Top 3: Cara Mengonsumsi Daun Insulin untuk Mengatasi Diabetes

Artikel tentang cara menanam daun insulin di rumah, kenali aturan mengonsumsinya untuk mengatasi diabetes menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 21 Jul 2024, 11:03 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 11:03 WIB
Top 3: Cara Mengonsumsi Daun Insulin untuk Mengatasi Diabetes
Top 3: Cara Mengonsumsi Daun Insulin untuk Mengatasi Diabetes (doc: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda gelisah memikirkan dampak buruk diabetes? Ya, kondisi kesehatan yang mengancam tentu saja, diabetes memang menimbulkan dampak buruk dalam hidup. Sedikit yang Anda ketahui, namun kondisi seperti diabetes, jika tidak ditangani, dapat berdampak buruk pada berbagai organ lain di tubuh: ginjal, mata, saluran pencernaan, dan jantung, misalnya.

Diabetes, dalam kata awam, menyiratkan bahwa kadar gula Anda melonjak pesat. Sangat penting untuk menghentikan sejak awal dan mengendalikan gangguan ini sebelum berkembang menjadi lebih parah dan menimbulkan masalah lain yang lebih besar.

Sekarang, ini mungkin terdengar seperti pekerjaan yang berat, tetapi pengobatan, olahraga, dan sedikit kontrol terhadap pola makan dapat memberikan hasil yang luar biasa. Namun, mari kita pelajari trik menarik yang dapat mengurangi dampak buruk diabetes secara luas.

Nah, tahukah Anda tentang sesuatu yang dikenal dengan nama daun insulin. Memiliki nama latin Costus igneus, daun insulin bekerja dengan baik untuk mengatasi efek samping diabetes. Dihimpun dari Flower Aura, ini dia penjelasannya.

Artikel tentang cara menanam daun insulin di rumah, kenali aturan mengonsumsinya untuk mengatasi diabetes menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang manfaat konsumsi akar yakon bagi penderita diabetes, superfood ampuh atur kadar gula darah.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang kerap jadi panutan, 3 pasangan zodiak ini paling jarang bertengkar.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Cara Menanam Daun Insulin di Rumah, Kenali Aturan Mengonsumsinya untuk Mengatasi Diabetes

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Manfaat Daun Insulin dan Efek Sampingnya
Daun Insulin atau Mexican Sunflower (Sumber: Pixabay)

 

 

Costus igneus terkenal karena dedaunan hijau suburnya. Sedikit yang Anda sadari, namun penelitian dan eksperimen ekstensif telah membuktikan bahwa daun tanaman ini kaya akan bahan kimia yang mengurangi ancaman diabetes.

Sering digunakan sebagai tanaman obat yang menjanjikan, bahan kimia dalam daun insulin mengurangi lonjakan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, daun hijau yang berwana cerah ini memiliki manfaat kesehatan dengan segudang nutrisi yang berharga. Ingin tahu nutrisi apa saja yang terkandung dalam tanaman ini? Berikut daftarnya:

  • Protein
  • Terpenoid
  • Flavonoid
  • Antioksidan
  • Asam askorbat
  • Zat Besi
  • B Karoten
  • Asam Corosolic dan lain-lain.

Menariknya, tidak hanya dapat digunakan untuk menangkal diabetes, tanaman insulin ini sendiri memiliki bentuk yang cantik. Bunganya berwarna oranye cerah yang membuatnya menawan bila ditanam di rumah.

Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman insulin di rumah, berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui:

Selengkapnya...


2. Manfaat Konsumsi Akar Yakon Bagi Penderita Diabetes, Superfood Ampuh Atur Kadar Gula Darah

Manfaat Konsumsi Akar Yakon Bagi Penderita Diabetes, Superfood Ampuh Atur Kadar Gula Darah
Akar yakon, doc: Istimewa

Akar yakon adalah umbi-umbian dari tanaman Smallanthus sonchifolius, yang berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Yakon dikenal karena umbinya yang manis dan renyah, mirip dengan apel atau pir.

Rasa manis alami dari yakon disebabkan oleh kandungan fruktooligosakarida (FOS) yang tinggi, sejenis prebiotik yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait akar yakon seperti dihimpun dari berbagai sumber:

Kandungan Nutrisi Akar Yakon

Yakon kaya akan nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam akar yakon:

  • Fruktooligosakarida (FOS): Prebiotik yang membantu meningkatkan kesehatan usus.
  • Inulin: Serat larut yang berperan dalam menjaga kadar gula darah.
  • Antioksidan: Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin C: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.
  • Kalium: Menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah.

Manfaat Kesehatan Akar Yakon

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi akar yakon bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Usus

Yakon kaya akan prebiotik seperti FOS dan inulin, yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di usus. Ini membantu meningkatkan populasi bakteri baik, mengurangi sembelit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

2. Mengatur Kadar Gula Darah

Inulin dalam yakon memiliki efek positif dalam mengatur kadar gula darah. Ini membuat yakon menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Prebiotik dalam yakon tidak hanya mendukung kesehatan usus, tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan respons imun terhadap infeksi.

4. Mendukung Penurunan Berat Badan

Kandungan serat tinggi dalam yakon memberikan efek kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan, dan mendukung program penurunan berat badan secara alami.

5. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Prebiotik dalam yakon membantu memproduksi asam lemak rantai pendek yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar dengan memperbaiki kesehatan sel-sel usus dan mengurangi peradangan.

Selengkapnya...

 


3. Kerap Jadi Panutan, 3 Pasangan Zodiak Ini Paling Jarang Bertengkar

ilustrasi Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR
Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR (Sumber/ freepik)

Meski tidak menyenangkan, bertengkar dengan pasangan tentu merupakan hal yang wajar. Faktanya, perbedaan pendapat tidak bisa dihindari, karena tidak ada seorang pun yang sepakat dalam segala hal. Dan ketika Anda terlibat secara emosional dengan seseorang, perasaan bisa terluka, yang bisa menimbulkan sedikit konflik. 

Tentu saja, beberapa hubungan lebih penuh dengan pertengkaran dibandingkan yang lain, dan ada beberapa pasangan zodiak beruntung yang jarang bertengkar karena kecocokan mereka yang mulus dan saling melengkapi.

Saat memeriksa kompatibilitas astrologi dalam suatu hubungan, akan sangat membantu jika menggunakan grafik kelahiran lengkap, karena sun sign saja tidak dapat memberi Anda gambaran lengkap tentang bagaimana susunan planet dua orang dapat benar-benar bersinergi. Namun, melihat elemen apa yang termasuk dalam zodiak dapat memberi Anda gambaran bagus tentang siapa yang akan berbenturan versus siapa yang akan terhubung.

Misalnya, kebanyakan orang mudah bergaul dengan orang-orang yang memiliki elemen yang sama dengan mereka. Berbagi suatu elemen memberi tanda landasan pemahaman yang kuat dan pendekatan serupa dalam menjalani kehidupan, sehingga tatap muka terjadi secara lebih alami dan berpotensi mengurangi kemungkinan konflik yang berkelanjutan. 

Selain itu, ada rasa harmoni yang indah antara zodiak yang memiliki polaritas yang sama— yang berarti bahwa fire sign dan air sign cenderung saling melengkapi dengan baik, seperti halnya earth sign dan water sign.

Ada banyak kombinasi pasangan yang cocok dalam zodiak, tetapi ada segelintir orang yang paling kecil kemungkinannya menghadapi perselisihan atau drama. Jika Anda adalah bagian dari salah satu pasangan kosmik yang harmonis ini, inilah satu lagi alasan untuk merayakannya.

Lalu, pasangan zodiak apa saja mereka? Dihimpun dari Bustle, ini dia.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya