Cara Mencegah Kena Jebakan Link Palsu dari Pelaku Penipuan

Salah satu modus penipuan yang terjadi adalah oknum tidak bertanggung jawab yang mengirimkan link palsu DANA Kaget dengan iming-iming bahwa kamu mendapat hadiah menarik.

oleh stella maris pada 24 Sep 2024, 16:57 WIB
Diperbarui 24 Sep 2024, 16:58 WIB
Ilustrasi penipuan
Ilustrasi penipuan/ra2studio-Depositophotos.com.

Liputan6.com, Jakarta Kamu menyadari juga nggak sih, kalau kasus penipuan dari tahun ke tahun selalu ada alias nggak pernah berhenti? Seolah oknum penipuan itu nggak pernah kehabisan akal buat menguntungkan dirinya sendiri dengan cara menipu? 

Memang faktanya, selalu hadir 'gaya baru' terkait modus penipuan. Misalnya modus penipuan phising, dimana para oknum kerap menggunakan link palsu yang mengatasnamakan lembaga, badan, atau bahkan perusahaan tertentu. Tentu saja, link palsu tersebut dibuat menyerupai asli buat mengelabui korbannya. 

Salah satu modus penipuan yang terjadi adalah oknum tidak bertanggung jawab yang mengirimkan link palsu DANA Kaget dengan iming-iming bahwa kamu mendapat hadiah menarik. Nah, jika kamu menerima pesan tersebut dari orang yang tidak kamu kenal atau nomor yang mencurigakan, waspada ya! 

Untuk mencegah modus penipuan tersebut, DANA melalui campaign #AwasJebakanBadman, memberikan edukasi kepada para penggunanya agar tidak terkena jebakan para oknum penipuan, atau jebakan badman, yang mengirimkan link palsu DANA Kaget. Yuk, simak!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

DANA.
Langkah monitor, konfirmasi, dan lapor jika mendapatk link DANA Kaget palsu. (Foto: Istimewa)

Caranya yang pertama adalah dengan melakukan Monitor. Ini adalah cara yang bisa kamu lakukan dengan menyadari dan mendeteksi, jika ada aktivitas mencurigakan yang menghubungimu dari nomor yang nggak dikenal. Saat ada yang mengirim link DANA Kaget, pastikan formatnya sesuai dengan yang link yang asli, yakni yang diawali dengan https://link.dana.id/.

Kedua, lakukan Konfirmasi dimana kamu bisa memeriksa kembali aktivitas mencurigakan tersebut, apakah benar dari sumber terpercaya atau nggak. Untuk melakukannya, kamu bisa mengecek fitur DANA Protection di aplikasi DANA. Di sini, kamu bisa lho mengecek keaslian link, sosial media, atau nomor telepon yang mengatasnamakan DANA. Caranya cukup copy paste saja di fitur yang telah disediakan.

Ketiga, Lapor. Ini adalah bagian dimana kamu bisa melaporkan oknum yang menghubungimu, jika terbukti dari sumber terpercaya. Proses pelaporan ini, bisa kamu lakukan  melalui fitur DANA Protection di aplikasi DANA yang terhubung ke layanan di Kominfo. Jangan lupa, sebelum lapor pastikan kamu lakukan pemblokiran nomor yang dikenal tersebut ya! 

Oh ya, selain ketiga langkah di atas yang bisa kamu lakukan, ada tips lain dari DANA agar kamu terhindar dari modus penipuan lewat link palsu DANA kaget. Simak tips aman dari jebakan badman berikut ini: 

  • DANA Kaget asli bisa langsung diklaim di aplikasi DANA jika akun dalam status Log In
  • Jangan download & install aplikasi DANA dari link yang dibagikan di grup pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram & lainnya
  • Selalu rahasiakan PIN & Kode OTP kamu, jangan pernah dibagikan ke siapa pun termasuk DANA
  • Segera ganti PIN jika terlanjur mengklik link tidak jelas, atau terlanjur membagikan PIN & Kode OTP
  • Akun resmi media sosial DANA Cuma yang bercentang biru. Jangan terkecoh akun serupa lainnya, ya.

Nah, itulah sejumlah tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari jebakan badman dengan mengirimkan link palsu DANA kaget yang mungkin dapat merugikanmu secara finansial. Sekarang saatnya download aplikasi DANA! 

 

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya