Resep Dendeng Sapi Balado, Pedas dan Nikmat untuk Disantap

Bagi Anda yang ingin coba membuatnya di rumah, berikut resep dendeng sapi balado yang empuk dan lezat.

oleh Camelia diperbarui 30 Mar 2024, 10:11 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2022, 16:29 WIB
Dendeng balado
Dendeng balado. (Foto: resepdendengbalado.com)

Liputan6.com, Jakarta Daging sapi menjadi salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi di musim kurban seperti ini, konsumsi daging sapi tentu meningkat.Daging sapi sendiri mengandung protein dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam tiga ons daging sapi mengandung seng, fosfor, protein, vitamin B kompleks (vitamin B6, riboflavin, vitamin B12, dan niacin). Daging sapi juga bisa dijadikan menu makanan sehat untuk diet.

Salah satu menu olahan yang bisa dibuat dari daging sapi ialah dendeng sapi. Dendeng merupakan salah satu jenis olahan daging sapi yang dibuat dengan cara dikeringkan. Beberapa resep dendeng yang mengharuskan daging untuk dijemur. Meski begitu, ada juga resep di mana daging cukup diiris tipis dan digoreng saja. Cara membuat dendeng sapi tak begitu suli, meski begitu ada banyak bahan yang perlu dipersiapkan. Bagi Anda yang ingin coba membuatnya di rumah, berikut resep dendeng sapi balado yang empuk dan lezat.

Bahan utama:

1 kg daging sapi

1500 ml air matang

Minyak goreng

Bahan yang dihaluskan:

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1 ruas jahe

1 sdm garam

Bahan merebus daging:

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

1 batang serai, geprek

3 sdm air asam jawa

Bumbu sambal balado:

15 buah cabai merah besar

10 siung bawang merah

3 lembar daun jeruk

2 sdm air jeruk nipis

1 sdt garam

1/2 sdt gula pasir

200 ml minyak goreng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langkah-langkah membuat resep dendeng sapi balado

daging segar
Ilustrasi daging segar/copyright freepik.com/mdjaff
  1. Lumuri daging dengan garam dan bumbu untuk merendam. Diamkan selama 30 menit sebelum direbus.
  2. Selanjutnya siapkan panci untuk merebus daging, bisa menggunakan panci presto. Masukan air, daging bersama bumbu perendamnya, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, dan garam. Rebus daging selama 30 menit atau sampai daging empuk.
  3. Lalu setelah daging empuk, angkat dan tiriskan. Dinginkan daging sebentar, lalu potong-potong dan pukul sedikit agar daging lebih pipih. 
  4. Panaskan minyak cukup banyak untuk menggoreng daging. Goreng daging sebentar saja. Balik sekali saja di setiap sisinya. Kemudian angkat dan tiriskan. 
  5. Selanjutnya ialah membuat sambal balado. Caranya dengan ulek kasar cabai merah besar, garam, dan bawang merah. Siapkan pula jeruk nipis dan daun jeruk.
  6. Panaskan minyak goreng, masukan cabai dan bawang yang sudah diulek dengan daun jeruk. Masak hingga cabai layu dan harum. Setelah itu masukan garam dan air jeruk nipis. Masak hingga sambal balado matang.
  7. Masukkan daging yang sudah digoreng ke dalam sambal balado lalu diaduk sedikit demi sedikit hingga bumbu meresap ke daging. Dendeng balado siap dihidangkan.

Perhatikan 4 Hal Ini untuk Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Warna Daging Sapi Asli Lebih Pekat
Ilustrasi Daging Sapi Asli Credit: freepik.com

Saat hari Idul Adha, tak jarang usai pemotongan daging sapi dan kambing dibagikan dalam kemasan besek maupun plastik yang sama. Alhasil, banyak yang bingung dalam membedakan daging sapi dan kambing.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan guna membedakan daging yang diterima seperti saat hari Idul Adha seperti hari ini. Mulai dari aroma, lemak, warna, tekstur dan serat. Berikut empat hal yang bisa membantu membedakan daging sapi atau kambing seperti dikemukakan aplikasi resep makanan Cookpad berikut:

Aroma

Seperti Anda tahu, daging kambing mempunyai aroma yang khas dan cenderung kuat, atau yang biasa disebut prengus. Hal berbeda dengan daging sapi yang cenderung memiliki aroma tidak mencolok dan tidak terlalu amis.

Tekstur dan serat

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga tekstur lebih kasar dan ketika dipegang terasa lebih empuk. Sementara, daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang, ketika dipegang pun terasa lebih kenyal dan halus.

Lemak

Daging sapi juga mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

Warna

Sama-sama merah tapi kedua daging ini mempunyai warna yang berbeda. Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan. Tentunya, saat dimasak rasa kedua daging juga berbeda. Daging kambing mempunyai rasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih daging kambing dipengaruhi oleh aromanya mengutip Antara. 

Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya