Mengetahui Kepribadian Serta Sifat Tersembunyi Seseorang Lewat Posisi Tidurnya

Semakin banyak pengetahuan tentang pola tidur yang menunjukkan bahwa gaya tidur kita dapat mengungkap jati diri kita yang sebenarnya, termasuk ciri-ciri kepribadian kita

oleh Camelia diperbarui 04 Jul 2023, 20:03 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2023, 20:03 WIB
Mengubah Posisi Tidur
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mempertimbangkan bagaimana Anda tidur? Nah, sekarang Anda nampaknya akan melakukannya. Pasalnya sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam European Journal of Personality telah meneliti hubungan antara posisi tidur dan ciri-ciri kepribadian. 

Studi ini menunjukkan bahwa posisi tidur kita tidak semata-mata ditentukan oleh genetika tetapi juga dipengaruhi oleh gaya hidup kita sehari-hari. Peneliti tidur, Samuel Dunkell telah melakukan berbagai tes untuk mengeksplorasi hubungan antara posisi tidur dan ciri-ciri kepribadian.

Semakin banyak pengetahuan tentang pola tidur yang menunjukkan bahwa gaya tidur kita dapat mengungkap jati diri kita yang sebenarnya, termasuk ciri-ciri kepribadian intim kita. Misalnya, individu yang tidur telentang cenderung percaya diri, sedangkan mereka yang tidur tengkurap sering dipandang lebih emosional.

Meskipun ada banyak tes yang tersedia untuk menentukan tipe kepribadian, sifat, dan kebiasaan, yang membedakan tes ini adalah tidak memberikan apapun kepada peserta sebelum atau sesudah tes.

Tes ini hanya mengamati dan mencatat bagaimana orang tidur. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menemukan lebih banyak tentang diri Anda. Dilansir dari Times of India, berikut ini deretan posisi tidur yang bisa ungkap kepribadian serta sifat tersembunyi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Posisi tidur meringkuk seperti janin

Ilustrasi Pria Tidur (sumber: unsplash)
Ilustrasi Pria Tidur (sumber: unsplash)

Jika Anda tidur meringkuk seperti bayi, kemungkinan besar Anda memiliki penampilan luar yang keras tetapi tertutup dan merindukan perlindungan dan pengasuhan pasangan di dalam. Tidur dalam posisi ini menunjukkan kerentanan dan kecenderungan untuk terputus dari masalah kehidupan nyata. 

Anda merasa paling nyaman saat dikelilingi oleh anggota keluarga, karena merekalah yang melindungi Anda. Kerumunan membuat Anda cemas, dan Anda menganggap diri Anda unik. Namun, berbicara di depan umum dapat membuat Anda sadar diri karena ekspektasi tersebut.


Posisi tidur terjun bebas

Ilustrasi insomnia, susah tidur
Ilustrasi insomnia, susah tidur. (Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash)

Jika kamu merasa seperti jatuh dari langit saat tidur, itu menandakan bahwa kamu adalah orang yang suka bersenang-senang. Chris Idzikowski menggambarkan individu dengan posisi tidur ini sebagai kupu-kupu sosial yang selalu siap berpetualang. Anda tidak suka merasa diremehkan, dan ketika seseorang meminta bantuan, Anda mungkin membuat diri Anda sulit dijangkau, membuat mereka bekerja keras untuk meyakinkan Anda bahwa hanya Anda yang dapat membantu.


Posisi tidur miring

Ilustrasi pria tidur, bermimpi
Ilustrasi pria tidur, bermimpi. (Photo by Kian Mousazadeh on Unsplash)

Jika Anda tidur miring ke salah satu sisi, kemungkinan besar Anda adalah orang yang santai yang dapat memulai percakapan dengan siapa pun. Namun, Anda juga memiliki kecenderungan untuk mempercayai orang secara instan, membuat Anda rentan untuk mudah terbujuk. Tidur miring menunjukkan bahwa Anda memiliki pendekatan yang seimbang dalam pengambilan keputusan. Anda mempertimbangkan setiap aspek dan mencapai keputusan akhir, meskipun pada awalnya lebih lambat.


Posisi tidur telentang

Ilustrasi Seseorang Mendengarkan Musik Sebelum Tidur (sumber: unsplash)
Ilustrasi Seseorang Mendengarkan Musik Sebelum Tidur (sumber: unsplash)

Jika Anda tidur telentang, kemungkinan besar Anda sangat percaya diri dan menghadapi hidup secara langsung. Anda menghindari konflik dan menjauh dari masalah kecuali keadaan menuntut sebaliknya. Anda cenderung pendiam, tetapi Anda akan berbicara bila perlu. Anda menghargai keteraturan dan struktur, yang mengarah pada ekspektasi tinggi baik dari diri sendiri maupun orang lain. Anda jarang bereaksi secara impulsif dan lebih suka berpikir sebelum berbicara. Karakteristik ini juga mendorong Anda untuk mengejar dan tetap berpegang pada tujuan Anda.


Posisi tidur tengkurap

seks
Gairah seks bisa menurun jika kurang tidur/copyright: unsplash/vladislav muslakov

Tidur tengkurap tidak hanya mengungkapkan bahwa Anda adalah orang yang lugas tetapi juga menandakan semangat bebas Anda. Namun, Anda juga harus menangani kritik keras secara konstruktif. Jika Anda tidur tengkurap, itu menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang menyenangkan, suka bermain, dan berpikiran terbuka. 

Anda mencoba untuk mengatur segalanya, meskipun mungkin tidak praktis, yang dapat membuat Anda kalah. Namun demikian, Anda mempertahankan pandangan optimis dan selalu fokus pada sisi terang dari kesulitan. Anda memiliki kebiasaan impulsif, rasa tidak aman, dan kurangnya rasa percaya diri, yang dapat menghambat kemajuan Anda, tetapi itu juga berfungsi sebagai perisai untuk menyembunyikan emosi negatif seperti kemarahan.


Posisi tidur seperti bintang laut

Tidur juga memengaruhi peremajaan kulit
Normal durasi tidur adalah 7 sampai 9 jam. (unsplash.com/@all_who_wander)

Jika Anda tidur dengan posisi tangan dan kaki terentang seperti bintang laut, itu menunjukkan bahwa Anda menghargai persahabatan dan hubungan. ypu berusaha untuk menjadi teman yang baik, aktif mendengarkan orang lain. Anda berempati dengan rasa sakit orang lain dan memberikan bahu untuk bersandar saat dibutuhkan.

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya