7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas, Mudah dan Ampuh

Kulkas Anda sering berbau? Coba gunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah untuk menghilangkannya.

oleh Bella Zoditama diperbarui 11 Mei 2023, 20:03 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 20:03 WIB
7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas, Mudah dan Ampuh
7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas, Mudah dan Ampuh (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Bau yang tidak sedap pada kulkas memang cukup mengganggu penciuman. Terkadang bahkan menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan.

Bukan cuma membuat tidak nyaman dan mual, tapi juga makanan yang ada di dalam kulkas pun bisa menjadi "korban" karena bisa ikut beraroma tidak sedap. Biasanya, sumber bau pada kulkas bisa berasal dari beberapa hal yang kurang diperhatikan.

Sebagai contoh, bisa jadi semua berasal dari bahan makanan yang sudah terlalu lama disimpan, serta dari makanan kedaluwarsa. Selain dari itu, biasanya bau tidak sedap juga bisa disebabkan oleh kulkas yang sudah lama tidak digunakan.

Bau tersebut akan muncul dari bahan karet yang menjadi komponen pada kulkas. Tidak terkecuali dari kulkas yang baru Anda beli, kadang kala bau komponen kulkas juga cukup membuat pusing, karena memiliki aroma kimia yang kuat. 

Memang, membersihkan kulkas secara berkala perlu dilakukan juga untuk menjaga kebersihannya. Namun, ada pula langkah-langkah pencegahan yang sebenarnya mudah sekali dilakukan.

Salah satunya Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang didapatkan di supermarket atau mungkin sudah Anda miliki di rumah.

Nah, lalu seperti apa cara hilangkan bau tak sedap pada kulkas yang efektif dan mudah dilakukan? Berikut ini, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai tips menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas, Kamis (11/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hilangkan Bau Kulkas dengan Bahan Alami

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://unsplash.com/Ello

Penasaran apa saja bahan-bahan alami yang bisa menghilangkan bau kulkas? Ini dia daftarnya:

1. Baking soda

Cara pertama dalam menghilangkan bau, yaitu dengan menggunakan baking soda. Anda bisa menaruh baking soda dalam wadah terbuka kemudian cukup disimpan di dalam kulkas. Fungsi baking soda sendiri dapat menyerap bau kulkas yang tidak sedap.

2. Garam

Garam bukan hanya bermanfaat untuk memberikan rasa asin pada makanan, tapi juga bisa menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas, lho. Caranya cukup larutkan garam sekitar satu genggaman tangan dalam larutan air hangat sebanyak 3 Liter.

Kemudian, gosok permukaan kulkas menggunakan lap basah. Namun, Anda perlu memastikan bahwa garam dan air sudah tercampur dengan merata, ya.

3. Kopi

Selain baking soda dan garam, cara selanjutnya bisa menggunakan kopi. Coba giling kopi dan ditaruh di atas piring, kemudian tinggal masukkan ke dalam kulkas selama 24 jam. Cara ini cukup mudah dan murah, kan?


4. Kantung teh

Ilustrasi Minyak Esensial / Essential Oil (sumber: pixabay)
Ilustrasi Minyak Esensial / Essential Oil (sumber: pixabay)

Biasa ngeteh di pagi hari? Eits... sebaiknya jangan langsung membuang kantong tehnya. Teh juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bau kulkas.

Caranya, Anda cukup memasukkan kantong teh celup ke dalam mangkuk dan langsung masukkan ke dalam kulkas. Diamkan selama beberapa jam hingga seluruh bau tersebut terserap ke dalam kantong teh tersebut.

5. Oatmeal

Punya oatmeal di rumah yang biasa dikonsumsi saat sarapan? Ternyata, oatmeal juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan bau secara alami, lho.

Caranya pun cukup sederhana, Anda cukup menuangkan oatmeal ke dalam mangkuk aluminium dan diamkan selama beberapa saat di dalam kulkas. Setelah bau kulkas hilang, oatmeal bisa langsung dikeluarkan dan dibuang. 

6. Charcoal

Cara lainnya yang bisa Anda coba lakukan di rumah, yaitu menggunakan activated charcoal atau arang hitam. Bahan alami yang satu ini, memiliki daya serap yang cukup baik dalam menghilangkan aroma kulkas yang tidak sedap.

Anda cukup menaruhnya dalam wadah kecil seperti mangkuk dan masukkan ke dalam kulkas dengan pengaturan suhu yang minimal.

7. Essential oil

Terakhir, coba ggunakan essential oil yang biasanya digunakan sebagai aromaterapi. Bagi Anda yang ingin mencobanya, siapkan bahan-bahannya seperti baking soda, EO lavender, EO lemon, serta air.

Kemudian, campurkan seluruh bahan tersebut hingga menjadi adonan, lalu masukkan ke dalam cetakan silikon. Tunggulah hingga mengering, kurang lebih selama 24-48 jam. 

Setelahnya, keluarkan balok tersebut dari cetakan silikon dan simpan ke dalam wadah kedap udara. Saat itu, Anda sudah bisa langsung meletakkannya ke dalam kulkas.


Tips Mencegah Bau Tidak Sedap pada Kulkas

Membuka Kulkas
Ilustrasi Membuka Kulkas Credit: pexels.com/Andrea

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa makanan yang disimpan dalam kulkas bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, ikuti tips menyimpan makanan yang bisa Anda lakukan di bawah ini, seperti:

  • Pastikan membeli makanan dalam kondisi yang baik, terutama makanan basah. Buah-buahan bisa disimpan ke dalam rak kulkas supaya kesegarannya tetap terjaga.
  • Simpan semua makanan dalam wadah yang tertutup. Termasuk jangan menyimpan sisa makanan dalam wadah terbuka.
  • Jika membuka makanan kalengan dan ternyata masih sisa, segera pindahkan ke dalam wadah lainnya, baru dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Jangan menyimpan makanan terlalu lama karena rentan menimbulkan bau.
  • Selalu rajin mengecek makanan dan sisa makanan yang sudah berhari-hari di kulkas.

Dengan melakukan beberapa tips sederhana tadi, Anda dapat mencegah terjadinya bau kulkas yang tidak sedap. Selain itu, makanan atau minuman yang disimpan pun tidak terkontaminasi bau lainnya. Semoga cara-cara ini bisa berhasil diterapkan, ya!

Infografis Journal_ Fakta Tingginya Sampah Sisa Makanan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Journal_ Fakta Tingginya Sampah Sisa Makanan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya