⁠6 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Kamu Coba di Rumah

Mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif sangat penting agar kondisi tersebut tidak berkepanjangan dan mengganggu aktivitas.

oleh Arninda Oktaviani diperbarui 18 Jul 2024, 15:52 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 15:52 WIB
Hidung Tersumbat Kronis
Ilustrasi Hidung Tersumbat Kronis Credit: pexels.com/Andrea

Liputan6.com, Jakarta Merasakan hidung tersumbat bisa menjadi situasi yang menjengkelkan. Pernapasan terasa sulit, dangkal, dan bisa menyebabkan timbulnya rasa pusing. Mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif sangat penting agar kondisi tersebut tidak berkepanjangan dan mengganggu aktivitas.

Penyebab umum masalah hidung tersumbat meliputi berbagai faktor. Seperti menghirup polusi udara, yang dapat mengganggu dan meradang saluran pernapasan. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan hidung tersumbat adalah kondisi seperti flu dan batuk, yang seringkali membuat saluran pernapasan terganggu.

Mengetahui pemicu hidung tersumbat sangat penting untuk menentukan cara penanganan yang tepat. Di bawah ini ada 6 cara terbaik mengatasi hidung tersumbat, yang bisa kamu coba! Yuk, cek hingga akhir.

1. Minum Air Jahe Hangat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Wedang Jahe
Ilustrasi/copyrightshutterstock/vanillaechoes

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama adalah mengonsumsi air jahe. Jahe memiliki banyak kandungan yang berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri, anti virus, dan berbagai kandungan lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara membuat minuman jahe cukup sederhana dan mudah. Ada berbagai macam minuman jahe yang bisa dibuat.

Misalnya, rebus air hingga mendidih bersama jahe, tambahkan batang serai dan kayu manis. Jika sudah mendidih, angkat, tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan madu secukupnya agar rasanya semakin nikmat. Kalau mau yang lebih simpel, kamu bisa rebus air bersama jahe, jika sudah mendidih tuang ke dalam gelas yang berisi teh.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kompresan jahe dengan merebus potongan jahe dalam air, lalu rendam kain lap dalam air jahe yang hangat itu dan tempelkan di wajahmu selama 15 menit.

2. Gunakan Uap Hangat

Menggunakan uap hangat merupakan cara tradisional yang ampuh untuk meredakan ketidaknyamanan hidung tersumbat. Cukup masak air hingga mendidih dan letakkan di dalam baskom. Diamkan sebentar, sampai uap tidak terlalu panas. Setelah itu, arahkan kepala menghadap baskom berisi air dan tutup bagian belakang kepala dengan handuk kecil. Kamu bisa menambahkan bahan antiseptik seperti minyak esensial peppermint ke dalam baskom air hangat untuk hasil yang lebih maksimal.


3. Konsumsi Madu

ilustrasi manfaat madu/Subbotina Anna/shutterstock
ilustrasi manfaat madu/Subbotina Anna/shutterstock

Madu merupakan obat mujarab untuk segala kondisi kesehatan, termasuk hidung tersumbat. Kandungan nutrisi dalam madu sangat kaya, seperti vitamin dan mineral, serta memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi. Dua sendok makan madu dicampur dengan segelas air hangat bisa membantu meredakan hidung tersumbatmu. Kamu juga bisa menambahkan madu ke dalam susu atau teh untuk meredakan gejala hidung tersumbat.

4. Kompres Air Hangat

Kalau kamu ingin metode yang lebih santai untuk mengatasi hidung tersumbat, cobalah dengan kompres air hangat. Caranya, rendam kain lap ke dalam wadah yang berisi air hangat. Lalu, tempelkan kain lap yang hangat tersebut di sekitar hidung dan daerah sinus kamu selama beberapa menit.

Ketika kain lap yang hangat bersentuhan sama kulitmu, bakal ada sensasi yang bikin nyaman dan peradangan di sekitar hidungmu akan mulai mereda. Ini memberikan sensasi cozy yang kasih efek calming. Jadi, selain bikin badan lebih relax, kompres hangat juga bikin nafas jadi lebih lega.


5. Konsumsi Bawang Putih Secara Mentah

bawang putih
ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel

Bawang putih nggak hanya untuk memasak, tapi juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Bawang putih kaya akan antioksidan yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuhmu dan membantu melawan infeksi pernapasan. Kamu bisa menambahkan beberapa siung bawang putih ke dalam sup panas.

Menurut Dr. Nadia Nurotul Fuadah dari Alodokter, "Bawang putih adalah herba yang diketahui baik gunanya sebagai agen antiradang, antimikroba, sekaligus juga penguat sistem imun. Dengan kegunaannya tersebut, seseorang bisa mengkonsumsi bawang putih guna mengoptimalkan penyembuhan flu yang alami."

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi bawang putih mentah secara langsung. Meski rasanya mungkin sedikit strong, tapi ini bisa jadi cara yang sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbatmu. Caranya sederhana, cukup kupas beberapa siung bawang putih, lalu kunyah perlahan-lahan.

6. Tambahkan Ekstrak Jeruk Bali ke Air Hangat

Ekstrak jeruk bali ini mengandung Quercetin, sebuah antioksidan kuat yang memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai agen anti-alergi. Jadi, selain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ekstrak jeruk bali juga dapat membantu meredakan gejala alergi yang seringkali membuat hidung kita tersumbat dan tidak nyaman. 

Kamu bisa menambahkan beberapa tetes ekstrak jeruk bali ke dalam air hangat. Setelah itu, hiruplah uapnya secara perlahan. Tidak hanya memberikan sensasi yang menyegarkan, tapi juga membantu membersihkan saluran hidung yang tersumbat secara instan. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman dan lega dalam waktu singkat.

Itulah 6 cara terbaik mengatasi hidung tersumbat dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu coba di rumah. Jika sakit berlanjut, kamu bisa segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lengkap. Segera obati dan jangan biarkan masalah hidung tersumbat menghalangi kenyamanan dan aktivitasmu.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya