5 Efek Negatif Penggunaan Ponsel Berlebih pada Kesehatan

Paparan frekuensi radio yang berlebihan ke otak dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Nah berikut ini sederet dampak negatif penggunaan ponsel berlebih bagi kesehatan.

oleh Camelia diperbarui 31 Jul 2023, 10:54 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi Penggunaan Ponsel
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Ponsel adalah perangkat elektronik terpenting dalam hidup kita. Kita dapat melakukan begitu banyak hal melalui ponsel kita dapat mengirim dan menerima teks, melakukan panggilan, mengirim email, memantau media sosial dan ya pada dasarnya ponsel bisa melakukan segalanya. Namun, dengan banyak yang baik ada juga yang buruknya.

Ponsel mengeluarkan Frekuensi Radio (RF) yang dapat masuk ke tubuh kita. RF ini memiliki kemampuan untuk mengubah bagian dalam kita tanpa kita sadari. Dari seluruh tubuh, otak paling terpengaruh. Saat Anda sedang menelepon, telepon biasanya berada tepat di sebelah telinga Anda. 

Artinya, itu juga sangat dekat dengan otak Anda. Paparan frekuensi radio yang berlebihan ke otak dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Mulai dari gangguan minimal hingga yang mengancam jiwa, inilah yang paling terkenal. Nah berikut ini adalah sederet efek negatif ponsel bagi tubuh kita dilansir dari Health Fitness Revolution:

1. Melemahkan Brain-Blood Barrier dan Hippocampus

Penghalang darah-otak (BBB) ​​adalah membran selektif. Hal ini memungkinkan pertukaran selektif zat antara otak dan darah. Ini menghambat perjalanan patogen dan zat berbahaya lainnya.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Dr. Leif Salford pada tikus untuk mengamati efek RF pada BBB mereka. Setelah memaparkan mereka ke RF selama 3 jam sehari selama 28 hari, mereka melihat hasil yang mengkhawatirkan. BBB dan hippocampus (bertanggung jawab atas memori spasial dan emosional serta respons stres), di antara bagian otak lainnya, memburuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Tumor dan Kanker Otak

Belanda Segera Larang Siswa Gunakan Ponsel dan Gawai Lainnya di dalam Kelas
Penggunaan ponsel di sekolah. (dok. freestocks/Unsplash)

Tumor dan kanker adalah salah satu masalah kesehatan paling mematikan yang disebabkan oleh RF. Paparan RF yang diperpanjang dikatakan memiliki efek berbahaya pada otak dan bagian tubuh lainnya.

RF pada ponsel dapat menyebabkan tumor otak kanker (glioma), tumor non-kanker (meningioma), tumor otak penghubung ke telinga non-kanker (schwannomas vestibular), dan tumor kelenjar ludah.

Pada awalnya, tidak ada cukup bukti untuk menyimpulkan bahwa RF menyebabkan kanker. Kemudian, tim peneliti di Program Toksikologi Nasional melakukan penelitian selama 10 tahun pada tikus. Studi tersebut menyimpulkan bahwa paparan RF yang dipancarkan oleh ponsel menyebabkan kanker otak (glioma) dan kerusakan jaringan saraf (schwannomas).

 

 

 


3. Sakit kepala

Mendadak Pusing Hingga Menyebabkan Pingsan
Ilustrasi Pusing dan Sakit Kepala Credit: pexels.com/pixabay

Karena jumlah screentime yang didapat orang, sakit kepala adalah bentuk kerusakan paling umum dari ponsel. Ini bukan karena Frekuensi Radio tetapi karena beberapa alasan lain.

Saat menggunakan ponsel, orang sering membungkuk. Ini menciptakan ketegangan di tulang belakang dan leher Anda. Untuk waktu yang lama, itu bisa berubah menjadi sakit kepala. Selain itu, cahaya biru yang dipancarkan ponsel menyebabkan mata menjadi lelah. Menatap terus-menerus tanpa mengistirahatkan mata membuat mereka tegang.

Jumlah jam Anda menggunakan ponsel secara langsung terkait dengan frekuensi sakit kepala. Penggunaan tanpa henti bahkan dapat menyebabkan migrain. Kedua jenis sakit kepala dan migrain ini muncul setelah penggunaan ponsel yang lama.

Ponsel mengeluarkan apa yang dikenal sebagai "cahaya biru". Cahaya biru adalah jenis cahaya yang dapat dilihat manusia dengan mata telanjang yang berasal dari layar. Seiring waktu, cahaya biru ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, kelelahan mata, mata kering, degenerasi makula, dan bahkan katarak. Mengenakan kacamata cahaya biru dapat membantu mengurangi ketegangan jenis ini.


4. Gangguan tidur

Ilustrasi insomnia, susah tidur
Ilustrasi insomnia, susah tidur. (Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash)

Betapapun berharganya tidur, banyak orang akan merusaknya bahkan tanpa menyadarinya. Banyak orang akan menggunakan ponsel mereka sebelum tidur tanpa memikirkan bahaya yang ditimbulkannya.

Menggunakan ponsel Anda sebelum tidur mengurangi produksi melatonin. Tanpa melatonin di tubuh Anda, alih-alih merasa mengantuk, Anda akan menjadi lebih terjaga. Cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel mengacaukan ritme sirkadian Anda dan membuat tubuh Anda mengira hari masih siang. Ini memiliki efek buruk pada gelombang lambat dan gerakan mata cepat (REM), 2 tahap penting dari tidur.

Anak-anak bahkan lebih sensitif terhadap cahaya biru dan efeknya diperbesar. Meskipun demikian, menggunakan ponsel sebelum tidur akan membuat Anda merasa lelah saat bangun.


5. Penyerapan Radiasi Lebih Tinggi pada Anak-anak

Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan Anak
Anak Main Ponsel / Sumber: Pixabay

Karena anak-anak masih kecil, tengkorak mereka lebih tipis. Saat mereka terpapar RF yang sama dengan orang dewasa, mereka menyerap lebih banyak, dengan cepat. Pembusukan otak seorang anak 2 kali lebih banyak daripada orang dewasa saat menyerap energi RF. Oleh karena itu, anak-anak cenderung mengembangkan banyak masalah perilaku dan emosional sejak dini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima RF dalam jumlah tinggi dapat mengembangkan ADHD. Ibu yang menggunakan ponsel secara berlebihan melahirkan bayi dengan kadar timbal yang lebih tinggi dalam darahnya. Anak-anak yang terpapar energi RF tingkat tinggi memiliki peningkatan risiko terkena berbagai tumor dan kanker juga.

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya