Bintang Shogun, Anna Sawai Jadi Wanita Asia Pertama Raih Aktris Drama Terbaik Emmy Awards

Bintang Shogun, Anna Sawai memecahkan rekor pada Emmy Awards 2024

oleh Sulung Lahitani diperbarui 17 Sep 2024, 14:01 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 14:01 WIB
Gaun Merah Menyala Bintang Shogun Anna Sawai, Aktris Jepang Pertama yang Menangkan Piala Emmy
Anna Sawai menangkan piala Emmy Awards pertama. (dok. Robyn Beck / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Anna Sawai mengukir sejarah setelah memenangkan penghargaan Emmy untuk aktris drama terbaik untuk Shogun selama ajang penghargaan Emmy Awards 2024 pada Minggu malam.

Dengan kemenangan pertamanya di Emmy, Sawai menjadi aktris berdarah Asia pertama yang menang dalam kategori aktris utama dalam serial drama di ajang penghargaan Emmy.

Sawai dinominasikan bersama Jennifer Aniston (The Morning Show), Carrie Coon (The Gilded Age), Maya Erskine (Mr. and Mrs. Smith), Imelda Staunton (The Crown), dan Reese Witherspoon (The Morning Show).

Menurut laporan The Hollywood Reporter, saat naik panggung, Anna Sawai yang tampak emosional berkata, “Saya menangis sebelum nama saya diumumkan. Saya benar-benar kacau hari ini.”

Ia memulai pidatonya dengan berterima kasih kepada Academy karena telah menominasikannya bersama orang-orang yang “dia tonton dan cintai sejak kecil.” Ia melanjutkan ucapan terima kasihnya kepada tim FX karena "percaya pada cerita kami" serta kepada kreator Justin Marks dan Rachel Kondo karena memberinya "peran seumur hidup" sebagai Lady Mariko.

"Terima kasih kepada semua kru dan pemain yang dipimpin oleh Hiro [Sanada]. Ia benar-benar telah membuka pintu dan terus membuka pintu bagi orang-orang seperti saya," katanya.

Sanada sebelumnya memenangkan Emmy Awards untuk aktor drama untuk perannya sebagai Shogun dan menjadi aktor kedua keturunan Asia (setelah Lee Jung-jae dari Squid Game) dan pemain Jepang pertama yang memenangkan Emmy untuk aktor drama terbaik.

"Ini untuk semua wanita yang tidak mengharapkan apa pun dan terus menjadi contoh bagi semua orang," ia mengakhiri pidatonya.

Aktris yang memerankan Lady Mariko dalam serial FX ini sebelumnya memenangkan Penghargaan TCA untuk pencapaian individu terbaik dalam drama mengalahkan semua pemain pria dan wanita lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Shogun Mendominasi Emmy Awards 2024

Serial Shogun
Hiroyuki Sanada dalam Serial Shogun. (FX via IMDb)

Menjelang pertunjukan, Shogun memimpin nominasi Emmy dengan 25 nominasi, termasuk serial drama terbaik, yang memecahkan beberapa rekor dalam prosesnya. Tidak ada acara lain dari kategori apa pun yang memperoleh lebih banyak nominasi.

Selain Sawai yang memperoleh nominasi untuk aktris serial drama terbaik, Shogun juga memperoleh nominasi aktor pendukung drama untuk Tadanobu Asano, yang memerankan samurai Kashigi Yabushige, dan Takehiro Hira untuk perannya sebagai Ishido Kazunari. NĂ©stor Carbonelle juga dinominasikan untuk aktor tamu dalam serial drama untuk perannya sebagai Rodrigues.

Serial tersebut, yang memakan waktu hampir 10 tahun untuk terwujud, menandai momen besar bagi representasi Asia dan televisi non-bahasa Inggris. Setelah serial Korea populer Netflix tahun 2022 Squid Game, Shogun menjadi serial non-bahasa Inggris kedua yang dinominasikan dalam kategori serial drama terbaik — Serial tersebut menang dalam kategori tersebut.

Semua pemeran Jepang yang mendapat penghargaan dalam serial tersebut merupakan nominasi pertama kali secara individu, dan sebagian besar juga merupakan nominasi Jepang pertama dalam kategori masing-masing dalam sejarah Emmy.

Rekan kreator Shogun, Justin Marks dan Rachel Kondo mengungkapkan pada bulan Mei bahwa dua musim lagi sedang dalam pengerjaan.

 


Hiroyuki Sanada Jadi Aktor Jepang Pertama yang Memenangkan Aktor Drama Terbaik Emmy Awards

Serial Shogun
Adegan dalam Serial Shogun. (FX via IMDb)

Hiroyuki Sanada memenangkan pemeran utama pria terbaik dalam serial drama di Emmy 2024, menjadi aktor Jepang pertama dan satu-satunya aktor Asia kedua yang pernah menang dalam kategori tersebut dalam sejarah Emmy.

"Saya sangat tersanjung berada di sini dengan nominasi yang luar biasa," kata Sanada saat menerima penghargaan yang diberikan kepadanya oleh Steven Yeun.

"Terima kasih kepada FX, Disney, dan Hulu karena telah mempercayai saya. Terima kasih kepada tim saya karena selalu mendukung saya, dan terima kasih kepada semua pemain dan kru Shogun. Saya sangat bangga kepada kalian. Itu adalah proyek impian timur bertemu barat dengan rasa hormat. Shogun mengajari saya bahwa ketika orang bekerja sama, kita dapat membuat keajaiban. Kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bersama-sama."

Sanada memenangkan penghargaan sebagai aktor utama terbaik untuk perannya sebagai Yoshii Toranaga di Shogun, menambah peringkat serial FX tersebut sebagai acara yang paling banyak mendapat penghargaan dalam satu musim setelah memenangkan 14 penghargaan di Creative Arts Emmy akhir pekan lalu.

 


Shogun masuk dalam 25 nominasi Emmy Awards 2024

Shogun. (Katie Yu/FX via AP)
Shogun. (Katie Yu/FX via AP)

Rekan mainnya Anna Sawai, yang memerankan Toda Mariko, juga memenangkan Emmy untuk aktris utama terbaik dalam serial drama. Serial tersebut menerima total 25 nominasi Emmy.

Kemenangan Sanada di acara tahun ini menyusul Lee Jung-jae yang menjadi aktor Asia pertama yang memenangkan Emmy untuk aktor utama terbaik dalam serial drama pada tahun 2022 untuk penampilannya di Squid Game di Netflix. Kemenangan tersebut juga menjadikannya orang pertama yang memenangkan penghargaan akting dari TV Academy untuk penampilan yang tidak berbahasa Inggris.

Infografis Donor Darah Aman Saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Donor Darah Aman Saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya