Ini 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Berikut ini daftar kota di dunia yang memiliki biaya hidup termahal.

oleh Henry diperbarui 30 Jul 2020, 20:03 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2020, 20:03 WIB
Victoria Peak
Pemandangan Kota Hongkong dari Victoria Peak (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus Corona membuat biaya hidup meningkat di beberapa tempat, terlebih dalam hal biaya kesehatan. Ternyata, hal ini juga memengaruhi daftar kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia untuk tahun 2020.

Pada daftar Cost of Living Survey yang dirilis Mercer, ada beberapa kota yang mengalamai kenaikan peringkat cukup drastis. Survei Biaya Hidup Mercer sendiri merupakan salah satu survei paling komprehensif di dunia.

Survei yang dilakukan di lebih dari 400 kota di seluruh dunia dan di tahun ini mencakup 209 kota di lima benua itu mengacu New York sebagai kota dasar untuk semua perbandingan dan pergerakan mata uang terhadap dolar AS. Menariknya, sejumlah kota di Asia menempati 10 daftar teratas survei tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Didominasi kota-kota di Asia

Ilustrasi Hongkong
10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal, Mana Saja?

Sejumlah hal yang jadi ukuran survei adalah biaya perumahan, makanan, pakaian, transportasi, perawatan pribadi, barang-barang rumah tangga, dan hiburan. Seperti dilansir dari CNN, hasilnya, kota-kota di Asia mendominasi 10 besar daftar kota dengan biaya hidup paling mahal sedunia itu. Ada enam kota di Asia yang masuk daftar tersebut.

Bukan New York yang menempati urutan pertama, tapi Hong Kong. Ini untuk kali ketiga berurutan, Hong Kong menempati posisi pertama. Kerusuhan sosial dan demontrasi politik sempat memicu runtuhnya mata uang sehingga mereka mengalami krisis ekonomi di tahun lalu.

Namun, Hong Kong juga dianggap tepat dan cepat saat melakukan lockdown saat pandemi mulai mewabah. Perekonomian mereka mampu bertahan dan terjaga, meski berbulan-bulan sebelumnya sering terjadi kerusuhan politik di kota itu.


Kota terbesar Turkmenistan naik peringkat

Ilustrasi negara Turkmenistan (AP/Alexander Vershinin)
Ilustrasi negara Turkmenistan (AP/Alexander Vershinin)

Yang mengejutkan adalah peringkat kedua yang ternyata ditempati Ashgabat, ibu kota sekaligus kota terbesar Turkmenistan. Selama setahun terakhir, Ashgabat telah menjadi pilihan dari imigran yang hendak tinggal di negara tersebut, dan menjadi impian bagi banyak orang lainnya.

Ashgabat disebut sebagai kota termahal untuk ditinggali, karena merupakan bagian dari negara di Asia yang kaya minyak, dan memegang rekor dunia untuk kota yang bangunan-bangunannya dihiasi dengan marmer putih, tentu ini menjadi daya tarik yang luar biasa.


Tokyo masih masuk 10 besar

Kota Tokyo
Ilustrasi Foto Kota Tokyo (iStockphoto)

Sementara, urutan ketiga dihuni kota di Asia lainnya yaitu Tokyo. Ibu kota Jepang ini memang sudah sejak lama punya biaya hidup sangat tinggi. Sementara, New York menempati urutan keenam.

Lalu bagaiamana dengan Indonesia? Jakarta berada di urutan ke-86, naik 19 peringkat dari tahun lalu. Tapi Jakarta jauh di bawah Singapura yang menempati peringkat kelima, Sementara Manila di urutan ke-80.


Daftar lengkap 10 besar

Street Parade Swiss
Pemandangan udara dari ratusan ribu peserta peserta menari di jalanan pada festival musik dansa tahunan, Street Parade ke-27, di pusat kota Zurich, Swiss, 11 Juli 2018. Tema Street Parade tahun ini adalah Budaya Toleransi. (Ennio Leanza/Keystone via AP)

Berikut daftar 10 besar kota dengan biaya hidup termahal di dunia 2020

1. Hong Kong

2. Ashgabat, Turkmenistan

3. Tokyo, Jepang

4. Zurich, Swiss

5. Singapura

6, New York, AS

7. Shanghai, China

8. Bern, Swiss

9. Jenewa, Swiss

10. Beijing, China.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya