5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca selalu identik dengan munculnya berbagai penyakit, seperti flu dan diare.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 28 Jan 2023, 19:24 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2023, 19:23 WIB
Mengalami Flu dan Pilek
Ilustrasi Flu dan Pilek Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta - Saat iklim atau cuaca berubah, terutama jika tiba-tiba, semakin banyak orang yang jatuh sakit. Karena cuaca terus berubah secara tiba-tiba dari terik atau panas menjadi hujan, atau sebaliknya, kesehatanmu juga bisa terpengaruh.

Perubahan cuaca selalu identik dengan munculnya berbagai penyakit, seperti flu dan diare. Untuk itu diperlukan daya tahan tubuh yang baik agar terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat perubahan cuaca yang tiba-tiba, seperti melansir dari Times of India, Sabtu (29/1/2023).

1. Cuci tangan

Penting untuk mencuci tangan secara teratur. Tanganmu bisa membawa banyak kuman dari berbagai permukaan yang Anda sentuh setiap hari.

Hindari menyentuh mulut, mata, atau telingamu karena akan memudahkan kuman dan virus masuk ke tubuhmu.

Terutama pastikan mencuci tangan sebelum makan makananmu. Gunakan hand sanitizer jika Anda tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air.

2. Berkumur air

Menurut sebuah penelitian, individu yang berkumur dengan air biasa lebih kecil kemungkinannya untuk tertular penyakit pernapasan bagian atas, dibandingkan dengan mereka yang tidak berkumur.

Anda bisa berkumur air hangat dengan sedikit garam.

Berkumur menjadi cara sederhana untuk menghilangkan bakteri yang tertinggal di mulut dan tenggorokanmu. Dianjurkan untuk berkumur air di selama 60 detik dan kemudian membuangnya.


3. Tetap aktif

Ilustrasi olahraga jogging
Ilustrasi olahraga jogging. (Foto oleh Centre for Ageing Better: https://www.pexels.com/id-id/foto/taman-jogging-latihan-berlari-7849902/)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga ringan secara teratur 45 menit selama 3 hingga 5 hari per minggu bisa membuat sistem kekebalanmu lebih mampu melawan penyakit pernapasan bagian atas.

Studi lain menunjukkan bahwa mereka yang berjalan selama 35-45 menit (5 hari seminggu) hanya menggunakan setengah hari sakit, dibandingkan dengan mereka yang memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

4. Tidur yang cukup

Kebiasaan dan durasi tidur bisa memengaruhi kesehatan mental dan fisikmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam hingga 3 kali lebih rentan terkena flu, dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 7 jam.

Jadi cobalah untuk membuat jadwal tidur selama 7 -9 jam dan patuhi itu. Sangat ideal untuk menyelaraskan jadwal tidurmu dengan waktu matahari terbenam dan matahari terbit.

 


5. Tetap terhidrasi

Minum Air Putih
Ilustrasi Mengonsumsi Air Mineral Credit: unsplash.com/Dylan

Penting untuk tetap terhidrasi dengan baik untuk menjaga kesehatan yang baik selama cuaca dingin, seperti saat cuaca hangat.

Tetap terhidrasi membantu menjaga selaput lendir saluran hidungmu lembab. Ini akan membantu untuk menangkap penyerbu virus memasuki tubuhmu.

Individu cenderung minum lebih sedikit air selama musim dingin, itulah sebabnya Anda harus ingat untuk tetap minum air sepanjang hari.

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya