Peduli Pemulihan Terumbu Karang, Mercedes Benz Rilis Program 1 Car for 100 Corals di GIIAS 2024

Berkolaborasi dengan Reeformers, Mercedes Benz meluncurkan program '1 Car for 100 Colars' selama GIIAS 2024.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 25 Jul 2024, 16:16 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 16:16 WIB
Peduli Pemulihan Terumbu Karang, Mercedes Benz Rilis Program 1 Car for 100 Corals di GIIAS 2024
Peduli Pemulihan Terumbu Karang, Mercedes Benz Rilis 1 Car for 100 Corals di GIIAS 2024 (doc: Liputan6.com/Sulung Lahitani)

Liputan6.com, Jakarta Berkolaborasi dengan Reeformers, Mercedes Benz meluncurkan program '1 Car for 100 Colars' selama GIIAS 2024. Reerformes sendiri merupakan organisasi konservasi laut yang berfokus pada transplantasi karang.

Selama GIIAS 2024, dengan setiap pembelian mobil, Mercedes Benz akan mendonasikan dana untuk adopsi 100 terumbu karang di Pantai Malalayang, perairan Manado, Sulawesi Utara, yang dikelola Reeformers.

Menurut CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, Roelof Lamberts, program tersebut merupakan wujud komitmen Mercedes Benz dalam mendukung perlindungan iklim dan pengendalian polusi udara melalui pemulihan terumbu karang.

Untuk diketahui, terumbu karang adalah fondasi kesehatan dan kehidupan laut. Bahkan sekitar 50-70% oksigen yang kita hidup sebenarnya berasal dari laut, dihasilkan dari terumbu karang. Angka ini tentu saja lebih besar dibandingkan oksigen yang dihasilkan oleh hutan hujan tropis. Dengan kata lain, bila tak ada terumbu karang, kita akan kekurangan oksigen yang dihasilkan dari laut.

"Kami berupaya mencapai bisnis otomotif yang lebih berkelanjutan dalam satu dekade ke depan. Kolaborasi dengan Reeformers ini menandai komitmen kuat Mercedes-Benz dalam menjaga keberlanjutan lingkungan," ungkap Roelof.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemajuan dalam memulihkan terumbu karang

Kerja sama dengan Reeformers sendiri telah dijalin oleh Mercedes Benz sejak tahun lalu. Menurut kakak-beradik pendiri Reeformers, Rafael Nicholas Angouw dan Ryan Winston Angouw, kerja sama tersebut telah mencatat kemajuan yang berarti dalam upaya memulihkan terumbu karang di Laut Manado.

"Lebih dari 2.560 spesimen terumbu karang yang berhasil ditanam dan dan mampu bertahan dengan tingkat kelangsungan hidup yang tinggi (95%),” ujar Rafael Angouw.

“Keberhasilan gerakan ini tidak hanya terlihat dari pertumbuhan terumbu karang yang subur, tetapi juga dampaknya yang positif terhadap kesehatan ekosistem sekitar, yang kini menjadi habitat baru bagi biota laut lainnya,” tambahnya.

 


Beri manfaat bagi komunitas lokal

Faktanya, kolaborasi positif tersebut juga memberi manfaat bagi komunitas lokal dengan menciptaan peluang ekonomi lewat pekerjaan pemantauan rutin serta pemeliharaan lingkungan laut.

"Lewat kemitraan ini, kami tidak hanya berkomitmen untuk melestarikan lingkungan, tetapi juga untuk bermanfaat secara holistik bagi masyarakat sekitar kami. Kami berharap upaya ini akan menjadi contoh bagi industri lain untuk terlibat dalam konservasi laut yang berkelanjutan," pungkas Roelof.

Masih bagian dari program ini, satu mobil Mercedes-Benz C 300 didekorasi dengan ilustrasi "Raksana" oleh Mira Hoeng. Lewat karyanya, Mira Hoeng ingin mengingatkan akan peran terumbu karang yang memberikan perlindungan dan penyembuhan, serta mengajak publik untuk turut menjaga keberlangsungan terumbu karang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya