mengurangi rasa pedas dan terbakar di lidah dan rongga mulut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya