4 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi di Pagi Hari saat Perut Kosong

Makanan yang dikonsumsi saat sarapan menentukan kesehatan Anda. Apa saja jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari?

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 01 Mar 2023, 09:05 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2023, 09:05 WIB
Ilustrasi sarapan pagi
Ilustrasi sarapan pagi. (Foto oleh Oleksandr Pidvalnyi: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-makan-sarapan-321598/)

Liputan6.com, Jakarta - Sarapan menjadi hal yang penting untuk dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu sarapan di pagi hari dengan makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh sehingga dapat memberikan energi untuk beraktivitas. Namun, banyak orang yang sering kali melupakan sarapan dengan berbagai alasan.

Tidak semua makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan lainnya yang berserat tinggi dapat dimakan saat perut dalam keadaan kosong.

Menurut pakar kesehatan, salah satu alasan utama mengapa sering terjadi masalah dalam pencernaan adalah karena memulai hari dengan makanan yang salah. Makanan yang dimakan saat perut kosong di pagi hari memiliki peran penting untuk tubuh.

Jika mengonsumsi banyak makanan sekaligus saat sarapan dapat memberikan dampak serius pada proses pencernaan. Gangguan pencernaan disebabkan oleh banyak hal, salah satu penyebabnya adalah makanan yang dkonsumsi pada pagi hari.

Pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang hangat di pagi hari. Makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bergizi dan meningkatkan hidrasi dalam tubuh. Hal ini karena pencernaan sangat lemah di pagi hari sehingga jika mengonsumsi makanan yang dingin dan berat akan lebih lama untuk dicerna yang dapat menyebabkan masalah perut.

Demi mencegah hal tersebut, hindari 4 makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong di pagi hari. Seperti melansir Time Of India, Senin (27/2/2023), berikut penjelasannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Smoothies dan Lemonade

Ilustrasi Smooties
Ilustrasi Smoothies (dok. Pixabay.com/silviarita)

1. Jus dan Smoothies

Banyak orang yang mengonsumsi minuman seperti jus dan smoothies di pagi hari untuk mendetoksifikasi tubuh. Tapi, ternyata hal tersebut tidak baik untuk pencernaan karena adanya efek dingin dalam jus atau smoothies tersebut yang memperlambat pencernaan dan mempengaruhi tingkat metabolisme. Selain itu, mengonsumsi minuman dingin di pagi hari juga dapat menyebabkan batuk dan pilek.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuan menemukan fakta bahwa sarapan hanya dengan jus atau smoothies dapat meningkatkan risiko diabetes. Artinya, jus atau smoothies yang dikonsumsi di pagi hari dapat memperburuk kandungan gula darah dalam tubuh.

2. Lemonade

Minuman ini menjadi salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi untuk detoksifikasi tubuh. Banyak orang mengonsumsinya untuk menurunkan berat badan, tetapi mereka tidak tahu bahwa minuman tersebut bersifat asam. Jika lemonade dikonsumsi di pagi hari dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Terlalu banyak mengonsumsi lemonade dapat memperbesar kadung kemih. Hal ini akan memicu untuk selalu buang air kecil. Memang hal tersebut adalah fungsi dari lemon, yaitu mengeluarkan zat-zat racun dari tubuh. Namun, ketika mengonsumsinya di pagi hari, siapkan juga air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.  


Air Panas dan Madu, serta Makanan Berprotein Tinggi

7 Makanan Tinggi Protein yang Penting untuk Anak
7 Makanan Tinggi Protein yang Penting untuk Anak

3. Air Panas dan Madu

Air panas dan madu merupakan minuman yang sering dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong. Namun, yang tidak disadari adalah bahwa ketika madu ditambahkan ke dalam air panas, madu tersebut akan bertindak seperti racun.

Karena madu menkristal dalam air panas dan radikal bebas mulai terbentuk di dalamnya. Jika mengonsumsi air panas dan madu setiap harinya, maka akan berdampak pada tubuh karena akan menyebabkan banyak penyakit serius.

Cara terbaik untuk mengonsumsi madu yaitu memakannya dalam kondisi mentah sehingga vitamin yang terkandung dalam madu dapat diserap oleh tubuh dengan baik. 

 4. Makanan Mengandung Protein Tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, namun sistem pencernaan harus bekerja keras untuk mencernanya.

Mengonsumsi protein di pagi hari pada saat pencernaan sedang terganggu akan mnyebabkan masalah lain seperti kembung, sembelit, dan lain-lain. Namun, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein pada saat makan siang atau makan malam.

Infografis Bahan Pangan Lokal Bernutrisi tapi Jarang Diketahui
Infografis Bahan Pangan Lokal Bernutrisi tapi Jarang Diketahui. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya