3 Esports yang Resmi Menjadi Cabor Eksibisi di PON XX Papua

Esport pertama kali dipertandingkan pada pesta olahraga se-Indonesia

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Okt 2021, 12:04 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2021, 12:04 WIB
Banner PON XX Papua 2021
Banner PON XX Papua 2021 (Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Diantara 10 abang olahraga (Cabor), esports berkesempatan bereksibisi di Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua tahun 2021. 

Ini merupakan kali pertama Esports dipertandingkan pada pesta olahraga se-Indonesia. Pelaksanaan turnamen esports pada PON XX Papua 2021 resmi dimulai pada Selasa (21/09/21), yang berlangsung di lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. 

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mengakui esport sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia. Mengutip dari Indonesia.go.id, pemerintah Indonesia juga menyetujui Pengurus Besar esports Indonesia (PB ESI) sebagai badan resmi pemerintah yang menaungi esport sebagai olahraga prestasi di bawah KONI.

Kemudian Ketua Pelaksana Eksebisi PON XX Papua Glorya Famiella Ralahalo mengungkapkan terdapat tiga nomor pada cabang olahraga esport yang  dipertandingkan secara battle royal di Papua, dalam Eksebisi esport PON XX Papua.

Kemudian, Papua Glorya juga menambahkan, untuk pertandingan gim sepak bola eFootball PES akan dipertandingkan secara perorangan ataupun ganda pada console gim.

Berikut ini tiga cabang olahraga elektronik/gim esports yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Free Fire

Jadwal dan Live Streaming Vidio Community Cup Season 14 Free Fire Series 14, Jumat 1 Oktober 2021
Jadwal dan Live Streaming Vidio Community Cup Season 14 Free Fire Series 14, Jumat 1 Oktober 2021. (Sumber : dok. vidio.com)

Mengutip dari RRI, Rabu (13/10/2021), Garena Free Fire atau biasa disingkat FF merupakan permainan battle royale yang diterbitkan oleh garena untuk Android dan iOS.

Pada permainan ini seluruh pemain dikerahkan dengan pesawat dan wajib melakukan terjun bebas. Tiap pemain juga harus mencari senjata dan peralatan medis untuk bertarung melawan pemain.


2. Mobile Legends

ilustrasi main mobile legends
ilustrasi main mobile legends (Sumber Foto: Pexels)

Mobile Legends atau ML adalah sebuah permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dirancang untuk ponsel.

Pada permainan ini kedua tim lawan berjuang untuk menghancurkan musuh untuk mempertahankan basis mereka sendiri. 


3. eFootball PES 2021

eFootball PES 2021
eFootball PES 2021 (Sumber Foto: Konami.com)

eFootball PES 2021 tersedia di Playstore dan App Store yang merupakan versi update eFootball PES 2020 dengan konten yang lebih baru.

Dalam gim ini, Anda bisa bermain dengan tim-tim sepak bola papan atas Eropa yang berlisensi resmi.

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya