Kesaksian Pengunjung dan Respons Warganet Terhadap Kasus Penembakan Siam Paragon

Penembakan yang terjadi di Siam Paragon Mall pada Selasa (03/10/23) sore menjadi trending topik di media sosial, terutama twitter, setidaknya sudah ada 75,9 ribu postingan yang membicarakan kasus ini.

oleh Wanda Andita Putri diperbarui 04 Okt 2023, 14:45 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 14:45 WIB
Penembakan di Siam Paragon Mall Thailand
Penembakan di Siam Paragon Mall Thailand. (Sakchai Lalit/AP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Penembakan yang terjadi di salah satu pusat pembelanjaan Thailand, Siam Paragon Mall pada Selasa (03/10/23) sore menjadi trending topik di media sosial, terutama twitter. Sejak Selasa malam, banyak warga net yang menggunakan tag "Siam Paragon" dan setidaknya sudah ada 75,9 ribu postingan yang membicarakan perihal tragedi penembakan di Siam Paragon Mall ini.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari akun twitter @EriscsenWen, penembakan tersebut menewaskan dua orang, yaitu seorang turis wanita Tiongkok berusia 34 tahun yang ditembak di bagian leher di lantai dasar tempat parkir yang meninggal di tempat dan seorang wanita Myanmar ditembak dua kali di punggung dan meninggal di rumah sakit. Informasi untuk korban luka-luka sebanyak 6 orang, termasuk seorang warga Thailand (30) dan seorang warga Laos (28), dua di antaranya berada dalam kondisi serius atau kritis.

Pelaku dari penembakan massal tersebut ternyata seorang siswa laki-laki berusia 14 tahun dari sebuah sekolah swasta di Paya Thai, dekat Siam Paragon Mall. Ia mengaku seseorang akan menyerangnya sehingga dia mengeluarkan pistol 9 mm Glock 19 miliknya dan mulai menembak. Dia mendengar seseorang memerintahkannya untuk menembak. Ternyata, pelaku juga memiliki riwayat masalah kesehatan mental dan sudah terlatih dalam mengisi ulang senjata dan menembak sasaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tersangka Penembakan di Siam Paragon Mall Adalah Pasien Gangguan Jiwa
Tersangka Penembakan di Siam Paragon Mall Adalah Pasien Gangguan Jiwa

Kesaksian Pengunjung Siam Paragon Mall

Penembakan di Siam Paragon Mall Thailand
Penembakan di Siam Paragon Mall Thailand. (Jack Taylor/AFP)

Dilansir dari halaman Channel News Asia pada Rabu (04/10/23), seorang pekerja di salah satu restoran Jepang di mall tersebut, Thanpawasit Singthongkham mengatakan bahwa ia mendengarkan suara tembakan keras sekitar pukul 16.30 yang terjadi secara terus menerus, kurang lebih sebanyak 10 kali. Tidak lama kemudian, departement store mengumumkan bahwa ada penembakan dan sinire darurat dinyalakan sehingga semua orang lari untuk ke luar mall.

"Saya mendengar sekitar lima tembakan dan semua orang berlarian, tembakannya tersebar ke mana-mana dan semua orang berteriak dan berlari," tutur seorang saksi mata, Gautam Vora yang sedang bersama istri dan anaknya, seperti yang dilansir dari Channel News Asia, Rabu (4/10).

Tidak hanya itu, seorang ibu rumah tangga berusia 50 tahun juga menjadi saksi mata dalam peristiwa tersebut. Aawalnya ia merasa kebingungan perihal apa yang sedang terjadi. Ms Nucharee Sorntong sedang berada di lantai lima untuk menghadiri sebuah acara ketika penembakan terjadi.

"Mereka memberi tahu kami bahwa ada insiden yang tidak biasa. Awalnya saya tidak tahu karena mereka tidak bilang apa itu tapi kemudian saya cek beritanya secara online. Saya berpikir apakah saya akan mati jika penembak mendatangi saya di kamar kecil," ujarnya.

Dilansir dari akun twitter @Marchfoward, DYMM Tunku Mahkota Johor dan keluarga dilaporkan turut berada di Siam Paragon ketika kejadian tembakan rambang ini berlaku. Namun, Alhamdulillah dilaporkan semuanya selamat. Pasukan Johor Military Force berhasil melindungi TMJ dan keluarga dari sebarang bahaya ketika itu.


Respons Warganet Terkait Kasus Penembakan Tersebut

Penembakan di Siam Paragon Mall Thailand
Penembakan di Siam Paragon Mall Thailand. (Tian Macleod Ji/AP Photo)

Dari kasus penembakan yang terjadi di Siam Paragon Mall ini, banyak warganet yang turut prihatin dan berharap semoga warga setempat dapat selamat dan mengamankan diri mereka. Dilansir dari akun twitter @mixkanawat, ternyata pada hari tersebut cukup banyak tempat di mall tersebut yang akan mengadakan suatu acara, salah satu firstkhao, tetapi semua acara harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Ia hanya berharap semua orang yang ada di sana dapat selamat.

"Pusat perbelanjaan Siam Paragon Mall, tempat firstkhao seharusnya mengadakan acara hari ini, terlibat dalam penembakan. Oleh karena itu, seluruh jadwal di daerah tersebut dibatalkan/ditunda. Hanya dengan menonton video ini membuatku merinding, kuharap semuanya selamat," tuturnya di akun @mixkanawat.

Kemudian, ada juga warganet yang menyarankan warga setempat untuk tidak berkunjung ke lokasi kejadian dahulu sampai kondisi benar-benar kondusif. 

"Ada insiden penembakan di Siam Paragon. Bagi siapapun yang pergi atau berencana pergi ke sana, harap menghindarinya saat ini. Semoga tetap aman semuanya," tutur warganet dengan akun twitter @aishamza86.

"Anda dapat mendengar suara tembakan di klip ini. tolong beritahu semua orang untuk menjauh dari Siam Paragon dan stasiun BTS siam, harap semua orang untuk tetap aman!!" ujar warganet dengan akun twitter @kushlingsss.

Infografis Sejumlah Alasan Umum Orang Suka Pamer
Infografis Sejumlah Alasan Umum Orang Suka Pamer (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya