Lagu Stray Kids Ini Bisa Atasi Masalah HP yang Kemasukan Air

Mengeluarkan air dari speaker gadget dengan memutar lagu Stray Kids yang berjudul "MIROH", benar bisa?

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 14 Okt 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2022, 21:00 WIB
Port Charger and Speaker Phone
Port Charger and Speaker Phone (Photo by Yang Deng on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Gadget atau handphone (telepon genggam) yang kemasukan air adalah situasi yang perlu diatasi tanpa rasa panik. Sebab, perasaan panik memungkinkan seseorang mengambil keputusan secara gegabah untuk mengeluarkannya.

Memasukkan gadget ke tempat beras, misalnya. Hal ini menjadi jalan keluar yang paling sering diambil pengguna dan malah membuat keadaan handphone atau HP semakin memburuk.

Ini disebabkan ada partikel-partikel debu dari beras yang bisa saja masuk ke port perangkat dan membuatnya tersumbat. Jika kita ini sudah terjadi, kemungkinan masalah yang dialami perangkat akan bertambah.

Meskipun ada beberapa smartphone yang memiliki sertifikat tahan air, tidak membuat perangkat tersebut sepenuhnya aman kalau kemasukan air. Apalagi ketika perangkat terendam cukup lama atau terkena tekanan arus air yang kuat.

Melansir https://www.tomsguide.com/how-to/how-to-get-water-out-of-your-phone, langkah yang dapat dilakukan ketika perangkat kemasukan air adalah menghubungi atau pergi ke pusat layanan smartphone. Sebelum itu, matikan smartphone dan jangan isi daya baterai ponsel.

Hal ini dilakukan untuk menghindari aliran listrik di dalam perangkat yang basah. Setelah mematikannya, tinggalkan perangkat selama setidaknya 48 jam atau sekitar dua hari, sampai kering dengan sendirinya.

Kita juga bisa mulai dengan mengeringkan bagian eksternal yang dapat dijangkau, seperti layar ponsel dan bagian luar port charger.

Gunakan bahan kain mikrofiber untuk mengelap air dari layar dan hati-hati ketika membersihkan bagian port dan speaker. Usahakan untuk tidak menggoyangkan ponsel untuk menghindari pergerakan air di dalam HP.

Berikut cara-cara singkat bagaimana mengeluarkan jika gadget atau handphone (HP) kamu kemasukan air:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertolongan Pertama saat HP Kemasukan Air

Port Charger and Speaker Phone
Port Charger and Speaker Phone (Photo by Yang Deng on Unsplash)

Penggunaan beras tidak disarankan sebagai cara mengeringkan air dari smartphone. Setelah memastikan smartphone sudah dalam keadaan mati, lepas seluruh bagian smartphone yang bisa dilepas.

Selanjutnya, jangan tekan tombol smartphone karena bisa menyebabkan air menyelip masuk ke bagian-bagian lainnya. Jika baterai ponsel dapat dilepas, lepas baterai dan kartu SIM dari ponsel.

Pengguna disarankan untuk membiarkan ponsel di tempat terbuka agar lekas kering. Namun, tidak disarankan untuk menjemur ponsel di bawah sinar matahari. Hal ini mungkin akan dilakukan mengetahui air di dalam perangkat akan cepat menguap dan mengering.

Akan tetapi, cara ini justru akan merusak komponen ponsel. Hindari pula penggunaan hair dryer untuk mengeringkan air, karena pengering rambut juga menghasilkan panas yang memiliki pengaruh yang sama terhadap sinar matahari.

Setelah membiarkan air kering dengan sendirinya, kita memeriksa keadaan smartphone dan menyalakannya. Jika merasa khawatir dengan keadaan perangkat dan tidak mengetahui cara menanganinya, sangat disarankan untuk pergi ke pusat pelayanan ponsel untuk penanganan lebih lanjut.


Memutar Lagu MIROH dari Stray Kids

MIROH TEASER IMAGE
MIROH TEASER IMAGE (Twitter: @Stray_Kids)

Ada cara menarik yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan air dari speaker smartphone. Cara tersebut adalah dengan memutar lagu Stray Kids yang berjudul "MIROH", tapi apa benar bisa?

Cara ini sempat ramai diperbincangkan di media sosial, ketika ada pengguna smartphone yang perangkatnya kemasukan air.

Air yang terjebak di dalam speaker membuat suara ponsel terdengar kedap dan kecil. Persis seperti ada air yang menghalangi keluarnya suara.

Kita bisa mencoba dengan memosisikan ponsel dengan posisi vertikal atau menghadapkan bagian speaker ke bawah. Letakkan tisu di bawah ponsel untuk menyerap air yang keluar.

Lagi, jangan goyangkan perangkat untuk menghindari air masuk lebih dalam. Nyalakan ponsel yang sebelumnya sudah didiamkan selama 48 jam. Jika masih ada air yang menumbat speaker, kita bisa mencoba mengeluarkannya dengan menggetarkan ponsel.

Getaran ini bukan dilakukan secara manual, melainkan dengan cara memainkan lagu.

Beberapa orang di media sosial menunjukkan bagaimana Lagu "MIROH" dari Stray Kids, membantu mereka mengeluarkan air dari smartphone mereka.

Kita dapat memainkan lagu dari platform musik yang tersedia atau YouTube. Setelah itu, besarkan volume lagu sampai ponsel bergetar karena irama lagu.

Melalui unggahan Twitter dari akun @AlbertEinsang menulis ucapan terima kasih setelah memutar lagu tersebut dan berhasil mengeluarkan air dari speaker ponselnya.

Beberapa pengguna lain pun membuktikannya melalui unggahan video ketika memainkan lagu "MIROH" dan air perlahan keluar dari speaker.


Terkenal Berisik, Lagu-Lagu Stray Kids Bisa Dipakai Sebagai Alarm

Stray Kids DOMINO on Inkigayo
Stray Kids DOMINO on Inkigayo (Twitter: @Stray_Kids)

Penggunaan lagu "MIROH" untuk mengeluarkan air dari speaker disebabkan lagunya yang terkesan keras. Oleh sebab ini, beberapa lagu produksi Bang Chan, Changbin, dan HAN ini juga bisa berfungsi sebagai alarm.

Beberapa judul lagu tersebut di antaranya adalah "God's Menu", "ALL IN", "DOMINO", dan "CHEESE". "God's Menu" dirilis di 2020 dan menjadi lagu yang paling banyak dikenali bahkan dari kalangan yang bukan penggemar.

Sementara itu, lagu "ALL IN" yang dirilis di tahun yang sama merupakan single comeback Jepang pertama yang dirilis oleh Stray Kids. Untuk "DOMINO" dan "CHEESE" merupakan lagu yang dirilis dalam album NOEASY.

Judul-judul lagu tersebut memiliki opening yang menggelegar dan keras sehingga cocok untuk digunakan untuk mengatasi air yang masuk ke speaker atau sebagai alarm bangun tidur.

Infografis: Sumber Air Jakarta Bermasalah (Liputan6.com / Triyasni)
Infografis: Sumber Air Jakarta Bermasalah (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya