Kenali Pijat Titik Refleksi Tangan yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Ini beberapa panduan untuk titik-titik tekanan tangan yang akan membantu tubuhmu lebih baik.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 15 Nov 2021, 19:04 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2021, 19:04 WIB
Tangan Berkeringat
Ilustrasi Tangan Berkeringat Credit: pexels.com/Juan

Liputan6.com, Jakarta - Seni Jepang kuno Jin Shin Jyutsu percaya bahwa setiap masalah dalam tubuh manusia berakar pada ketegangan. Dan cara terbaik untuk menghilangkan ketegangan itu yakni dengan membersihkan jalur energi yang tersumbat melalui pijatan tangan. 

Menurut praktik ini, setiap jari terhubung ke organ dan emosi tertentu. Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah memberi tekanan dan memijat lembut jari dan tangan untuk merasakan kelegaan dari masalah tertentu.

Berikut beberapa panduan untuk titik-titik tekanan tangan yang akan membantu tubuhmu merasa lebih baik, seperti melansir dari Bright Side, Senin (15/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Lima jari

Tangan Berkeringat
Ilustrasi Tangan/https://www.shutterstock.com/leungchopan

 

Secara umum, ini adalah organ yang terhubung dengan setiap jari.

  • Jempol: Terhubung ke perut dan limpa, yang bisa membantu masalah pencernaan dan sakit kepala. Ini juga bisa membantu masalah pencernaan dan depresi.
  • Jari tengah: Terhubung dengan kantong empedu dan hati. Ini bisa mengatasi kelelahan, ketegangan mata dan batuk kering. Itu juga bisa membantu kita dengan kemarahan, keraguan dan ketidakstabilan.
  • Jari manis: Terhubung dengan hati dan usus besar yang bisa membantu bernapas dan melepaskan sesuatu. Itu juga bisa membantu kita dengan kesedihan, negativitas dan kurangnya akal sehat.
  • Kelingking: Terhubung ke jantung dan usus kecil yang membantu mengatasi sakit tenggorokan dan menenangkan saraf. Secara mental itu bisa membantu kita dengan rasa tidak aman dan kebingungan.
  • Telunjuk: Terhubung ke kandung kemih dan ginjal. Ini bisa membantu dengan sakit punggung dan sakit gigi serta dengan rasa frustasi, ketakutan dan ketidaknyaman.

  

 


2. Ujung setiap jari

Ilustrasi jari L (Liputan6.com/istimewa)
Ilustrasi jari L (Liputan6.com/istimewa)

Juga dikenal sebagai dispersi yang memberikan tekanan pada lima ujung jari yang membantumu mengatasi gejala flu biasa, seperti demam dan sakit tenggorokan. 

Ibu jari terhubung ke diafragma, telunjuk dan jari tengahmu ke kepala. Sementara jari manis ke telinga dan kelingking ke solar plexus.

Yang bisa Anda lakukan adalah mencubit ujung setiap jari selama sekitar 20 detik setiap kali. Diyakini beberapa praktisi bahwa metode ini bisa membantu epilepsi bahkan koma.


3. Empat sendi

Ilustrasi punggung telapak tangan, dengan jari manis lebih tinggi dari jari telunjuk (Liputan6.com / Teddy S.)
Ilustrasi punggung telapak tangan, dengan jari manis lebih tinggi dari jari telunjuk (Liputan6.com / Teddy S.)

Empat titik tekanan ini terletak di antara ibu jari ke-2 dan ke-3 dan terhubung dengan mata dan telinga. Mata lelah, nyeri pada mata, telinga berdenging dan nyeri telinga bisa diredakan dengan memijat area jari tersebut. 

Penggemar akupresur percaya bahwa titik-titik ini bisa membantu masalah pencernaan, terutama untuk anak-anak.


4. Titik pangkal ibu jari

Selama Dikeringkan, Gunakan Jari Untuk Menyisir
Ilustrasi Jari Credit: pexels.com/Valeria

Ini adalah titik yang terletak tepat di bagian bawah ibu jari tepat saat Anda mencapai lipatan pergelangan tangan. 

Dengan memberikan tekanan pada titik ini, Anda bisa membantu tubuhmu mengatasi maslaah pernapasan. Dipercaya juga bahwa poin ini bisa membantumu bahagia dengan mengatur emosimu.


5. Usus kecil

Ilustrasi punggung telapak tangan, dengan jari manis memiliki tinggi yang sama dengan jari telunjuk (Liputan6.com / Teddy S.)
Ilustrasi punggung telapak tangan, dengan jari manis memiliki tinggi yang sama dengan jari telunjuk (Liputan6.com / Teddy S.)

Titik yang sangat berguna ini bisa ditemukan tepat di ujung kelingkung dan di atas lipatan terbesar telapak tanganmu. 

Jika ditekan dengan kuat bisa membantu mengatasi berbagai jenis rasa sakit, seperti sakit telinga, kepala dan leher. Ini juga merupakan titik yang menyeimbangkan energi antara kandung kemih dan hati. Selain itu, ini juga bisa membantumu menjadi lebih tegas, mandiri, kuat dan sabar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya