5 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sarapan

Jika Anda memiliki resolusi untuk lebih sehat, berikut rekomendasi daftar pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi di pagi hari.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 17 Feb 2023, 19:03 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 19:03 WIB
Makanan Berserat Tinggi
Ilustrasi Makanan Sehat Credit: pexels.com/Thomas

Liputan6.com, Jakarta - Makanan yang dikonsumsi di pagi hari akan memengaruhi Anda dalam beraktivitas selama seharian. Oleh karena itu, sarapan pagi menjadi hal yang penting yang harus diperhatikan.

Sarapan pagi tidak harus makanan berat, namun Anda juga dapat memilih makanan yang ringan dan juga sehat. Karena, makanan yang sehat dapat meningkatkan daya imun sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi di pagi hari.

Lalu, apa saja daftar pilihan makanan sehat yang baik dikonsumsi di pagi hari? Mengutip dari Pinkvilla, Jumat (17/2/2023), berikut ulasannya:

1. Oatmeal

Makanan sehat yang baik dikonsumsi di pagi hari yaitu oatmeal. Oat mengandung serat yang tinggi, vitamin B1, protein, dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung.

Untuk mengolah oat agar lebih menyehatkan, Anda dapat mencampurkannya dengan beberapa sayuran dan menaburkannya dengan sedikit bumbu penyedap. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menikmati dan mendapat manfaat yang maksimal dari oatmeal.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau mengadung hampir nol kalori sehingga dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan nutrisi Anda saat sarapan di pagi hari. Kacang hijau termasuk sumber protein dan serat yang tinggi sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga energi Anda dalam sehari penuh.

Banyak sekali cara untuk menikmati makanan bergizi tersebut, salah satunya dapat dijadikan sebagai bubur, dan dapat dikonsumsi bersama roti lapis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Telur Rebus

Telur memiliki berbagai kandungan gizi yang penting untuk tubuh. Selain protein, telur juga mengandung 9 asam amino, zat besi, fosfor, selenium, dan vitamin A, B12, B2, dan B5.

Keunggulan telur tidak hanya berasal protein dan kandungan gizi, namun telur juga menjadi makanan serbaguna yang mudah diolah.

Banyak sekali resep makanan yang melibatkan telur di dalamnya. Namun, walaupun ada banyak cara untuk menyajikannya, telur rebus menjadi sajian telur dengan olahan paling mudah untuk dinikmati.

4. Smoothies

Smoothies menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sarapan pagi yang menyehatkan. Mengonsumsi smoothies di pagi hari dapat membuat tubuh Anda sehat karena menggunakan buah-buahan sebagai bahan utamanya.

Untuk membuat minuman ini, Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang terlalu lama karena dapat disajikan hanya dalam beberapa menit saja. Anda dapat memilih berbagai buah dan sayur untuk membuat smoothies, kemudian jangan gunakan untuk mendapat manfaatnya. 


5. Chia Seed

Chia Seed
Chia Seed - Image by tetep_cs from Pixabay

Chia seed memiliki banyak kandungan gizi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Chia seed memiliki kandungan protein yang cukup melimpah sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar sehingga Anda perlu mencampurkannya dengan makanan atau minuman, seperti pada sereal, salad, maupun puding.

Berbagai manfaat dan nutrisi chia seed memang dapat membuat banyak orang mengonsumsinya sehingga tidak ada salahnya jika Anda mulai mengonsumsi chia seed ke dalam menu sarapan pagi Anda.

Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh
Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya