Ahli Sebut Jarang Olahraga Dapat Sebabkan 3 Penyakit yang Mengubah Hidup Seperti Ini

Kurang olahraga dapat berpengaruh terhadap kesuburan, kualitas tidur, dan peningkatan risiko penyakit seperti Alzheimer dan penyakit jantung.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 28 Sep 2024, 17:10 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 17:10 WIB
olahraga
Ilustrasi orang malas yang tidak berolahraga. (Foto: Unsplash/Adrian Swancar)

Liputan6.com, Jakarta Seorang pakar kesehatan terkemuka telah mengeluarkan peringatan tentang tren tersembunyi yang membahayakan kesehatan kita dan mengurangi harapan hidup.

Berbicara di podcast Diary of CEO bersama Steven Bartlett, Dr. Gabrielle Lyon menggarisbawahi pentingnya olahraga dan penguatan otot untuk melengkapi pola makan yang sehat. Dalam pembahasan mendalam tentang masalah kesehatan, Dr. Lyon dan Bartlett mengeksplorasi konsekuensi otot yang lemah dan pola olahraga yang buruk terhadap kesuburan, kualitas tidur, dan peningkatan risiko penyakit seperti Alzheimer dan penyakit jantung.

Pakar ilmu otot dan dokter bersertifikat untuk kalangan elit, termasuk atlet dan Navy Seals, Dr. Lyon juga mendirikan rezim inovatif Muscle-Centric Medicine dan menulis Forever Strong: A New, Science-Based Strategy for Aging Well yang diakui.

Dr. Lyon mengajukan argumen untuk pemeliharaan otot sebagai pendekatan transformatif menuju umur panjang. Ia berpendapat bahwa di luar sekadar masalah obesitas, kurangnya fokus pada otot menimbulkan risiko kematian yang signifikan dan mendesak penekanan pada pembentukan otot rangka untuk menangkal penyakit, meningkatkan fungsi fisik, dan merevolusi lintasan penuaan.

"Semua orang fokus pada obesitas, tetapi obesitas bukanlah masalah kita. Jika Anda memiliki sepertiga kekuatan yang lebih rendah, Anda memiliki risiko 50% lebih besar untuk meninggal karena hampir semua hal. Anda harus memprioritaskan otot rangka," jelasnya.

Dalam percakapan dengan Bartlett, Dr. Lyon menggarisbawahi pentingnya otot rangka, dengan mengatakan: "Ini adalah organ umur panjang, satu-satunya sistem organ yang dapat Anda kendalikan secara sukarela." 

Ia menggarisbawahi fungsi penting otot rangka, yang merupakan sekitar 40 persen dari berat badan seseorang dan memiliki berbagai peran, termasuk:

  • pergerakan, seperti bernapas, menelan, dan menggerakkan tubuh. 
  • postur tubuh
  • suhu tubuh
  • nutrisi, otot rangka menyimpan nutrisi
  • sendi, otot rangka menstabilkan sendi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya latihan penguatan otot

Contoh ilustrasi perempuan ikut olahraga di gym yang berbeda
Jika kamu malas berolahraga, kamu bisa ikutan membership di gym yang berbeda dan rasakan sensasi lingkungannya (Foto: Unsplash.com/CATHY PHAM)

Dr. Lyon menegaskan bahwa penuaan bukan hanya tentang penampilan fisik tetapi juga berputar di sekitar kinerja seseorang, lapor Express. Dia mengungkapkan statistik yang mengkhawatirkan: "Hanya 6 hingga 8% orang yang memenuhi pedoman latihan ketahanan dan mayoritas individu tidak banyak bergerak."

Ketika Bartlett menanyainya tentang bagaimana kesehatannya dapat menurun jika dia menghindari latihan fisik selama tiga dekade, Dr. Lyon tidak berbasa-basi: "Apakah Anda siap?" 

Dia dengan jelas menggambarkan implikasi negatif dari menghindari latihan rutin, meramalkan bahwa Bartlett, pada usia 61, kemungkinan besar akan berjuang dengan kemungkinan besar penyakit serius tanpanya.

"Anda berusia 30 tahun sekarang, jadi penyakit Alzheimer dan penyakit kardiovaskular kemungkinan besar terjadi sepanjang hidup Anda," dia memperingatkannya. Ia menasihatinya bahwa kesehatan seksualnya juga bisa terancam: "Testosteron Anda mungkin rendah dan kualitas sperma Anda tidak sebaik yang seharusnya."

Saat ditanya tentang hubungan antara massa otot dan kesuburan, Dr. Lyon membenarkan adanya hubungan tersebut. Dr. Lyon mengakhiri peringatannya dengan nada tegas, menggambarkan gambaran suram tentang masa depan Bartlett yang mungkin akan dirusak oleh penurunan kesehatan yang parah - termasuk obesitas, apnea tidur, dan kesehatan otak serta metabolisme yang terganggu.


6 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Semangka, Salah Satunya Menjaga Kecantikan Kulit Secara Alami

semangka
ilustrasi semangka/Photo by Neha Deshmukh on Unsplash

Saat Anda mengonsumsi buah semangka, tubuh Akan terasa segar. Hal ini disebabkan oleh semangka yang memiliki banyak air di dalamnya. Saat Anda mengonsumsi buah semagka, tubuh akan terasa seperti memproduksi cairan.

Hal ini yang membuat buah semangka menjadi makanan yang sering disajikan dalam berbagai acara sebagai makanan penutup. Buah yang memiliki rasa manis dan memiliki banyak biji ini dapat memberikan kesehatan bagi tubuh.

 Kandungan air, serat, vitamin, dan antioksidan di dalamnya mampu melindungi beberapa organ tubuh dari risiko terserang penyakit. Selain itu, dilansir dari Verywell Health, Jumat (27/09/2024) terdapat beberapa khasiat yang dapat Anda rasakan jika rutin mengonsumsi buah semangka sebagai berikut

1. Menghidrasi

Semangka mengandung 91% air. Sehingga, buah ini dapat dijadikan salah satu sumber cairan tumbuh yang baik untuk dikonsumsi. Agar tubuh tetap terhidrasi Anda dapat mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari.

Air dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat zat sisa, menjadi suhu tubuh, dan mencegah nyeri sendi. Ketika cairan tersebut digunakan maka lama-kelamaan akan terserap dan menyebabkan gejala kelelahan, pusing, dan mulut kering. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengonsumsi buah semangka yang kaya akan air.

Selengkapnya...


Selain Menurunkan Kolestrol, Berikut 5 Khasiat Rutin Konsumsi Buah Apel

buah apel
ilustrasi buah apel/Photo by Shelley Pauls on Unsplash

Apel adalah buah yang simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat Anda dapat mengenggamnya.

Buah Apel kaya akan kandungan antioksidan dan serat yang memberikan kesehatan bagi tubuh manusia. Untuk mengkonsumsi buah apel, Anda dapat langsung memakannya atau mengolahnya menjadi sebuah jus.

Buah ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda rutin menginsumsi buah Apel Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Sehingga, tubuh Anda tetap sehat. Dilansir dari Cleverland Clinic, Selasa (24/09/2024) terdapat beberapa khasiat buah apel bagi kesehatan tubuh Anda sebagai berikut.

1. Menstabilkan Gula Darah

Apel kaya akan serat dan rendah gula. Ketika Anda makan buah apel kadar glukosa dalam darah akan tetap stabil. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kadar glukosa tinggi, maka kemungkinan besar tubuh Anda akan terserang penyakit diabetes tipe 2.

Namun, jika Anda rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan antioksidan maka tubuh Anda akan terhindar dari penyakit diabetes. Kandungan antioksidan dalam apel mampu menjaga pankreas dari kerusakan sehingga insulin tetap dapat diproduksi dengan baik. Selain itu, kandungan serat di dalamnya mampu menghambat penyerapan glukosa.

Selengkapnya...

Infografis Peta Kekeringan di Indonesia September 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Peta Kekeringan di Indonesia September 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya