Trainee Idol Kpop Latihan hingga 9 Jam Tiap Hari, Kamu Sanggup?

Berikut jadwal latihan harian trainee idol Kpop, bisa latihan hingga 9 jam per hari.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 03 Nov 2022, 17:15 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2022, 17:15 WIB
Bang Chan Stray Kids & Soobin TXT
Bang Chan Stray Kids & Soobin TXT (Twitter)

Liputan6.com, Jakarta - Kpop adalah salah satu industri musik yang paling diminati saat ini, khususnya oleh anak muda. Kpop kini sangat mendunia dan banyak di antara musisi Kpop yang mengukir prestasi dan sejarah baru.

Mengutip dari laman Otakuart, Selasa (3/11/2022) selain menampilkan visual, Kpop memberikan kualitas musik dan stage presence yang luar biasa. Tidak mengherankan jika para trainee idol Korea melalui banyak sekali kesulitan untuk mencapai impian mereka menjadi seorang idola.

Kesulitan yang mereka hadapi selama masa trainee mereka bisa menakutkan bagi siapa saja yang berada di sisi lain dunia Kpop.

Sekadar informasi, jadwal harian mereka dikemas dengan banyak agenda dan banyak kelas. Kegiatannya mulai dari belajar vokal, rap, dance, kelas bahasa, dan belajar main alat musik.

Seorang trainee Kpop memiliki jadwal yang sangat ketat dan harus bertahan setiap harinya. Konsentrasi, tekad, dan kasih sayang adalah elemen penting yang berkontribusi pada pembangunan karier impian mereka.

Apalagi, para trainee idol Kpop ini hidup di bawah pengawasan ketat, di mana setiap aktivitas mereka berada selalu dipantau dan hal tersebut tentu sangat melelahkan. 

Terlebih lagi, para trainee Kpop ini dikontrol oleh agensi masing-masing dalam setiap aspek tertentu dari kehidupan mereka. Makanya, tidak semua orang bisa tahan dengan masa pembinaan ini. Tidak mengherankan, tumbuh sebagai idol Kpop bukanlah hal yang mudah.

Meskipun para trainee telah debut menjadi seorang idola, mereka tetap akan mendapatkan pengawasan yang ketat, latihan yang serius bahkan seorang idol Kpop mendapatkan tekanan yang lebih besar.

Penasaran seperti apa saja jadwal para trainee idol Kpop? Yuk simak di page berikutnya:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendidikan Tetap Penting

Ilustrasi latihan squat
Ilustrasi latihan squat. (dok. Happyveganfit/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Jadwal pagi seorang trainee Kpop dimulai dengan sebagian besar dari mereka pergi ke sekolah. Karena sebagian besar trainee Kpop adalah pelajar usia muda, bersekolah adalah suatu keharusan bagi mereka.

Para trainee bangun lebih awal untuk melakukan latihan rutin lebih awal untuk menjaga kebugaran mereka yang dilanjutkan dengan menyantap sarapan bergizi.

Biasanya mereka bangun pukul 4 pagi dan melakukan latihan 2-3 jam sebelum memulai aktivitas mereka di sekolah.

Kehidupan sekolah mereka cukup mirip dengan siswa biasa di sana, satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka memiliki lebih dari satu tanggung jawab di pundak mereka.

Pada akhirnya, menyeimbangkan antara kehidupan akademis dan kehidupan trainee mereka adalah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan.


Tak Boleh Pegang Smartphone saat Latihan

[Fimela] Latihan HIIT
Ilustrasi latihan HIIT | unsplash.com

Kembali dari sekolah dan tidak memiliki waktu untuk beristirahat terdengar menyakitkan, tetapi itulah kenyataan pahit dari seluruh sistem trainee Kpop.

Tepat setelah kembali ke asrama mereka, semua trainee masuk ke ruang latihan. Ponsel mereka diserahkan kepada manajer mereka dan kemudian memulai jadwal latihan mereka yang sibuk dan panjang.

Di sana mereka diberi pelajaran tentang vokal dan metode tarian mereka. Sederhananya, setiap hari, mereka bisa saja sedikit meningkat dan juga sedikit menurun.

Ini semua tentang motivasi dan energi dan mengikuti hal yang sama setiap harinya dalam waktu yang tidak ditentukan.

Tidak ada keraguan bahwa ruang latihan telah menjadi rumah kedua bagi para trainee Kpop. Mereka berlatih di sana selama berjam-jam untuk menyempurnakan gerakan tarian dan vokal mereka.

Latihan ini tidak hanya dengan koreografer atau mentor vokal mereka, tetapi juga dengan diri mereka sendiri. 


Latihan yang dilakukan

Menari
Ilustrasi Menari di Rumah (sumber: unsplash)

Pelajaran Vokal

Pelajaran vokal eksklusif diberikan setelah makan malam mereka. Bukanlah fakta tersembunyi bahwa setiap idola perlu memiliki gaya vokal yang kuat sehingga mereka dapat melakukan segala jenis genre ketika bernyanyi.

Mendapatkan gaya vokal yang beragam membutuhkan kerja keras berhari-hari. Oleh karena itu, pelajaran yang diberikan oleh mentor vokal khusus ini merupakan hal yang wajib bagi semua trainee Kpop.

Latihan Menari

Menyempurnakan gerakan tarian seseorang membutuhkan banyak usaha. Berlatih siang dan malam di depan cermin di ruang latihan, para trainee melakukan yang terbaik untuk mengontrol dan menggerakkan tubuh mereka sesuai musik.

Oleh karena itu, koreografer profesional melatih para peserta trainee dengan pelajaran terbaik, karena penampilan di atas panggung sangat menentukan sebagian besar karier mereka sebagai seorang idola.

Pelajaran Bahasa

Selesai dengan pelajaran menari dan vokal, mereka mendapatkan pelajaran bahasa. Ini adalah salah satu pelajaran penting yang diberikan kepada trainee karena mereka harus berinteraksi dengan penggemar dari semua negara setelah debut resmi mereka sebagai idola.

Trainee Korea Selatan dilatih dalam beberapa bahasa internasional seperti bahasa Inggris, Cina, dan Jepang. Sementara trainee dari luar negeri diajari bahasa Korea hingga mereka benar-benar lancar.

Secara keseluruhan, perusahaan hiburan melakukan yang terbaik untuk membuat trainee menjadi yang terbaik. Hal ini mengingat persaingan yang ketat di industri musik Korea Selatan, sehingga menjadi sempurna dalam setiap aspek yang mungkin adalah kebutuhan mutlak.

 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya