Inilah 7 Cara Membuat Hari Senin Lebih Baik dan Produktif

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat hari Senin menjadi lebih baik dan produktif

oleh Zahra Utami diperbarui 22 Jul 2024, 12:13 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 12:13 WIB
Inilah 7 Cara Membuat Hari Senin Lebih Baik dan Produktif
Ilustrasi Beberapa Orang Melakukan Perkejaan di Hari Senin Dengan Baik. ( Credit: Unsplash/Brokee Cagle)

Liputan6.com, Jakarta Sering kali mengalami kesulitan menghadapi hari Senin? Jangan khawatir, hal itu sangat normal dan kamu tidak sendirian.  Sebagian orang bisa mengalami rasa takut atau kecemasan, karena pada hari Senin mengalami transisi waktu dari akhir pekan yang rileks dan santai menjadi hari kerja dengan semua risiko stres yang menyertainya.

Perasaan takut dan khawatir ini semakin parah jika melakukan pekerjaan yang tidak disukai. Entah perjalanan yang panjang dan macet, atasan yang sulit, beban kerja yang berat hingga lingkungan kerja yang penuh tekanan.

Untungnya, masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat hari Senin lebih baik dan produktif. Dengan tips yang dilansir dari Verywell Mind, kamu bisa menjalani hari Senin tanpa rasa takut dan kekhawatiran lagi.

1. Lakukan Meditasi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Meditasi Mampu Jadi Salah Satu Cara Untuk Hari Senin Lebih Baik
Ilustrasi Seorang Melakukan Meditasi Demi Mendaptkan Hari Senin yang Baik. ( Credit: Unsplas/KaterinaMay)

Meditasi dapat menjadi cara yang efektif untuk membuat hari Senin lebih baik dengan perasaan hati yang positif dan siap menghadapi tantangan di tempat kerja. Meditasi secara teratur tidak hanya meningkatkan fungsi kognitif, tetapi juga mengubah struktur otak menjadi lebih positif. Dengan pikiran yang lebih positif, kamu akan merasa lebih bahagia dan siap menyambut hari Senin dengan lebih baik.

2. Berdadan

Berdandan dapat menjadi salah satu cara membuat hari Senin lebih baik. Dengan sedikit usaha untuk berdandan seolah-olah itu adalah acara spesial dapat membuat hari Senin di setiap minggunya terasa lebih positif dan meningkatkan rasa percaya diri. Tampil lebih menarik dan istimewa pada hari Senin dapat mengubah persepsi negatif yang sering diasosiasikan dengan awal pekan tersebut menjadi lebih optimis.

 


3. Makan Sehat 

makanan awet muda
Ilustrasi perempuan makan sehat agar awet muda/copyright freepik.com

Cobalah mulai hari Senin kamu dengan sarapan makanan yang sehat dan bergizi atau mencakup makanan yang enak, contohnya telur dadar, granola yogurt, muffin telur, smoothie hijau, dan sebagainya. Mengkonsumsi nutrisi yang baik akan menjaga energi serta perasaan positif  hati di dalam diri tetap terjaga sepanjang hari. Dengan memulai pagi yang tepat, kamu akan merasa lebih bahagia dan siap menghadapi tantangan di hari Senin.

4. Tidur Lebih Awal 

Membiasakan diri untuk tidur lebih awal pada hari Minggu merupakan cara membuat hari Senin lebih baik. Tidur merupakan momen penting untuk mengisi ulang energi yang telah terkuras selama aktivitas sehari-hari.

Dengan kualitas tidur yang lebih panjang dan lebih baik, kamu akan merasa lebih bertenaga. Hari Senin pun akan terasa lebih ceria dan produktivitas kamu akan meningkat secara signifikan.


5. Lakukan Olahraga

Olahraga Salah Satu Cara Untuk Mendapatkan Hari Seni yang Lebih Baik
Salah Satu Ilustrasi Melakukan Usaha Olahraga Untuk Memulai Hari Senin ( Credit: Unsplash/Jonathan Borba)

Berolahraga merupakan cara yang ampuh untuk membangkitkan semangat, terutama di hari Senin. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik ini dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin secara langsung, sehingga turut memperbaiki perasaan hati. Kamu tidak harus memaksakan diri untuk berolahraga di pagi hari. 

Cobalah untuk menyisihkan waktu kapan pun kamu memiliki kesempatan, baik di siang hari maupun sore hari sebelum hari Senin. Sekadar jalan kaki atau sesi yoga ringan di rumah pun sudah cukup untuk mengubah mood menjadi lebih positif menghadapi hari Senin.

6. Lakukah Hal yang Menyenangkan 

Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan memberikan kebahagiaan tersendiri dapat menjadi cara membuat hari Senin lebih baik. Sebagai bentuk reward untuk diri sendiri, kamu  bisa mentraktir makan siang di tempat favorit, menghabiskan waktu bersama teman-teman, melakukan pijat rileks, atau menonton acara hiburan yang disukai sebelum tidur. 

Cobalah menyisihkan waktu untuk melakukan hal-hal kecil yang dapat membangkitkan semangat sebelum hari Senin tiba. Dengan memanjakan diri melalui kegiatan menyenangkan  akan memulai pekan baru dengan energi dan perasaan  yang lebih positif.

7. Atasi Kecemasan 

Cobalah untuk mengelola rasa cemas yang mungkin muncul sebelum hari Senin tiba. Luangkan waktu untuk merenung dan menanyakan pada diri sendiri, "Apakah ada bukti nyata yang menunjukkan bahwa Senin pekan ini akan buruk?" Jika tidak ada alasan logis yang mendukung kekhawatiran tersebut, singkirkan pikiran negatif itu dari diri kamu. Dengan menyadari bahwa rasa cemas seringkali tidak beralasan, kamu dapat lebih mudah menghilangkannya dan memulai pekan baru dengan perasaan hati yang lebih tenang dan positif.

Itulah beberapa cara membuat hari Senin lebih baik dan produktif. Dengan mengubah kebiasaan, pola pikir serta melakukan persiapan sederhana, kamu akan mampu menghadapi awal pekan dengan semangat dan energi yang lebih baik.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya