Mengenang Kisah Legendaris Sepak Bola Pele yang Sederhana dan Penuh Cinta

Mengenang kisah kehidupan legendaris sepak bola, Pele yang sederhana dan penuh cinta.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 30 Des 2022, 11:20 WIB
Diterbitkan 30 Des 2022, 11:20 WIB
Pele
Pele. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Dunia mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu pesepak bola terhebat yang pernah ada. Legenda sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia di usianya yang ke-82 tahun pada hari Jumat (30/12/2022) dini hari, di Rumah Sakit Albert Einstein, San Paolo, Brasil. Kabar duka ini disampaikan putri Pele, Kely Nascimento.

Kely menyampaikan berita kematian ayahnya di Instagram. Dia mengunggah gambar yang tampak seperti tangan keluarga yang sedang beristirahat di tubuhnya di ranjang rumah sakit.

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dengan damai hari ini," demikian pernyataan di akun Instagram resminya.

Pele yang memiliki nama asli, Edson Arantes do Nascimento adalah salah satu pesepak bola terhebat yang pernah ada di dunia. Lahir di negara bagian Minas Gerais pada tahun 1940, keluarga Pelé pindah ke kota terdekat bernama Bauru untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Dikutip dari Al Jazeera, Jum’at (30/12/2022), Pele tumbuh dalam kemiskinan dan orangtuanya bahkan tidak mampu membeli bola. Sebuah kaus kaki tua yang diisi dengan koran adalah "bola" pertama yang ditendang oleh kaki ajaibnya, tetapi itu sudah cukup baginya untuk jatuh cinta pada permainan dan bagi orang-orang untuk mulai memperhatikan bahwa ia berbeda.

Ketika Pele berusia 15 tahun, seorang pelatih lokal, Waldemar de Brito, membawanya bermain untuk klub sepak bola Santos. Setibanya di kota yang memiliki nama yang sama dengan klub tersebut, Brito mengatakan kepada pelatih, bahwa "anak ini akan menjadi yang terbaik di dunia."

Dalam hitungan menit, sang pelatih terkesan dengan Pele dan langsung mengontraknya. Ini terjadi pada tahun 1956. Dua tahun kemudian, Pele akan berada di Swedia, menjadi ujung tombak Brasil untuk meraih gelar Piala Dunia, yang pertama dari enam gelar yang diraih tim. Ia mencetak dua gol di final melawan Swedia dan saat itu dia masih berusia 17 tahun.


Keterampilan dan Kesederhanaan Pele

Foto: Ini Dia 5 Pesepak Bola dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Piala Dunia Sepanjang Masa, Messi Sendirian di Puncak
Pele. Legenda sepak bola Brasil bernama asli Edson Arantes do Nascimento yang tampil dalam 4 edisi Piala Dunia mulai edisi 1958 hingga 1970 ini total berkontribusi dalam 20 gol, dengan rincian mencetak 12 gol dan 8 assist dari 14 laga. Torehannya tersebut mampu membawa Brasil tiga kali meraih trofi Piala Dunia pada edisi 1958, 1962 dan 1970. (AFP)

Pele terkenal mudah bergaul, baik hati, menyenangkan, dan teman yang dapat diandalkan. "Pele selalu menjadi pria yang sangat baik. Kami akan menghabiskan begitu banyak waktu untuk berbicara. Dia tidak memiliki sikap bintang," kata Didi, 84 tahun, salah satu teman tertua Pele dan tukang cukurnya selama 55 tahun.

"Saya mengatakan kepada cucu-cucu saya bahwa saya memiliki satu klien yang lebih terkenal daripada orang lain. Ini adalah pria yang lebih dikenal di seluruh dunia daripada Coca Cola. Jadi saya merasa bangga akan hal itu dan sangat jarang seseorang memiliki klien seperti ini," ungkap Didi.

Pele memiliki cara tertentu dalam berbicara bahasa Portugis, sesuatu yang ia jadikan sebagai ciri khasnya. Ia selalu menyelesaikan kalimatnya dengan "entende?" yang berarti "mengerti?". 

Selain keterampilan dan karisma, mistisisme tertentu selalu mengelilingi karakter Raja Sepak Bola ini. Pele berasal dari kota bernama Três Corações, yang diterjemahkan menjadi Tiga Hati.

Salah satu dari sekian banyak kutipannya yang terkenal, yang dibuat pada pertandingan terakhirnya pada tahun 1977 di New York, adalah menghormati anak-anak dan dengan bahasa Inggrisnya yang terbatas, ia hanya mengatakan "love, love, love."

Di lapangan, Pele menjadi selebriti instan setelah menjuarai Piala Dunia 1958. Sekembalinya ke Brasil, ia membantu Santos membangun dinasti, memenangkan 25 gelar pada tahun 1960-an. Meskipun terkenal di dunia, Pelé tetap menjalani kehidupan yang sederhana di Santos. Dia akan berbagi wisma dengan pemain lain dan bersepeda berkeliling kota.

"Bayarannya sangat buruk tetapi dia melakukannya karena kecintaannya pada permainan dan kami bersenang-senang," kata Carlos "Lala", 86, seorang penjaga gawang dan mantan rekan setim Pele di Santos.

 


Pemain Pertama yang Mencetak 1.000 Gol

Pele Pemain Timnas Brasil Piala Dunia 1958
Pele Pemain Timnas Brasil Piala Dunia 1958 (Sumber: SBS)

Meskipun merupakan negara yang sangat beragam secara etnis, Brasil jarang diwakili oleh orang-orang kulit berwarna. Jadi, memiliki seseorang berkulit hitam sebagai selebriti dan bintang terbesarnya memiliki dampak budaya pada negara tersebut. 

Selain menjadi pesepakbola terbaik dunia, Pele juga merambah ke dunia pertunjukan. Sebagai pencinta musik, ia merekam album dengan penyanyi legendaris Brasil, Elis Regina dan berakting dalam beberapa film, menjadikannya seorang bintang pop juga.

Pada tahun 1962, Brasil memenangkan Piala Dunia kedua berturut-turut dengan Pele yang cedera. Pada tahun 1970, pada Piala Dunia pertama yang disiarkan dalam warna. Tim yang beranggotakan Clodoaldo, Rivelino dan Tostão, menampilkan salah satu penampilan Piala Dunia yang paling terkenal dalam sejarah.

Di final, kemenangan 4-1 atas Italia, Pele mencetak gol sundulan, yang menurut beberapa orang, ia berhasil melakukannya dengan membeku di udara. Ia merayakan gol tersebut dengan cara khasnya, melompat dan meninju udara.

"Saya mengatakan pada diri saya sendiri sebelum pertandingan bahwa Pele terbuat dari kulit dan tulang seperti orang lain. Tapi saya salah," kata Tarciso Burnigch, pemain belakang Italia yang ditunjuk untuk mengawal Pele di final.

Itu adalah gol ke-12 dan terakhir Pele di Piala Dunia. Pada tahun 1969, ia telah menjadi pemain pertama yang mencetak 1.000 gol. Gol ke-1.000 itu terjadi di Maracanã, di Rio de Janeiro, yang dikenal sebagai Mekah-nya Sepak Bola.


Nomor Punggung 10

Pele - Jules Rimet - Piala Dunia
Mantan pemain timnas Brasil Pele memegang replika trofi Jules Rimet. Trofi ini diberikan kepada pemenang Piala dunia. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Pada tahun 1974, ia meninggalkan Santos dan memainkan tahun-tahun terakhirnya di New York, di sebuah klub bernama Cosmos. Cosmos adalah satu-satunya tim yang ia bela selain Santos dan tim nasional Brasil.

"Karena kami [tim keamanan] selalu bersama tim, bepergian, di pertandingan, kami memiliki banyak kontak dengan mereka, jadi kami mengembangkan persahabatan," kata Pedro de Liberato, pria berusia 90 tahun, penjaga keamanan Pele.

"Pele selalu sangat gembira, selalu bercanda dengan orang-orang," tambahnya.

Pele mengenakan jersey nomor 10, tetapi dia tidak tahu nomor mana yang akan dia miliki dan diberi nomor 10 secara acak. Sejak saat itu, nomor punggung 10 telah dikaitkan dengan para pemain terbaik dunia, Maradona, Roberto Baggio, Zinedine Zidane, dan Lionel Messi hanyalah beberapa dari mereka yang pernah mengenakannya.

Pele pensiun setelah bermain 1.363 pertandingan, memenangkan 37 gelar, mencetak 1.281 gol, termasuk 92 hat-trick dalam kariernya. Dia menghabiskan masa pensiunnya di dunia sepak bola dengan terlibat dalam aktivisme sosial, termasuk menjadi duta besar niat baik UNESCO.

Pada tahun 1995, ia menjabat sebagai menteri olahraga, memperkenalkan undang-undang yang memberikan pemain hak-hak mereka sendiri setelah usia tertentu. Pele juga mengomentari pertandingan untuk televisi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pele berjuang dengan kesehatannya. Selain berjuang melawan kanker, ia juga menderita sakit pinggul yang parah dan menghabiskan sebagian besar tahun-tahun terakhirnya di kursi roda.

Infografis 10 Insiden Paling Mematikan di Sepak Bola Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 10 Insiden Paling Mematikan di Sepak Bola Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya