Ingin Tetap Berteman dengan Mantan Bisa Jadi Tanda Anda Mungkin Seorang Psikopat

Menurut penelitian, tetap berteman dengan mantan menunjukkan bahwa orang tersebut mungkin seorang psikopat. Tapi pertama-tama, apa yang membuat seorang disebut sebagai psikopat?

oleh Camelia diperbarui 22 Jun 2023, 10:13 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi mantan pacar
Ilustrasi mantan pacar (Foto: Unsplash.com/edward cisneros)

Liputan6.com, Jakarta Perpisahan tidak pernah mudah. Ini bisa menjadi pengalaman yang sangat memilukan bagi sebagian orang. Biasanya, satu orang yang putus cinta lebih terluka daripada yang lain, jika dibandingkan, perpisahan yang saling menguntungkan jarang terjadi. 

Kebanyakan orang lebih suka tidak pernah melihat mantan mereka lagi, sebagai cara untuk mengatasi kehilangan. Namun, ada orang yang suka tetap berhubungan dengan mantannya, tidak peduli seberapa besar hati mereka hancur. Apakah ini ide yang bagus? Atau apakah itu membuat mereka sedikit gila? Menurut penelitian, tetap berteman dengan mantan menunjukkan bahwa orang tersebut mungkin seorang psikopat. Tapi pertama-tama, apa yang membuat seorang disebut sebagai psikopat?

Apa yang membuat seorang dikatakan sebagai psikopat?

Bagaimana seseorang menggambarkan atau mendiagnosis seorang psikopat? Nah, untuk menemukan ini psikolog akan menguji seseorang melalui daftar karakteristik dan ciri kepribadian yang disebut PCL-R. Orang yang memiliki kepribadian psikopat perlu mencentang sejumlah kotak tersebut sebelum diklasifikasikan.

Melalui kuesioner PCL-R, kita bisa melihat seberapa banyak tipe kepribadian “dark-triad” yang diperlihatkan seseorang. “Dark-triad” atau teori tiga serangkai gelap menunjukkan bahwa psikopat akan menampilkan tiga ciri: narsisme, psikopati, dan Machiavellianisme. Menurut Health, narsisme didefinisikan sebagai perasaan superior dan berhak, tetapi di balik kemegahan biasanya ada rasa tidak mampu. Psikopati adalah ketika seseorang "kurang empati dan bersikap dingin secara emosional, sementara juga impulsif dan cenderung mengambil risiko besar." 

Kemudian, machiavellianisme adalah ketika seseorang “sangat manipulatif, mau menipu orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan memiliki pandangan sinis terhadap dunia.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 


Mengapa orang yang tetap berteman dengan mantan disebut sebagai psikopat?

Tips PDKT Kedua Kali Sama Mantan Gebetan Agar Kini Sampai Jadian
Manfaatkan kesempatan kedua dengan mantan gebetan agar berhasil sampai jadian. (Foto: unsplash,com)

Perlu dicatat bahwa setiap orang akan menunjukkan sejumlah sifat tertentu dalam kuesioner, tetapi seorang psikopat sejati akan lebih banyak mencentang. Mereka menunjukkan kemampuan, atau keinginan, untuk mengeksploitasi orang lain demi tujuan mereka sendiri, tidak peduli apapun resikonya. 

Selain itu, namun tidak terbatas pada, mereka tidak menunjukkan penyesalan saat menyakiti seseorang. Atau, jika mereka ketahuan berbohong. Jadi, jika Anda mengenal seseorang yang tetap berteman dengan mantan, lelahlah, itu mungkin merupakan tanda bahaya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Oakland, hubungan Anda dengan mantan bisa menjadi tanda psikopati. Studi tersebut mengamati 861 orang dan riwayat hubungan mereka. Mereka memeriksa hubungan mereka saat ini, dan apakah mereka masih berteman dengan mantan mereka atau tidak. Singkatnya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menunjukkan “dark-triad” dalam jumlah besar lebih cenderung berteman dengan mantan mereka.

Namun, tetap berteman dengan mantan bukanlah tanda bahaya bagi psikopati itu sendiri. Ada banyak alasan mengapa orang mempertahankan persahabatan di luar hubungan mereka, seperti jika Anda berbagi anak, atau memiliki bisnis bersama. Jadi, semuanya bermuara pada alasan orang tersebut memilih untuk tetap berteman.


Tetap berteman dengan mantan karena alasan apa?

Ilustrasi mantan pacar
Ilustrasi mantan pacar (Foto: Unsplash.com/alive donovan rouse)

Studi Universitas Oakland bertanya kepada orang-orang apa alasan mereka untuk tetap berteman dengan mantan. Mereka yang memiliki ciri kepribadian “dark-triad” dalam jumlah tinggi memberikan beberapa jawaban yang agak memprihatinkan. Mereka mungkin telah menyadari bahwa tetap berteman memungkinkan mereka mengakses beberapa kesenangan dalam hidup.

Uang adalah salah satu alasan terbesar, tetapi ada lebih dari itu. Mantan Anda mungkin iri dengan lingkaran pertemanan dekat Anda, dan tetap berteman dengan Anda adalah cara untuk tetap terhubung dengan grup itu. Selain itu, mereka mungkin menginginkan jalan menuju karier Anda, jadi mereka ingin tetap berteman untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka.


Mereka membuat mantan sulit untuk melepaskan

Tips PDKT Kedua Kali Sama Mantan Gebetan Agar Kini Sampai Jadian
Mantan gebetan selalu menyisakan rasa penasaran. Manfaatkan kesempatan kedua agar bisa jadian! (Foto: unsplash.com)

Beberapa orang yang belum pernah berkencan dengan seorang psikopat mungkin tidak mengerti bagaimana seseorang bertahan dalam hubungan beracun ini, bahkan hanya sebagai teman. 

Psikopat adalah manipulator ulung, tetapi triknya, mereka juga sangat memesona. Hal ini membuat sebagian orang sulit untuk melepaskannya, tidak peduli seberapa besar rasa sakit yang ditimbulkan oleh mantan mereka. Mantan psikopat yang tidak ingin kehilangan mantannya akan membuat mereka semakin sulit untuk melepaskannya. Mereka akan membombardir mereka dengan pesan manis, dan gerakan meyakinkan. Pada akhirnya, mereka tidak akan berhenti untuk meyakinkan mantan mereka untuk mempertahankan mereka dalam hidup mereka.

Pada akhirnya, jika Anda masih berteman dengan mantan, bukan berarti mereka psikopat. Tapi, dengan sedikit menyelidik, Anda mungkin menemukan alasan mereka. Tidak semua dari kita cukup beruntung untuk menjadi psikolog, tetapi Anda dapat menggunakan ketajaman Anda apakah mereka melakukan ini untuk tujuan yang baik atau tidak, atau untuk keuntungan mereka sendiri. 

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya