Simak 8 Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

Beberapa jenis tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari.

oleh Azizah Savira diperbarui 16 Des 2022, 06:30 WIB
Diterbitkan 16 Des 2022, 06:30 WIB
Ilustrasi Sukulen
Ilustrasi sukulen. (dok. Unsplash.com/@angelekamp)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang banyak diincar-incar oleh masyarakat. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya demi mendapatkan tanaman hias yang diinginkan.

Memiliki warna yang cantik, bermotif menarik, serta ukurannya yang cenderung kecil membuat tanaman hias ini dapat dipilih untuk menghiasi rumah ataupun ruangan.

Beberapa tanaman hias pun ada yang bisa digantung di teras atau diletakkan di meja kecil sebagai hiasan meja. Dengan adanya tanaman hias rumah pun terlihat lebih indah.

Namun, dalam merawat tanaman hias tidak boleh sembarangan karena kamu harus memperhatikan pemupukan, keadaan tanahnya, hingga disiram secara teratur agar tumbuh sempurna.

Terkadang jika kita memiliki kesibukan, kita lupa untuk menyiram tanaman secara teratur. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari.

Berikut daftanyar seperti dikutip dari House Beautiful pada Kamis, 15 Desember 2022.

1. Sukulen tasbih

Sudah bukan rahasia lagi jika tanaman jenis sukulen tidak membutuhkan air terlalu banyak. Justru sukulen yang terlalu sering disiram akan membuat akarnya cepat membusuk. Oleh sebab itu, sukulen tasbih sangat cocok buat kamu yang sering lupa merawat tanaman.

Tanaman jenis sukulen cenderung memiliki daun tebal yang berfungsi menyimpan cadangan air selama tiga hingga empat minggu.

Selain itu, sukulen juga menyukai udara yang kering dengan tanah tidak terlalu basah. Kamu cukup menyemprot sukulen tasbih dengan air secukupnya sebanyak satu atau dua kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pohon Daun Dollar dan Bougenville

Bougenville
Bougenville (sumber: Pixabay)

2. Pohon daun dollar

Pohon daun dollar atau zamioculcas zamiifolia (ZZ) sempat menjadi buruan pencinta tanaman selama 2020. Selain untuk memperindah dekorasi ruangan, tanaman ini juga dipercaya membawa hoki bagi pemiliknya.

Tanaman dengan daun berbentuk oval ini bisa tumbuh di tempat yang minim cahaya dan air. Bahkan, pohon daun dollar lebih menyukai tanah yang kering dan tidak terlalu lembap.

Siramlah tanaman ZZ ketika tanah di dalam pot sudah mengering. Kamu bisa menyiramnya satu kali dalam sebulan.

3. Bougenville

Tanaman hias ini termasuk yang tidak perlu disiram setiap hari. Bougenville memiliki bunga berwarna cerah yang akan membuat perkarangan rumah menjadi lebih indah.

Saat ini sudah banyak orang yang membuat bonsai Bougenville dalam pot, sehingga Bougenville ini dapat diletakkan di dalam ruangan juga.

Meskipun tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari, kamu harus menyiram bunga Bougenville yang baru saja tumbuh agar akarnya kuat.

Jika akarnya sudah kuat, kamu bisa menyiramnya kembali setelah tanahnya mengering. Sebaiknya hindari penyiraman tanaman ini jika tanahnya masih basah karena akarnya bisa cepat busuk.


Begonia, Kamboja Jepang dan Lidah buaya

Menanam
Ilustrasi Begonia. (Pixabay.com/MARJON BESTEMAN)

4. Begonia

Tanaman ini memiliki ciri khas daun lebar berwarna kontras yang mampu memberikan sentuhan segar pada ruangan. Tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari ini cocok sekali diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai penambah dekorasi.

Begonia termasuk tanaman yang bisa bertahan hidup dalam kondisi minim air. Bahkan kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman ini sensitif terhadap air yang berlebih.

Siram kembali Begonia ini ketika daunnya sudah sedikit layu dan berikan air secukupnya saja.

5. Bunga Kamboja Jepang

Kamboja Jepang atau adenium merupakan tanaman hias dengan batang yang besar dan bagian bawahnya menyerupai umbi. Bunga ini juga disebut mawar padang pasir karena berasal dari daerah kering.

Kamboja Jepang ini akan tumbuh dengan baik pada kondisi kering maka dari itu menjadi salah satu tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari.

6. Lidah buaya

Satu lagi tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari adalah lidah buaya. Selain mempercantik dekorasi ruangan, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja untuk menyembuhkan luka bakar, kesehatan kulit, dan lainnya.

Sama halnya dengan sukulen tasbih, cara merawat lidah buaya pun cenderung mudah. Kamu tidak perlu terlalu sering menyiram lidah buaya karena sifatnya yang tahan udara panas dan tanah kering. 

Cukup untuk menyiram satu kali dalam 2-3 minggu saja.


Sirih Gading dan Lili Paris

6. Golden Pothos (sirih gading)
6. Golden Pothos (sirih gading). Foto: WittyFeed

7. Sirih gading

Buat kamu yang masih belajar berkebun, sirih gading atau devil’s ivy bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, nih, sirih gading sangat mudah dirawat tanpa perlu disiram setiap hari. Tanaman ini juga bisa hidup dengan cahaya matahari sedikit dan di tanah yang kering.

Berkat perawatannya yang mudah, sirih gading sangat cocok diletakkan di dalam ruangan kerja atau kamar tidur. Untuk merawatnya, cukup dengan menyiram sirih gading dua atau tiga hari sekali pada pagi hari agar tanah tidak terlalu lembap. Tanah yang lembap bisa membuat akar sirih gading membusuk, tuh.

8. Lili paris

Lili paris juga jenis tanaman yang nggak perlu disiram terlalu sering. Tanaman dengan nama latin chlorophytum comosum ini juga berfungsi untuk menjernihkan udara di dalam ruangan. Jadinya, tidak cuma cantik sebagai dekorasi tapi juga bagus untuk kesehatan.

Untuk merawat lili paris, cukup dengan meletakkannya di tempat sinar matahari langsung dan siram satu kali seminggu. Namun, kamu perlu memperhatikan kondisi tanahnya juga, ya. Jika tanah sudah mengeras, segeralah ganti dengan tanah yang baru.

 

Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit
Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya