5 Rekomendasi Minuman Jahe, Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Industri jahe di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi salah satu sektor agrikultur yang sangat menjanjikan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 15 Agu 2024, 16:10 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 16:03 WIB
5 Rekomendasi Minuman Jahe, Berkhasiat untuk Tubuh
5 Rekomendasi Minuman Jahe, Berkhasiat untuk Tubuh/copyright unsplash.com/Dominik Martin

Liputan6.com, Jakarta - Industri jahe di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi salah satu sektor agrikultur yang sangat menjanjikan.

Indonesia, sebagai salah satu negara penghasil jahe terbesar di dunia, dikenal dengan berbagai jenis jahe berkualitas tinggi seperti jahe merah, jahe emprit, dan jahe gajah. Jahe yang dihasilkan di Indonesia diekspor ke berbagai negara dan digunakan dalam berbagai produk, termasuk makanan, minuman, dan obat-obatan tradisional.

Menurut data dari Kementerian Pertanian, produksi jahe di Indonesia mencapai sekitar 300 ribu ton per tahun.

"Jahe adalah komoditas yang memiliki potensi ekonomi besar bagi petani. Permintaan pasar global untuk jahe terus meningkat karena manfaat kesehatannya yang diakui secara luas," kata ahli agronomi dari Universitas Gadjah Mada, Dr. Andi Wijaya, dalam keterangannya, Kamis (15/8/2024).

Industri jahe di Indonesia terus berkembang dengan potensi besar hingga pasar internasional. Diversifikasi produk seperti minuman jahe menunjukkan bagaimana jahe bisa dinikmati dalam berbagai bentuk menarik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa rekomendasi minuman jahe yang patut dicoba:

1. X’TRAGIN Jahe Merah

Ini menjadi pilihan minuman jahe terbaik karena menggunakan rempah jahe merah segar yang higienis sehingga rasa dan aroma alami jahe terjaga. Minuman jahe ini dapat membantu menghangatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Jadi, minuman ini cocok diminum di pagi hari atau saat cuaca dingin. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Sidomuncul Kopi Jahe

Kombinasi kopi dan jahe memberikan rasa yang istimewa pada minuman ini. Manfaat tambahan dari jahe, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi mual, membuat minuman ini cocok dinikmati kapan saja.

3. Energen Jahe

Minuman ini tidak hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga memberikan asupan energi yang cukup untuk memulai hari. Kandungan vitamin dan mineralnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Rasanya yang lezat menjadikannya pilihan favorit bagi mereka yang menginginkan minuman sehat.

 

 


4. Nutrifood W'dank Jahe

Menggunakan bahan alami sehingga minuman ini memberikan sensasi hangat yang menenangkan. Cocok diminum saat bersantai atau sebelum tidur. Kemasan praktis memudahkan menikmati kehangatan jahe kapan saja dan di mana saja.

5. Forisa Susu Jahe

Minuman satu ini cocok untuk semua kalangan, terutama anak-anak yang mungkin kurang menyukai rasa pedas jahe. Susu jahe ini kaya akan kalsium dan protein, baik untuk kesehatan tulang dan pertumbuhan. Dapat dinikmati panas atau dingin sesuai selera.

Infografis Daerah Penghasil Rempah di Indonesia
Infografis Daerah Penghasil Rempah di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya