MyndfulAct Gaungkan Pentingnya Hidup Berkesadaran untuk Meraih Kebahagiaan

MyndfulAct mengajarkan pentingnya gerakan hidup berkesadaran untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup

oleh Sulung Lahitani diperbarui 24 Jul 2023, 10:05 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2023, 10:05 WIB
MyndfulAct Gaungkan Pentingnya Hidup Berkesadaran untuk Meraih Kebahagiaan
Maya Hasan dalam sesi meditasi MyndfulAct dan Sanustra (doc: MyndfulAct)

Liputan6.com, Jakarta Masa pandemi Covid-19 menjadi masa-masa yang berat bagi kebanyakan orang. Lockdown yang diberlakukan serta aturan-aturan menjaga jarak membuat banyak orang jatuh ke dalam isu-isu mental health seperti depresi, anxienty, dan lainnya.

Butuh adanya support system yang kuat untuk bertahan di masa-masa sulit tersebut. Dan setelah pandemi berlalu, kesadaran akan pentingnya mental health di antara masyarakat semakin tinggi. Sayangnya, tidak semua orang memiliki support system untuk menghadapi masa-masa sulit, baik seperti saat pandemi Covid-19 terjadi ataupun permasalah dalam hidup lainnya.

Di sinilah, MyndfulAct hadir sebagai komunitas yang menggerakkan kepedulian akan hidup berkesadaran. Didirikan oleh 14 orang sahabat, para pendiri MyndfulAct yakin bahwa tiap individu adalah arsitek kebahagiaan mereka sendiri.

"Kunci dari menjalankan hidup adalah kesadaran. Dengan kesadaran, itu akan menjadi kunci untuk menghadapi perubahan-perubahan yang begitu cepat, yang sayangnya kadang kita tidak siap dengan perubahan-perubahan tersebut," ungkap Co-founder MyndfulAct Beby Vinny dalam suatu kesempatan.

Menurut Beby, MyndfulAct sendiri merupakan singkatan dari Mindfulness plus Action. Ada beberapa langkah praktik berkesadaran menurut MyndfulAct yang baik dicoba oleh setiap orang untuk menggapai kebahagiaan di dalam hidup. Langkah-langkah tersebut yakni:

  • Mengenali sinyal tubuh atau emosi yang muncul, bisa melalui rasa yang dirasakan;
  • Berhenti & Bernapas;
  • Berproses dengan menyadari apa yang sebenarnya dirasakan, serta menyinergikan antara tubuh-pikiran-emosi;
  • Memberikan respons yang tepat.

"Dengan konsisten melatih empat langkah ini, seseorang dapat menemukan kekuatan luar biasa mereka dari kombinasi kesadaran diri dan tindakan," ujar Beby.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjalanan MyndfulAct

MyndfulAct Gaungkan Pentingnya Hidup Berkesadaran untuk Meraih Kebahagiaan
Co-founder MyndfulAct Beby Vinny memberikan sambutan (doc: MyndfulAct)

Kegiatan MyndfulAct saat ini dilakukan di berbagai kota. Salah satunya yang paling sering adalah di Yogyakarta, bersama komunitas setempat yang bernama 'Konco Eling, Konco Healing.'

"Dari sana, gerakan hidup berkesadaran mendapat respons positif yang kemudian praktik baiknya meluas ke kota lain termasuk ke Jakarta sehingga dalam tiga tahun, MyndfulAct menjadi sebesar sekarang," tambah dia.

Dalam perjalannya, MyndfulAct bertemu dengan teman-teman yang memiliki keresahan yang sama namun bukan praktisi Mindfulness, kemudian berkolaborasi untuk semakin memperluas gerakan hidup berkesadaran tersebut.

Seperti baru-baru ini, MyndfulAct berkolaborasi dengan Sanustra untuk mengajak masyarakat agar berlatih berkesadaran melalui pengalaman meditasi dalam berbagai media di ruang kreatif bersama praktisi.

Kolaborasi tersebut kemudian terbagi menjadi tiga episode, yaitu:

  • Ruang tenang melalui alam
  • Ruang tenang melalui rasa
  • Ruang tenang dalam bising

Gerakan inisiatif digital

MyndfulAct Gaungkan Pentingnya Hidup Berkesadaran untuk Meraih Kebahagiaan
Peserta menyimak penjelasan herbalist holistik bersertifikat, Sofyan Hardyansyah dan Ayesha (doc: Liputan6.com/SulungLahitani)

Dalam kolaborasi tersebut, selain dibantu oleh Sanustra yang merupakan komunitas yangmenyediakan ruang pengalaman untuk lebih mengenal diri, MyndfulAct juga bekerja sama dengan SoulFree Herb yang merupakan seni meditasi dengan menikmati teh yang diracik oleh satu-satunya herbalist holistik bersertifikat di Indonesia, Sofyan Hardyansyah dan Ayesha, serta Nasi Peda Pelangi yang pemiliknya juga memiliki misi untuk mendukung upaya-upaya baik melaluiruang pangan kreatif mereka, seperti Beras Baik dan Miring (Minuman Ringan), dan mindful eating.

Selain kegiatan offline, MyndfulAct juga memiliki inisiatif digital yang akan diluncurkan pada bulan Oktober 2023, dengan tujuan agar gerakan ini inklusif dan dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja.


Kita harus menjadi arsitek dari kebahagiaan kita sendiri

MyndfulAct Gaungkan Pentingnya Hidup Berkesadaran untuk Meraih Kebahagiaan
Peserta MyndfulAct dan Sanustra dalam acara Hening dalam Bising (doc: MyndfulAct)

Menurut Beby, adakalanya perjalanan mencari kebahagiaan menjadi perjalanan yang tak berujung karena kebanyakan orang mencari kebahagiaan di luar. Padahal, kebahagiaan itu sendiri berasal dari dalam diri kita masing-masing.

Untuk itu, MyndfulAct ada untuk menyampaikan bahwa jika ingin mencari kebahagiaan, mulailah dari diri sendri. Mulai dengan belajar atau melatih kesadaran sehingga kita bisa mengontrol apa yang terjadi dalam diri kita.

"Pada akhirnya, kami ingin semakin banyak orang yang tahu betapa powerful-nya si kesadaran ini. Tapi kesadaran ini memang harus kita mulai dari diri kita sendiri, agar kita bisa menjadi arsitek dari kebahagiaan kita sendiri," pungkas dia.

Infografis Journal
Gangguan Mental yang Paling Banyak Diderita Remaja Indonesia pada 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya