5 Alasan Mengapa Banyak Orang Selalu Ingin Beli Barang Baru dan Cara Mengatasinya

Jika Anda adalah orang yang gemar menghabiskan uang untuk selalu membeli baju atau barang baru tentu Anda harus mengetahui alasannya berikut ini.

oleh Camelia diperbarui 22 Nov 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2023, 18:00 WIB
Banyak Challenge yang Bisa Kamu Jadikan Investasi
Ilustrasi Belanja Secara Cashless Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua alasan utama mengapa orang menghabiskan lebih banyak uang daripada yang seharusnya, mereka ingin merasa lebih baik dengan mendekati kesenangan atau menjauh dari rasa sakit. 

Dengan membeli baju baru atau bahkan sesuatu yang lebih mahal, seperti ponsel baru, banyak orang yang merasa akan terhibur dan teralihkan dari masalah nyata yang mungkin harus dihadapi.

Dan meskipun, jauh di lubuk hati, kita mungkin tahu bahwa kita tidak benar-benar membutuhkan barang baru, terkadang kita tidak bisa menahan tekanan untuk membelinya.

Rupanya ada beberapa alasan yang melatarbelakangi keinginan untuk berbelanja lebih banyak barang yang tidak dapat dijelaskan ini. Jika Anda adalah orang yang gemar menghabiskan uang untuk selalu membeli baju atau barang baru tentu Anda harus mengetahui alasannya berikut ini. Tak hanya itu, Anda juga perlu tahu bagaimana cara untuk mengubah pola pikir Anda dalam berbelanja. Dilansir dari Brightside, Rabu (22/11/2023), berikut ulasannya:

1. Anda berharap untuk mengesankan orang lain

Sumber daya alam terbatas, dan menurut teori evolusi Darwin, manusia harus bersaing memperebutkan sumber daya tersebut dan berusaha mengklaim sebanyak mungkin demi kesejahteraannya sendiri. Namun begitu semua kebutuhan dasar kita terpenuhi, konsumsi akhirnya berasal dari hal lain. Hal ini mengakibatkan orang-orang memamerkan kekayaan dan kepentingan mereka kepada seluruh dunia dengan membeli lebih banyak barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Yang harus dilakukan: Ingatlah bahwa merasa baik lebih baik daripada berpenampilan baik. Karena jujur ​​saja, sweater mahal lainnya tidak akan membuat Anda merasa lebih baik dalam jangka panjang. 

Dan dengan biaya yang sama, Anda juga dapat memanjakan diri Anda dengan satu hari di spa, dan setelah itu Anda akan kembali dalam keadaan istirahat, menghilangkan stres, dan siap menghadapi semua tantangan yang ada di depan.


2. Anda iri pada orang lain

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online (Foto: Pixabay.com)

Kita suka membandingkan diri kita dengan orang-orang di sekitar kita. Hal ini mengakibatkan kita membeli barang hanya karena teman kita juga memilikinya, bukan karena kita benar-benar membutuhkannya. 

Selain itu, kita lebih egois daripada yang ingin kita akui. Ketika berbicara tentang masa lalu, kita selalu menyebut “kelangsungan hidup yang terkuat”, namun sebenarnya tidak jauh berbeda saat ini. Kita berupaya mengembangkan ukuran kerajaan pribadi kita dengan membeli lebih banyak barang dibandingkan barang lain.

Yang harus dilakukan: Kebahagiaan sejatinya terletak pada hal-hal kecil. Pembelian dalam jumlah besar belum tentu sama dengan banyak kebahagiaan. Ini mungkin memberi Anda sensasi saat Anda menerimanya, tapi ini memudar dengan cepat. Jauh lebih bermakna jika Anda menikmati makan malam sederhana dan mengobrol baik dengan teman dan keluarga. Bahkan terbukti bahwa memiliki hubungan yang bermakna dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup Anda.


3. Anda menjadi korban iklan

Ilustrasi Belanja
Ilustrasi belanja (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

Ada banyak trik yang dapat digunakan untuk membuat Anda membeli sesuatu dan Anda bahkan tidak menyadarinya, tapi percayalah perusahaan menyadarinya. Mereka bahkan berhasil membujuk apa yang disebut “pelanggan dingin”, yang tidak tahu bahwa mereka mempunyai masalah yang bisa diselesaikan dengan membeli produk baru. 

Salah satu trik yang sering digunakan adalah memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mencoba produk tersebut. Momen ketika mereka secara fisik memegang produk baru dapat menciptakan rasa kepemilikan psikologis, sehingga membuat orang lebih cenderung untuk membeli.

Yang harus dilakukan: Pikirkan tentang apa yang Anda perlukan sebelum pergi membelinya. Orang-orang cenderung membeli lebih banyak ketika mereka berada di toko dibandingkan ketika membeli secara online karena, di toko, mereka jauh lebih rentan terhadap belanja impulsif. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi pada Anda, buatlah daftar belanjaan yang jelas sebelum berangkat, dan hanya beli apa yang ada di daftar Anda.


4. Anda merasa seperti Anda tidak bisa mengendalikan hidup Anda

Ilustrasi Belanja
Ilustrasi belanja (dok. Pixabay.com/gonghuimin468/Putu Elmira)

Banyak orang percaya memiliki harta benda akan membuat mereka merasa lebih aman. Hal ini berlaku dalam hal kebutuhan dasar kita, seperti atap atau pakaian, namun kita cenderung merasa bahwa memiliki kelebihan akan menghasilkan keamanan yang lebih besar. Meskipun hal ini dapat memberi kita rasa aman untuk jangka waktu singkat, hal ini kurang stabil dari yang kita yakini.

Yang harus dilakukan: Belajarlah untuk hidup dengan cukup. Dorong diri Anda untuk melawan keinginan untuk memiliki lebih dari yang dapat Anda konsumsi. Sebelum melakukan pembelian, tanyakan pada diri Anda, mengapa saya membeli ini?


5. Anda merasa bosan

Ilustrasi Belanja
Ilustrasi belanja (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

Alasan paling umum kita membeli sesuatu adalah sederhana yaitu rasa bosan. Ketika kita tidak memiliki hal lain untuk dilakukan, ketika kita tidak memiliki tujuan, kita hanya mendapatkan sesuatu yang baru untuk meramaikan hari kita dan kita percaya bahwa hal ini akan membuat kita bahagia.

Apa yang harus dilakukan: Jika Anda benar-benar membutuhkan sesuatu yang lebih, nikmatilah pengalaman. Hidup dengan penuh tujuan adalah menggunakan waktu dan uang Anda untuk hal-hal penting yang akan membuat masa depan Anda lebih baik dan orang-orang di sekitar Anda. Jadi, daripada sekadar mencari sensasi membeli sesuatu yang baru, daftarlah untuk bekerja sukarela atau pergilah keluar dan jelajahi dunia.

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya